SMP Negeri 4 Metro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMP Negeri 4 Metro
Lambang SMP Negeri 4 Metro
Informasi
Didirikan 11 Juli 1980
Jenis Negeri
Nomor Pokok Sekolah Nasional 10807604
Kepala Sekolah ST. Riyanto Suwarno, M.Pd
Rentang kelas VII, VIII, IX
Kurikulum Kurikulum 2013 (Kelas VII dan VIII)
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kelas IX)
Jumlah siswa 24 orang di kelas IX
30 orang di kelas VII dan VIII
Status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (2008-2013)[1]
Sekolah Standar Nasional (2013-sekarang)
Alamat
Lokasi Jalan Kemiri 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Bendera Indonesia Indonesia
Telp./Faks. (0725) 41405
Situs web www.smpn4metro.com / www.nepatronews.wordpress.com
Surel smpn@smpn4metro.com / nepatronews@outlook.com

SMP Negeri 4 Metro (dikenal dengan Nepatro atau D'Lafour) , merupakan salah satu Sekolah Menegah Pertama Negeri yang terletak di Jalan Kemiri 15A Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro, Provinsi Lampung[2]. Sama dengan SMP lainnya yang ada di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMP Negeri 4 Metro ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas VII sampai Kelas IX.

Sekolah ini terletak di jalan kedua Kawasan Pendidikan Kota Metro, yang jaraknya 3 km dari pusat Kota Metro. Kondisi yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota sangat mendukung kegiatan belajar mengajar.

Pada tahun 2008, sekolah ini mendapatkan status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)[3] dan menjalin kerjasama dengan Shelton International College, Singapura pada tahun 2012[4]. Namun, karena penghapusan sistem RSBI yang dilakukan oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia pada awal tahun 2013, maka sekolah ini kembali kepada status semulanya, yaitu sekolah standar nasional, sama seperti sekolah-sekolah bertaraf internasional lainnya di Indonesia. Sekolah ini juga telah menggunakan Kurikulum 2013 mulai tahun pelajaran 2013/2014.

Di SMP Negeri 4 Metro terdapat sistem Pendidikan Berkarakter. Selain siswa yang cerdas, mereka juga harus memiliki karakter yang baik. Pendidikan Lingkungan Hidup juga dikembangkan di SMP Negeri 4 Metro. Siswa harus memiliki kecintaan terhadap lingkungan yang sekarang ini semakin rusak.

Gedung Baru SMP Negeri 4 Metro

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Singkat [5][sunting | sunting sumber]

SMP Negeri 4 Metro berdiri menggantikan SKKP Negeri Metro yang beralamatkan di Jalan Kemiri 15A Metro. Hal ini terjadi setelah adanya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0191/U/1980 tertanggal 11 Juli 1980, mengenai Integrasi SKKP Negeri Metro menjadi SMP Negeri 4 Metro[6].

Dalam pengintegrasian SKKP Negeri Metro menjadi SMP Negeri 4 Metro, sarana dan prasarana pendidikan SKKP Negeri 4 Metro dan dewan guru serta staf tata usaha beralih status menjadi SMP Negeri 4 Metro. Pada saat itu, kepala SKKP Negeri 4 Metro sedang dijabat oleh Ny. Nurmaida. Pada saat pengintegrasian, beliau menjadi kepala SMP Negeri 4 Metro yang pertama. Sebenarnya, beliau telah menjabat sebagai kepala SKKP Negeri 4 Metro sejak 1973. Ny. Nurmaida menjadi kepala SMP Negeri 4 Metro hingga 1992. Kemudian, beliau digantikan oleh Drs. Haki Achyar.

Pada tahun 1996, SMP Negeri 4 Metro berganti nama menjadi SLTP Negeri 4 Metro. Drs. Haki Achyar menjadi Kepala SLTP Negeri 4 Metro hingga bulan Agustus 1998. Kemudian, beliau digantikan oleh Drs. Supriyadi.

Drs. Supriyadi menjadi Kepala SLTP Negeri 4 Metro hingga bulan April 2002. Kemudian, beliau digantikan oleh Sunanto, S.Pd hingga tahun 2004. Pada tahun 2004, beliau digantikan oleh Sri Rahayu, M.Pd sampai tahun 2010. Setelah tahun 2010, ST. Riyanto Suwarno, M.Pd menjabat sebagai Kepala SMP Negeri 4 Metro sampai sekarang menggantikan Sri Rahayu, M.Pd.

Atas kerja keras dan prestasi dari seluruh warga sekolah, SMP Negeri 4 Metro mendapatkan status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, Berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama-Dirjen Mendikdasmen Nomor 271/C3/DS/2008, tertanggal 13 Februari Tahun 2008. Sejak saat itu, semua elemen di sekolah ini diusahakan untuk ditingkatkan mutunya sesuai dengan standar internasional.


Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Shelton College International [7][sunting | sunting sumber]

Penandatanganan MoU SMP Negeri 4 Metro dengan Shelton College International Singapore.

Guna mempererat kerjasama bidang pendidikan, SMP Negeri 4 Metro Lampung dengan Shelton College International menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di Singapura, Kamis 19 Juli 2012. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala SMP Negeri 4 Metro, ST. Riyanto Suwarno, M.Pd dan Director for International Office Shelton College, Patrick M. Hogan, dengan disaksikan oleh Walikota Metro Lukman Hakim dan perwakilan dari KBRI Singapura. Bidang-bidang kerjasama dalam MoU tersebut antara lain pertukaran murid dan guru, serta program immersion.

Walikota Metro, Lukman Hakim dalam sambutannya menyatakan menyambut baik ditandatanganinya MoU tersebut untuk memajukan pendidikan di Metro. “Kerjasama ini memberi peluang bagi pelajar-pelajar di Metro, khususnya di SMPN 4 Metro untuk berinteraksi dengan pelajar asing, utamanya menyerap pendidikan yang maju di Singapura,” ujarnya. Lebih lanjut Lukman menegaskan keinginannya untuk menjadikan kota Metro sebagai kota pendidikan.

Sementara itu, Director for International Office Shelton College, Patrick M. Hogan menyatakan kebanggaannya dapat bekerjasama dengan SMPN 4 Metro. “Ini adalah pengalaman berharga bagi kami dan kami berharap dapat segera mengimplementasikan butir-butir kerjasama ini,” ucapnya.

Sebelumnya, rombongan Walikota Metro dan Dinas Pendidikan Kota Metro serta Kepala SMPN 4 Metro diterima dalam acara ramah tamah dengan Dubes Andri Hadi di KBRI Singapura pada hari Rabu, 18 Juli 2012. Dalam kesempatan ramah tamah tersebut, Dubes mengingatkan agar MoU tersebut jangan hanya di atas kertas, namun harus ada langkah-langkah implementasinya. Hal itu sejalan dengan MoU di bidang pendidikan yang telah ditandatangani Indonesia dan Singapura pada saat Leaders’ Retreat di Bogor, 13 Maret 2012. “KBRI Singapura akan selalu siap membantu implementasi MoU tersebut,” ucap Dubes.


Pada 8-13 Oktober 2012, SMP Negeri 4 Metro mengadakan Teacher Exchange dengan Shelton College dengan mengirimkan:

  • Rustinawati, M.Pd
  • Hermiyati, S.Pd
  • Dra. Manoni Yuliatun
  • Noor Saniyah, S.Pd
  • Sri Endang Supriyatun, M.Pd
  • Ruliana Sofia, S.Pd

Teacher Exchange ini merupakan bentuk pelaksanaan hasil kerjasama antara SMP Negeri 4 Metro dengan Shelton College.

Penghapusan sistem RSBI dan penggunaan Kurikulum 2013[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan kesepakatan antara pihak Kementerian Pendidikan Indonesia dengan Mahkamah Konstitusi pada 2013 [8], maka dihapuslah sistem RSBI di Indonesia. Berdasarkan kesepakatan tersebut, maka seluruh sekolah RSBI di Indonesia, termasuk SMP Negeri 4 Metro, statusnya diganti menjadi sekolah standar nasional, status sebelum RSBI diadakan.

Mulai tahun ajaran 2013/2014, SMP Negeri 4 Metro menggunakan Kurikulum 2013.

Profil[sunting | sunting sumber]

Letak geografis[sunting | sunting sumber]

SMP Negeri 4 Metro berdiri di atas lahan seluas 12.680 m2 di Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro, atau masyarakat Kota Metro dan sekitarnya menyebutnya Kampus karena di tempat inilah banyak lembaga pendidikan berdiri, baik jenjang sekolah dasar sampai universitas, seperti SD Negeri 2 Metro Timur, SMP Negeri 2 Metro, MAN 2 Metro, STAIN Jurai Siwo Metro dan Universitas Muhammadiyah Metro.

Ditinjau dari letaknya, SMP Negeri 4 Metro sangat strategis untuk sebuah sekolah, karena terletak di jalan kedua dari Jalan Lintas Kampus (dari Jalan Ki Hajar Dewantara), yaitu Jalan Kemiri, sehingga jauh dari keramaian lalu lintas kota. Kendaraan angkutan kota dapat langsung menuju ke gerbang sekolah karena telah memiliki jalur sendiri yang kondisinya baik (Jalan Kemiri). Selain itu, letak SMP Negeri 4 Metro tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Metro (±3 km ke arah tenggara dari Pusat Kota Metro) sehingga aksesnya juga tidak terlalu sulit.

Daftar kepala sekolah[sunting | sunting sumber]

Nama Masa Jabatan
Ny. Nurmaida 1973-1992
Drs. Haki Achyar 1992-1998
Sunanto, S.Pd 1998-2004
Sri Rahayu, M.Pd 2004-2010
ST. Riyanto Suwarno, M.Pd 2010-sekarang

Sarana dan Prasarana[sunting | sunting sumber]

Berbagai sarana dan prasarana dimiliki SMP Negeri 4 Metro untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, antara lain sebagai berikut.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMP Negeri 4 Metro memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler, antara lain sebagai berikut.

Bidang Kepribadian dan Bela Negara[sunting | sunting sumber]

Seorang siswa yang sedang latihan memadamkan api pada kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMP Negeri 4 Metro

Bidang Kerohanian[sunting | sunting sumber]

Bidang Pendalaman Ilmu Pengetahuan[sunting | sunting sumber]

Beberapa siswa sedang melakukan percobaan di Laboratorium Sains.
  • English Club
  • Science Club
  • Math Club
  • Multimedia Activities
  • Jurnalistik

Bidang Seni dan Budaya[sunting | sunting sumber]

  • Ekskul Tari
  • Ekskul Paduan Suara
  • School Band

Bidang Olahraga[sunting | sunting sumber]

Bela Diri[sunting | sunting sumber]

  • Taekwondo
  • Pembelaan Diri Tidak Bersenjata (PDTB)

Organisasi Siswa[sunting | sunting sumber]


Prestasi Terkini[sunting | sunting sumber]

  • Juara 2 untuk Region Sumatera Olimpiade Matematika UGM 2012 oleh Sabila Hadinnisa
  • Juara 1 LCT Matematika dalam rangka HUT MAN 2 Metro tahun 2013 oleh Rifaldi Lutfi Fahmi
  • Juara 2 National Science Olympiad tingkat Provinsi Lampung tahun 2013 bidang Bahasa Inggris oleh Rifaldi Lutfi Fahmi
  • Juara 1 FLS2N 2013 bidang Cipta Cerpen tingkat Provinsi Lampung oleh Nabilla Ulfah Prihandini
  • Juara 2 FLS2N 2013 bidang Cipta Puisi tingkat Provinsi Lampung oleh Indah Nurrohimah
  • Juara 3 OSN 2013 bidang Biologi tingkat Provinsi Lampung oleh Amalia Karima Rabbani


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://dikdas.kemdikbud.go.id/ Daftar SMP-RSBI
  2. ^ http://smpn4metro.com/sejarah-smp-n-4-metro/ Sejarah Singkat SMP Negeri 4 Metro
  3. ^ http://dikdas.kemdikbud.go.id/
  4. ^ http://www.kemlu.go.id/singapore/Pages/Embassies.aspx?IDP=82&l=id MoU Kerjasama SMPN 4 Metro dengan Shelton College International
  5. ^ http://smpn4metro.com/sejarah-smp-n-4-metro/ Sejarah Singkat SMP Negeri 4 Metro
  6. ^ SK Mendikbud RI No.0191/U/1980
  7. ^ http://www.kemlu.go.id/singapore/Pages/Embassies.aspx?IDP=82&l=id MoU Kerjasama SMPN 4 Metro dengan Shelton College International
  8. ^ http://setkab.go.id/berita-6992-mendikbud-dan-ketua-mk-sepakat-penghentian-rsbi-tunggu-ajaran-baru.html Berita penghapusan sistem RSBI oleh Kementerian Pendidikan Indonesia dan Mahkamah Konstitusi

Pranala luar[sunting | sunting sumber]