SMP Negeri 4 Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMP Negeri 4 Malang
Informasi
Rentang kelas VII, VIII, IX
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Alamat
Lokasi Jl. Veteran 37, Malang, Jawa Timur


SMP Negeri (SMPN) 4 Malang, merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMP pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMPN 4 Malang ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas VII sampai Kelas IX.

SMP Negeri 4 Malang pada awal berdirinya merupakan salah satu bagian dari sekolah PPSP yang digagas dan dilaksnakan oleh IKIP Malang (Sekarang Universitas Negeri Malang (UM))yang merupakan proyek pemerintah untuk siswa-siswa berprestasi dengan sistem pembelajaran menggunakan modul. Dengan sistem ini siswa dimungkinkan menyelesaikan studinya kurang dari jatah waktu pendidikan normal (3 tahun).

Namun setelah proyek ini ditutup SMP PPSP berubah nama menjadi SMP 17 Malang pada tahun 1988. Tahun 1992 SMP Negeri 17 malang resmi berubah menjadi SMP Negeri 4 Malang.

Dalam sistim penerimaan siswa baru, SMPN 4 Malang tergabung dalam rayon 1. Rayon 1 terdiri dari 9 SMP Negeri dan 1 SMP Swasta. SMP tersebut diantaranya adalah : SMPN 01,04,06,12,13,15,17,18,25 dan SMP Brawijaya Smart School (BSS).

Minat masyarakat kota Malang untuk memilih SMPN 4 cukup besar. Hal ini terbukti pada tahun ajaran 2013-2014 terdapat 453 calon siswa memilih SMPN 4 sebagai pilihan pertama, 622 calon siswa memilih sebagai pilihan kedua dan 360 siswa memilih sebagai pilihan ke 3. Sementara daya tampung SMPN 4 pada tahun ajaran 2013-2014 hanya 220 siswa dikurangi jatah 22 kursi untuk calon siswa dari luar kota.

Jalur penerimaan siswa baru di SMPN 4 Malang dibagi menjadi dua jalur sistim: Jalur Online dan jalur prestasi. Calon siswa yang mempunyai prestasi baik olahraga maupun prestasi kesenian minimal di tingkat provinsi dapat mendaftar langsung ke SMPN 4 tanpa harus memperebutkan kursi dari jalur online.


Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMPN 4 Malang untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]