SMP Negeri 41 Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMPN 41 Jakarta (SSN)
Sekolah Menengah Pertama Negeri 41 Jakarta
Informasi
Jenis Negeri
Kepala Sekolah Drs. Adang Sudrajat SH. MM.
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Status Sekolah Standar Nasional
Alamat
Lokasi Jl. Harsono RM ,Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, IndonesiaBendera Indonesia
Telp./Faks. 021-7814294
Situs web http://www.smpn41-jkt.sch.id


SMP Negeri 41 Jakarta merupakan salah satu SMP Negeri berstandar nasional di daerah Jakarta Selatan.

Dengan mengacu kepada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan serta didukung oleh segenap stakeholder, SMP Negeri 41 Jakarta telah dan sedang bergerak mempersiapkan diri menuju Sekolah Standar Nasional Plus (menuju rintisan SBI) sehingga berada pada jajaran terdepan dalam persaingan global. Berbagai upaya tersebut tidak lantas membuat berbagai kegiatan sekolah menjadi angker dan kering dari kesan alami dan manusiawi, sebab dengan memaknai visi tersebut secara holistik dan komprehensif, memunculkan semangat menuju keadaan yang lebih baik dalam sebuah harmoni alami antar komponen pendidikan. Itulah yang dikembangkan sebagai culture habit SMP Negeri 41 Jakarta'. Bagi siswa, culture habit tersebut diharapkan menjadi laboratorium (kawah candradimuka) untuk mempersiapkan diri menuju masa depan secara alami, manusiawi dan bermartabat. Sedangkan bagi pendidik dan tenaga kependidikan, hal tersebut merupakan stimulus untuk tidak berdiam diri dan tergilas perubahan, melainkan terus menerus mengikuti dan mengambil peran sebagai agen perubahan melalui layanan pendidikan.

Beban dan Jam Belajar[sunting | sunting sumber]

Beban Belajar[sunting | sunting sumber]

SMP Negeri 41 Jakarta, 1 (satu) jam pelajaran bernilai 40 menit. Pada hari Senin hingga Kamis, siswa belajar antara 7-8 Jam Pelajaran, sedangkan pada hari Jumat 5 Jam Pelajaran, dengan diselingi waktu istirahat (jeda pelajaran) 1 x 30 menit. Pada hari Sabtu, dilaksanakan kegiatan remedial bagi siswa yang belum menuntaskan kompetensi dasar tertentu, dan kegiatan ekstra kurikuler. Pada hari Selasa hingga Kamis, setelah selesai kegiatan belajar mengajar, seluruh siswa dari semua jenjang (Kelas VII, VIII, dan IX) mengikuti kegiatan pemantapan untuk 4 (empat) matapelajaran yang diujikan secara nasional, senilai 1 x 60 menit. Kegiatan Penilaian terhadap siswa untuk kepentingan KBM dilakukan dengan metode tes dan non tes, meliputi penilaian tugas mandiri/kelompok, ulangan harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester dan observasi perilaku. Perkembangan hasil penilaian dirancang dapat diakses oleh siswa/orangtua dengan memanfaatkan perkembangan ICT. Dalam satu semester siswa rata-rata mengikuti pembelajaran selama 17-18 minggu efektif.

Jam Belajar[sunting | sunting sumber]

Jam pelajaran dimulai pukul 06.30 s.d pukul 12.30 WIB, untuk hari Senin hingga Kamis, sedangkan Jumat hingga pukul 10.300 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pemantapan sampai pukul 14.30, untuk hari Selasa hingga Kamis.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah kegiatan Ekstrakurikuler yang ada di SMP Negeri 41 Jakarta:

  1. Bola Basket
  2. Drumband Bahana 41
  3. English Club
  4. Futsal/Sepak Bola
  5. KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)
  6. HISPA (Himpunan Siswa Peminat Astronomi)
  7. Pencak Silat
  8. Mading
  9. Paskibra/PKS
  10. Pramuka
  11. PMR (Palang Merah Remaja)
  12. Rohis (Rohani Islam)
  13. Rokris (Rohani Kristen)
  14. Sanggar Seni (Tari)
  15. Volley Ball

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]