SMP Negeri 1 Padang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMP Negeri 1 Padang
Logo SMPN 1 Padang.jpg
Informasi
Didirikan 1950
Jenis Sekolah Menengah Pertama Negeri
Akreditasi A
Nomor Statistik Sekolah 201086106001
Nomor Pokok Sekolah Nasional 10303508
Kepala Sekolah Drs. Darmalis, M.Pd
Jumlah kelas 19 Kelas Reguler dan 2 Kelas Akselerasi
Rentang kelas VII, VIII, IX
Kurikulum Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Status Negeri
Alamat
Lokasi Jalan Jenderal Sudirman No. 3, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
Telp./Faks. 0751 21849
Situs web www.smpn1-padang.sch.id

SMP 1 Negeri Padang adalah satu-satunya sekolah di Padang menurut catatan sejarah yang memiliki kelas Akselerasi yaitu kelas yang berisi murid-murid spesial atau khusus yang memiliki kemampuan yang luar biasa. Kini SMP Negeri 1 Padang sudah memiliki 12 Angkatan Akselerasi dan yang sedang berjalan adalah Akselerasi Angkatan 12 atau Ravenclaw. SMP Negeri 1 Padang adalah sebuah Sekolah Menengah Pertama yang terletak di pusat Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Sekolah ini telah berdiri sejak zaman pendudukan Belanda.

SMPN 1 Padang terletak di Jalan Jenderal Sudirman no.3 dan bangunannya merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Padang. Pada zaman penjajahan, tempat ini menjadi basis gerakan militer rakyat dalam mengusir penjajahan Belanda di Kota Padang. Sekolah ini pada awalnya bernama MULO saat zaman penjajahan Belanda. Namun setelah Indonesia merdeka, namanya berubah menjadi PERMINDO. Kemudian berubah menjadi SLTPN 1 Padang hingga akhirnya berubah menjadi SMPN 1 Padang.

Beberapa tokoh terkenal bersekolah di sini. Salah satu di antaranya adalah proklamator bangsa, Dr. H. Moh. Hatta.dan Perdana Menteri, Mohammad Natsir serta Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.


Akselerasi Angkatan 12 [sunting | sunting sumber]

ravenclaw akselerasi angkatan 12
ravenclaw adalah theme dari akselerasi angkatan 12

Akselerasi Angkatan 12 adalah sebuah kelas Akselerasi terakhir di history Akselerasi SMPN 1 Padang. Kelas Akselerasi Angkatan 12 ini sendiri baru saja didirikan pada tahun 2013 kemarin ini. Kelas Akselerasi Angkatan 12 ini beranggotakan 24 orang. Dengan 12 orang siswa dan 12 orang siswi. Ravenclaw pernah membuat rekaman video kelas yang berjudul "Right There" yang berbintangkan Sherly Febrina, Ilham Rafiqsyah, Muhammad Afif Hernanda Putra, Alya Maulidina Putri, dan Fikri Rahman. Video kelas itu disutradarai oleh Muhammad Fathi Naufal Ziqri.

Anggota Akselerasi Angkatan 12[sunting | sunting sumber]

Anggota dari Akselerasi Angkatan 12 ini adalah 24 orang yang terdiri dari:

1. Adhitya Aldira Hardy, yang biasa dipanggil Adhit, juga dipanggil kakek. Pernah tercatat sebagai siswa paling pendiam di kelas. Ter-record paling sering dipanggil botak. Memiliki teman sebangku Dio Putra Adiansyah.

2. Adinda Rosman, yang biasa dipanggil Dinda. Pernah tercatat sebagai siswa paling belieber di kelas. Memiliki teman sebangku Laura Beryl Eureka.

3. Alfon Indra Saputra, yang biasa dipanggil Alfon. Pernah tercatat sebagai siswa paling hebat bermain bola di kelas. Memiliki teman sebangku Fikri Arfu Riza.

4. Alya Maulidina Putri, yang biasa dipanggil Alya atau Dina. Pernah tercatat sebagai siswa paling rajin di kelas. Memiliki teman sebangku Retno Putri Hanifah Yuan Alfein.

5. Alya Raudhatul Makna, yang biasa dipanggil Alya atau Arum. Pernah tercatat sebagai siswa paling pendiam dan sering galau di kelas. Memiliki teman sebangku Faraditta Imanda.

6. Arrywwa Hafidz Naufal, yang biasa dipanggil Hafidz. Pernah tercatat sebagai ketua kelas Akselerasi Angkatan 12 yang kedua menggantikan Muhammad Fathi Naufal Ziqri. Memiliki teman sebangku Ramandyka Satrio Dimas.

7. Dhiyana Rupini Acchedyani, yang biasa dipanggil Dhiyana atau Dhidhi atau gold. Pernah tercatat sebagai siswa paling cantikzzz super golddd di kelas. Memiliki teman sebangku Indah Sri Wahyuni.

8. Dio Putra Adiansah, yang biasa dipanggil Dio. Pernah tercatat sebagai wakil ketua kelas Akselerasi Angkatan 12 kedua menggantikan Rifno Gusfri Ramadhan. Memiliki teman sebangku Adhitya Aldira Hardy.

9. Farradita Imanda, yang biasa dipanggil Dita. Pernah tercatat sebagai siswa paling keren nge-blogging di kelas. Memiliki teman sebangku Alya Raudhatul Makna.

10. Fikri Arfu Riza, yang biasa dipanggil Fikri atau Arfu. Pernah tercatat sebagai siswa paling penangis di kelas. Memiliki teman sebangku Alfon Indra Saputa.

11. Fikri Rahman, yang biasa dipanggil Fikri atau FR. Pernah tercatat sebagai siswa paling cepet ngetik di kelas. Memiliki teman sebangku Muhammad Afif Hernanda Putra.

12. Ilham Rafiqsyah, yang biasa dipanggil Ilham. Pernah tercatat sebagai siswa paling pinter ngedit video di After Effect sama make photoshop di kelas. Memiliki teman sebangku Kheffi Fadhlurrahman Su'aad.

13.Indah Sri Wahyuni, yang biasa dipanggil Indah. Tercatat sebagai makhluk Geniuskuadrat sekaligus sedang tercatat sebagai wakil ketua kelas Akselerasi Angkatan 12 ketiga menggantikan Dio Putra Adiansah. Memiliki teman sebangku Dhiyana Rupini Acchedyani.

14.Kheffi Fadhlurrohman Su'aad, yang biasa dipanggil Kheffi. Sedang tercatat sebagai ketua kelas Akselerasi Angkatan 12 ketiga menggantikan Arrywwa Hafidz Naufal. Memiliki teman sebangku Ilham Rafiqsyah.

15. Laura Beryl Eureka, yang biasa dipanggil Laura atau Beryk. Pernah tercatat sebagai siswa paling narsistic di kelas. Memiliki teman sebangku Adinda Rosman.

16. Muhammad Afif Hernanda Putra, yang biasa dipanggil Afif. Pernah tercatat sebagai siswa paling kece badai di kelas. Memiliki teman sebangku Kheffi Fadhlurrohman Su'aad.

17. Muhammad Fathi Naufal Ziqri, yang biasa dipanggil Naufal. Pernah tercatat sebagai ketua kelas Akselerasi Angkatan 12 pertama. Pembentuk NaufalJohidz. Memiliki teman sebangku Rifno Gusfri Ramadhan.

18. Ramandyka Satrio Dimas, yang biasa dipanggil Dika. Pernah tercatat sebagai siswa paling anjosss di kelas. Memiliki teman sebangku Arrywwa Hafidz Naufal.

19. Regina Syahira, yang biasa dipanggil Regina atau Gina. Pernah tercatat sebagai siswa paling ulet di kelas. Memiliki teman sebangku Salsabila Dhiyaa Syifa.

20. Resha Walanissa Moren, yang biasa dipanggil Echa. Pernah tercatat sebagai siswa paling Geniuskuadrat kedua di kelas. Member Shalanachi. Memiliki teman sebangku Sherly Febrina.

21. Retno Putri Hanifah Yuan Alfein, yang biasa dipanggil Retno atau Eno. Pernah tercatat sebagai siswa paling suka baca manga dan nonton anime dan bikin fan fiction di kelas. Memiliki teman sebangku Alya Maulidina Putri.

22. Rifno Gusfri Ramadhan, yang biasa dipanggil Rifno. Pernah tercatat sebagai wakil ketua kelas Akselerasi Angkatan 12 pertama. Memiliki teman sebangku Muhammad Fathi Naufal Ziqri.

23. Salsabila Dhiyaa Syifa, yang biasa dipanggil Caca. Pernah tercatat sebagai siswa paling pintar di kelas. Memiliki teman sebangku Regina Syahira.

24. Sherly Febrina, yang biasa dipanggil Ichi atau goldkwsupreme. Pernah tercatat sebagai siswa paling pinter ngedit photo di kelas. Member Shalanachi. Memiliki teman sebangku Resha Walanissa Moren.

History Dari Akselerasi Angkatan 12[sunting | sunting sumber]

History Minggu Pertama Di Akselerasi Angkatan 12[sunting | sunting sumber]

Dalam sejarah kelas Akselerasi Angkatan 12, banyak sekali hal-hal yang terjadi. Kelas ini terbentuk secara resmi pada 9 September 2013 pada pukul 9.25 WIB. Pada hari pertama di kelas Akselerasi Akselerasi 12, seluruh siswa kelas itu dipanggil ke Meeting Room untuk berkenalan dengan senior-seniornya dari kelas Akselerasi Angkatan 11 atau SalaLauak dan juga dengan satu sama lain. Lalu semua murid kelas itu dikumpulkan didalam kelas yang berada di depan UKS SMPN 1 Padang yaitu kelas 7 Akselerasi. Pada saat itu mereka semua berkenalan dengan wali kelas Akselerasi Angkatan 12 pertama yaitu Ma'am Syalfitri atau Ma'am Syal. Pada hari kedua di kelas Akselerasi Angkatan 12, dilaksanakan lagi pengenalan tetapi sekarang murid-muridnya, lalu dilakukan pemilihan perangkat kelas pertama kali. Pada hari ketiga di kelas Akselerasi Angkatan 12, mulai ada rekomendasi dari Akselerasi Angkatan 11 untuk menentukan nama kelas. Lalu para muridpun melakukan rapat Akselerasi Angkatan 12 pertama pada 12 September 2013. Yang menghasilkan beberapa nama-nama kelas dari saran murid-murid Akselerasi Angkatan 12. Lalu seminggu kemudian, tepat pada 21 September 2014, Akselerasi Angkatan 12 resmi mengganti namanya menjadi AKS12. Lalu, karena banyak sekali laporan ketidaksetujuan dari banyak pihak di dalam kelas Akselerasi Angkatan 12, dan setelah berdiskusi kecil, AKS12 pada tanggal 28 September 2013 resmi berubah nama menjadi Nasi 12 Porsi.

SMPN 1 Padang

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Sejak beberapa tahun belakangan ini SMPN 1 Padang sangat banyak meraih prestasi. Mulai dari tingkat kota hingga tingkat Internasional. Di tingkat provinsi Sumatera Barat, SMPN 1 Padang setiap tahun hampir selalu meraih nilai Ujian Nasional tertinggi. Selain itu di bidang sains, pelajar SMPN 1 Padang hampir selalu mendominasi peringkat tertinggi. Pada bulan September 2006 yang lalu, salah seorang siswa SMPN 1 Padang berhasil meraih perunggu dalam Olimpiade Sains Biologi Nasional di Semarang.dan pada tahun 2011 SMPN 1 Padang berhasil meraih perak dalam Olimpiade Biologi tingkat Internasional di Afrika Selatan, Selain itu tahun 2013 SMPN 1 Padang berhasil menjadi sekolah Adiwiyata Nasional.

Struktur Sekolah[sunting | sunting sumber]

Kepala Sekolah : Drs. Darmalis M.Pd

Wakil Kurikulum : Dra. Doris Yelniwetis

Wakil Kesiswaan: Wismi Lusita, S.Pd

Wakil Manajemen Mutu : Henny Marsia M.Pd

Wakil Sarana dan Prasarana :Undrifal, M.Pd

Wakil Humas : H. Erizal, S.Pd

Kepala Tata Usaha : Djusafri

Pautan Luar[sunting | sunting sumber]