SMP Negeri 1 Muntilan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMP Negeri 1 Muntilan
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muntilan
Spensamuntilan.jpg
Informasi
Didirikan 1946
Jenis Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
Akreditasi A
Kepala Sekolah Drs. H. Muh. Rofi, M.Pd.
Jumlah kelas Akselerasi RSBI, VII RSBI, VIII RSBI, dan IX RSBI
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Status Negeri
Alamat
Lokasi Jalan Pemuda 161 Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp./Faks. (0293) 587021
Situs web www.smpn1muntilan.sch.id

SMP Negeri 1 Muntilan merupakan lembaga pendidikan menengah tingkat pertama tertua yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMP Negeri 1 Muntilan memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada awalnya (sebelum tahun 1946), sekolah ini bernama Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pemda. Mulai tahun 1946 nama sekolah ini berganti menjadi SMP Negeri 1 Muntilan. Dalam hal prestasi pendidikan, pada tahun 1971 sekolah ini mendapat predikat sebagai SMP Perintis, tahun 1978 sebagai SMP Teladan, tahun 2002 sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN), dan tahun 2008 oleh pemerintah ditetapkan sebagai salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

Sekolah ini menghuni bangunan yang pada masa sebelum kemerdekaan merupakan milik seorang Tionghoa kaya di Muntilan, Khoo Kim Goan. Dia adalah saudagar ternak dan pedagang intan, sekaligus pengusaha otobis "Victoria". Karena kekayaannya, ia dipersamakan dengan orang Eropa (gelijkgesteld). Pada saat tentara Jepang menyerbu Muntilan awal Maret 1942, rumah ini menjadi sasaran bom. Kim Goan dan keluarganya mengungsi dan rumahnya mengalami kerusakan di masa pendudukan Jepang. Setelah Jepang mundur, rumah ini diambil alih pemerintah RI dan difungsikan sebagai gedung sekolah.


Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

Beberapa kepala sekolah yang pernah menjabat di sekolah ini antara lain adalah:

  • Pranowo (..-1982/3)
  • Ngadiyo Sumanto (1982/3-..)

Status dan fasilitas[sunting | sunting sumber]

Secara geografis, SMP Negeri 1 Muntilan sangat strategis karena terletak di Kecamatan Muntilan serta berada di jalan utama dan pusat kota Muntilan yaitu di Jalan Pemuda. Dengan letak seperti itu, sekolah ini mudah dijangkau bagi siswa dan masyarakat di seluruh penjuru daerah di Kabupaten Magelang bagian selatan dan sekitarnya.

SMP Negeri 1 Muntilan akreditasi A (tahun?) dan berstatus sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).