SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

7°47′58″LS,110°21′27″BT

SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta adalah sebuah sekolah swasta di Yogyakarta. Sekolah ini berdiri di bawah lembaga Muhammadiyah, sekolah ini berdiri pada tahun 1935, usia yang tua ini tentunya menunjukkan bahwa SMP Muhammadiyah 1 adalah sekolah yang matang, baik dari segi usia maupun dari sisi akademis. Hal ini terbukti dengan selalu adanya terobosan-terobosan dan inovasi strategi pembelajaran yang dinamis dan produktif. Prestasi SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta juga sudah dikenal luas baik di tingkat Daerah maupun tingkat Nasional. selain prestasi yang membanggakan itu SMP Muhammadiyah sudah menghasilkan kader-kader yang berpengaruh baik tingkat kota, provinsi, maupun tingkat Nasional, sebut saja bapak Busyro Muqaddas yang sekarang duduk menjadi ketua KPK (Komisi Pemberntasan Korupsi).

SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta atau sering disebut dengan “SMP Muhi” adalah sekolah menengah pertama yang terletak di jantung kota Yogyakarta tepatnya di Purwodiningratan Ngampilan, sebuah lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau dari segala penjuru. Selain karena lokasi yang strategis ini, ternyata mutu dan kemajuan sekolah ini selalu meningkat dari tahun ke tahun sehingga SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta senantiasa populer dan diminati masyarakat dalam dan luar D.I. Yogyakarta.

SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta juga dikenal dengan sebutan “IT School” karena sekolah ini mengintegrasikan perangkat Teknologi Informasi untuk semua proses pembelajaran, sehingga lebih dari 85% materi pelajaran disampaikan secara visual menggunakan perangkat IT dikelas. Selain dikenal dengan “IT School” sekolah ini juga dikenal dengan sekolah berwawasan lingkungan, dimana SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mendapat penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta juga merupakan sekolah yang selalu mengedepankan akhlaqul karimah dalam bingkai keagungan Islam, serta berbudaya sehat dan bersih dalam rangka mengamalkan dan menjalankan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan, sehingga tercipta suasana Islami, unggul dalam prestasi dan berwawasan IPTEK, dimana pada akhirnya generasi-generasi terbaik siap untuk meneruskan perjuangan dan mampu membangun peradaban dunia menjadi lebih baik dengan dibekali iman yang kuat.

PROGRAM KELAS ICT[sunting | sunting sumber]

Kelas ICT merupakan kelas khusus yang mempunyai keunggulan spesifik dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih baik, program pembelajaran yang dilaksanakan di kelas ICT dilakukan dengan rancangan khusus dan strategi berbeda, karena siswa di kelas ini dilengkapi dengan peralatan komputer (notebook), dimana hal ini akan menunjang pemahaman siswa baik dari sisi konsep maupun dari sisi penerapan, karena siswa senantiasa memiliki kecepatan dalam mengakses sumber informasi, mengolah dan kemudian mengaplikasikan dalam pembelajaran secara keseluruhan

Kelas ICT ini juga dibina secara khusus oleh tim IT dari sekolah dimana tim ini bertugas mendampingi dan membimbing siswa dalam memahami penggunaan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara maksimal sehingga nantinya siswa mampu secara mandiri untuk mempelajari dan mengaplikasikan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meraih prestasi yang unggul dan gemilang, sehingga siswa tidak hanya mampu unggul dalam bidang IT tetapi juga unggul dalam prestasi akademik, dan bisa memperoleh hasil maksimal ketika UAN/UNAS serta bisa melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas favoritnya.

PROGRAM KELAS UNGGULAN[sunting | sunting sumber]

Kelas Unggulan adalah kelas yang dipersiapkan untuk mencetak siswa dengan prestasi akademik yang tinggi, kelas ini didesain khusus oleh sekolah dengan cara seleksi melalui nilai rata-rata mata pelajaran tertentu. Siswa di kelas ini nantinya akan selalu berkompetisi dan bersaing satu sama lain demi mencapai prestasi akademik yang membanggakan, kelas unggulan ini senantiasa akan diseleksi secara terus menerus sehingga pada tahun terakhir terkumpul siswa-siswa yang siap untuk mendapatkan bimbingan secara khusus guna mencapai nilai yang tinggi dalam UAN/UAS, sehingga pada gilirannya siswa dapat diterima di SMA/K impiannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]