SMP Kristen PENABUR Harapan Indah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMPK PENABUR Harapan Indah
Informasi
Didirikan 23 Juli 2007
Jenis Swasta (Kristen Protestan)
Kepala Sekolah Drs. Suradi Buntoro
Jumlah kelas 3-5 kelas setiap tingkat
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa sekitar 350
Alamat
Lokasi Jalan Harapan Indah Boulevard Kav. 21, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Telp./Faks. 021-70298430 / 021-70298429
Situs web http://www.bpkpenabur.or.id/id/school/smpkhijkt
Institusi Yayasan BPK PENABUR Jakarta, Gereja Kristen Indonesia
Afiliasi SMAK PENABUR Harapan Indah, SMAK 1 PENABUR Jakarta


SMP Kristen PENABUR Harapan Indah atau selanjutnya disebut SMPK PENABUR Harapan Indah (dikenal sebagai SMPK HI atau PHI) adalah sebuah Sekolah Menengah Pertama Kristen di Bekasi yang beralamat di Jalan Harapan Indah Boulevard Kav. 21, Bekasi. SMPK HI adalah salah satu sekolah di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang berada dibawah naungan lembaga pendidikan Kristen non-profit BPK PENABUR. Penulisan nama BPK PENABUR atau PENABUR selalu dengan huruf besar karena nama ini telah dipatenkan. [1]. Siswa SMPK PENABUR Harapan Indah sendiri menyebut sekolah mereka dengan singkatan "PHI", dimana P berarti SMPK dan HI berarti Harapan Indah. Singkatan ini biasanya dipakai dalam lingkungan sekolah PENABUR Jakarta.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMPK PENABUR Harapan Indah pertama kali memulai proses belajar-mengajarnya pada tahun ajaran 2007/2008, menumpang di Ruko Sentra Bisnis Harapan Indah. Pada tahun selanjutnya SMPK PENABUR Harapan Indah melangsungkan proses belajar-mengajarnya di gedung permanen di Jalan Harapan Indah Boulevard Kav. 21, tetapi masih menggunakan 1 gedung bersama TKK PENABUR Harapan Indah, SDK PENABUR Harapan Indah, dan SMAK PENABUR Harapan Indah di gedung SDK, mengingat TKK baru ada 1 angkatan, SDK ada 3 angkatan, SMPK ada 2 angkatan, dan SMAK ada 1 angkatan. Tahun selanjutnya TKK dan SDK menggunakan gedung TKK yang ada di sebelah gedung SDK sehingga SMPK PENABUR Harapan Indah masih 1 gedung dengan SMAK PENABUR Harapan Indah. Pada akhir tahun 2010 ini Yayasan BPK PENABUR Jakarta berencana membangun semua gedung kompleks PENABUR Harapan Indah yang belum dibangun, sehingga diharapkan pada tahun ajaran 2011/2012 Kompleks Sekolah PENABUR Harapan Indah telah lengkap dan SMPK PENABUR Harapan Indah telah mempunyai gedung sendiri.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

SMPK PENABUR Harapan Indah walaupun baru berusia 3 tahun namun sudah mengukir beberapa prestasi, diantaranya:

Pembelajaran[sunting | sunting sumber]

SMPK PENABUR Harapan Indah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 yang dipadukan dengan Kurikulum dari BPK PENABUR Jakarta, sehingga untuk bidang studi sains lebih ditekankan dibandingkan bidang studi lainnya. Untuk proses belajar mengajar sendiri dimulai dari pukul 7.00 sampai 14.00 atau 14.45 (tergantung hari). Dimulai tahun ajaran 2009/2010, SMPK PENABUR Harapan Indah menerapkan sistem moving class dalam proses belajar-mengajar, namun pada tahun ajaran 2010/2011 sistem "moving class" ditiadakan karena keterbatasan ruangan yang disebabkan oleh meningkatnya permintaan (angkatan 2010 berjumlah 3 kelas namun yang baru masuk berjumlah 5 kelas) dan gedung yang sementara harus berbagi dengan SMAK PENABUR Harapan Indah.

Kurikulum & Kegiatan[sunting | sunting sumber]

SMPK PENABUR Harapan Indah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dipadukan dengan kurikulum dari BPK PENABUR Jakarta, yang lebih menekankan pada sains. Selain penekanan pada sains, SMPK PENABUR Harapan Indah juga memiliki ciri khas karakter, dimana semua sekolah-sekolah PENABUR Jakarta mempunyai ciri khas masing-masing. Kegiatan yang ada di SMPK PENABUR Harapan Indah bervariasi, mulai dari Masa Orientasi Siswa untuk siswa kelas 7 baru, Karyawisata (khusus kelas 7), Jambore/Jumbara, Retreat (khusus kelas 8), Darmawisata (khusus kelas 9), Live In, Remedial, Ekstrakurikuler, Bazaar, dan juga Open School setiap tahun.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]