SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah
Informasi
Jenis Swasta
Rentang kelas VII, VIII, IX
Status Disamakan (akreditas A)
Alamat
Lokasi Jalan Jatiwinangun Gg. Arjuna No 6, Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Telp./Faks. 0281 638185 / 643250

SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto merupakan sekolah swasta Islam yang didirikan guna mendidik siswa agar menjadi generasi Robbani yang beraqidah mantap dan berakhlakul karimah serta aktif dan kreatif. Di bawah naungan Yayasan dan Pimpinan Cabang Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, SMP Al Irsyad dikelola oleh suatu badan yang dinamakan Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP). Bersama LPP ini peningkatan mutu serta pengembangan sekolah digalakkan secara berkesinambungan sebagai bentuk antisipatif memasuki era globalisasi dan kesiapan menyongsong zaman yang akan datang, karena setiap anak butuh dididik sesuai dengan zamannya.

Kurikulum dan program pembelajaran[sunting | sunting sumber]

Pada jenjang SMP, Lajnah Pendidikan dan Pengajaran Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto bertekad untuk menyelenggarakan program pendidikan yang unggul dan Islami. Oleh karena itu dengan dilandasi semangat perjuangan yang tinggi dan dengan mengharap pertolongan Allah SWT perubahan yang cukup revolusioner diterapkan di SMP Al Irsyad mulai tahun pelajaran 1999/2000. Perjuangan yang tak kenal lelah ini membuahkan hasil, para siswa lulus dengan hasil yang membanggakan. SMP Al Irsyad menjadi SMP Swasta terbaik dan masuk dalam 5 besar seluruh SMP negeri dan swasta di Kabupaten Banyumas.

Kegiatan pembelajaran di SMP Al Irsyad Purwokerto menerapkan sistem pendidikan sepanjang hari (bahasa Inggris: full day school) yaitu dimulai pukul 07.00 hingga pkl 14.30. Dengan program ini seluruh aktivitas siswa mulai dari belajar, bermain, makan dan beribadah dikemas dalam suatu sistem pendidikan.

Setiap pagi, siswa disambut oleh ustadz dan ustadzah dengan senyum, salam, sapa dan santun. Tepat pukul 07.00 pagi aktivitas keseharian diawali dengan apel pagi pekanan dan kegiatan pagi ceria pada hari lainnya. Dalam apel pagi seluruh siswa menerima tausiah (nasihat) dan berbagai informasi dari ustadz/ustadzah. Melalui apel pagi ini pula para siswa secara bergiliran menampilkan kemampuannya dalam berbahasa asing, arab dan inggris. Sementara, aktivitas pagi ceria pada hari lainnya dijalani dengan aneka kegiatan seperti tadarrus Al Quran, game, speed reading, baris-berbaris, jalan sehat, dsb.

SMP Al Irsyad Purwokerto menerapkan kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, inovatif dan terbuka. Kurikulum ini merupakan hasil perpaduan sinergis antara kurikulum nasional dan kurikulum Al Irsyad sehingga terbentuk kurikulum yang unggul.

Aktivitas pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan active learning, learning by doing, quantum learning dan quantum teaching. Melalui model ini diharapkan mampu menghasilkan daya serap materi yang tinggi.

Variasi pembelajaran juga dilakukan dengan memanfaatkan media audio visual, lingkungan sekolah dan fasilitas lainnya. Karenanya, bagi SMP Al Irsyad belajar di ruang kelas bukan menjadi keharusan. Ada kalanya para siswa diajak belajar di luar ruangan. Dengan demikian akan tercipta suasana belajar yang tidak monoton dan tidak menjenuhkan. Ada kalanya pula para siswa diajak untuk belajar langsung pada obyek melalui kegiatan ''out door study''. Model pembelajaran ini akan memberikan pengalaman langsung dalam proses belajar siswa.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Keberadaan laboratorium IPA yang bersih dan representatif turut membantu proses belajar siswa untuk lebih memahami berbagai materi Fisika, Kimia dan Biologi.

Selain laboratorium IPA SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dilengkapi pula dengan laboratorium komputer. Para siswa dididik dan dilatih untuk dapat menguasai beberapa program sebagai bekal kehidupan mereka seiring perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Memperdalam materi ataupun menambah wawasan dengan membaca buku-buku di perpustakaan terus ditumbuh kembangkan. Perpustakaan SMP Al Irsyad yang nyaman memiliki peran penting dalam menunjang proses belajar siswa dan para ustadz. Koleksi buku-buku selalu mengalami peningkatan. Kini, layanan perpustakaan SMP Al Irsyad Purwokerto telah dikembangkan dengan sistem komputerisasi. Sistem managemen perpustakaan yang rapi telah mampu mengantarkan SMP Al Irsyad merebut Juara 2 lomba perpustakaan sekolah tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2005.

Kemampuan siswa dalam menghafal ayat-ayat al Qur’an terus dikuatkan dan ditingkatkan. Dibimbing oleh para tenaga yang hafal al Qur’an, program ini menjadi salah satu nilai keunggulan yang ditawarkan oleh sekolah.

Memasuki waktu dhuhur, salat berjamaah secara tertib dan khusuk menjadi aktivitas keseharian para siswa. Usai salat mereka melakukan kegiatan dzikir dan salat sunnah. Rangkaian aktivitas ibadah ini diharapkan mampu menanamkan nilai kedisiplinan dan ketertiban beribadah dalam pribadi siswa. Saat jam makan tiba, para siswa menikmati makanan dalam suasana kekeluargaan yang menyenangkan. Guna memenuhi kebutuhan ini, sekolah telah memenuhi dengan ruang kantin yang sehat dan bersih.

Kegiatan Ekstra Kurikuler[sunting | sunting sumber]

Program ekstra kurikuler merupakan bagian kegiatan sekolah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Aktivitasnya mencakup oleh raga, seni, bahasa, ketrampilan dan ilmu pengetahuan. Dalam bidang olah raga diselenggarakan program sepak bola, tenis meja, bulu tangkis, basket dan bela diri taekwondo.

Melalui seni bela diri taekwondo ini SMP Al Irsyad mampu meraih juara 3 dalam POPDA tahun 2006. Ekskur English club merupakan cabang bahasa yang patut dibanggakan. Kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris telah mampu mendudukkan SMP Al Irsyad sebagai ”raja” dalam beberapa event lomba.

Dalam 3 tahun terakhir, SMP AL Irsyad belum mampu digeser oleh SMP lain sebagai juara 1 dalam berbagai lomba Speech Contest dan Story Teeling tingkat Kabupaten Banyumas. Selain itu ketrampilan siswa dalam berbahasa juga diasah melalui program Radio Training dan Jurnalistik. Bentuk seni yang dikembangkan di SMP Al irsyad meliputi seni suara nasyid dan teater. Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa dapat memilih bentuk hiburan yang memiliki makna positif sekaligus benilai dakwah.

Sekuruh aktivitas pembelajaran yang dikemas dengan model pembelajaran yang variatif dan kreatif menjadikan para siswa merasa ”betah” walau harus belajar di sekolah hingga sore.

Secara berkala SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto juga menerapkan program-program unggulan lainnya seperti manasik haji, assembly, apresiasi potensi diri, pesantren ramadhan, out bound, dan sebagainya.

Seluruh aktivitas belajar disekolah diakhiri dengan salat ashar berjamaah. Kemudian, sebagaimana kedatangan mereka, kepulangan para siswa juga dilepas oleh para ustadz dan ustadzah dengan jabat tangan. Hal ini akan meningkatkan harmonisasi antara siswa dengan ustadz-ustadzah, karena bagi SMP AL Irsyad ustadz dan ustadzah selain sebagai pendidik juga sebagai orang tua, kakak bahkan teman bagi para siswa.

Melalui pembiasaan (habit forming) yang Islami dalam lingkungan sekolah diharapkan akan terbentuk kepribadian anak yang sholeh dan sholihah. Tentu menjadi harapan kita semua anak-anak mendapatkan pendidikan yang berkualitas, mampu mengantarkan mereka menjadi generasi yang berakhlakul karimah dan memiliki nilai akademis yang tinggi. Dengan bimbingan para ustadz dan ustadzah yang selalu meningkatkan profesionalisme dirinya dan dengan berbagai kurikulum yang unggul siswa siswi SMP Al Irsyad Purwokerto menjalankan aktivitas belajarnya. Dengan berbagai fasilitas yang ada, siswa siswi dibiasakan dengan pendidikan yang islami untuk mampu menangkal pengaruh negatif dari lingkungan luar. Pendidikan yang unggul dan Islami merupakan investasi yang tepat untuk putra putri kita

Pranala luar[sunting | sunting sumber]