SMK Negeri 1 Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMK Negeri 1 Magelang
STM Negeri Magelang
Informasi
Kepala Sekolah Drs. Ch. Heru Subroto, M.Pd.
Program/jurusan/
peminatan
Bangunan-Elektronika-Listrik-Mesin-Otomotif
Kurikulum Spktrum 2010
Jumlah siswa lebih dari 1500 orang siswa
Status Negeri SBI ISO 9001: 2000
Alamat
Lokasi Jl. Cawang 2, Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp./Faks. (0293)362172
Situs web www.smkn1magelang.com


Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Magelang adalah sekolah kejuruan kelompok teknologi dan industri milik pemerintah di Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Terletak di sebelah Barat Daya Gunung Tidar, tidak jauh dari Akademi Militer, Berhawa dingin dan sejuk. Sekolah ini merupakan sekolah terbesar di Jawa Tengah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekitar tahun 1965 di Magelang terdapat sebuah Sekolah Teknik Menengah dengan nama STM Tidar. Terhitung mulai tanggal 1 Agustus 1965 dengan SP. Menteri P.D & K nomor : 136/Dirpt/BI/65 tanggal 8 Oktober 1965 STM Tidar berubah menjadi sekolah negeri dengan nama STM N di Magelang dengan jurusan : Bangunan Gedung dan Mesin. Sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, maka terhitung mulai tanggal 1 Januari 1970 menambah jurusan Listrik dengan Surat Keputusan Direktur Djendral Pendidikan Dep. P.&.K Republik Indonesia nomor : 306/Set/DDT/70 tanggal 13 April 1970, satu lagi jurusan Pertambangan pelaksanaan PBM nya di Muntilan dan pada tahun pelajaran 1986/1987 ditambah dua jurusan lagi yakni jurusan Elektronika dan Otomotip. Akhirnya sekolah ini berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Magelang.[1]

Bangunan Fisik[sunting | sunting sumber]

Saat ini (2010) gedung sekolah SMKN1 Magelang berdiri di atas tanah dengan luas sekitar 4,8 hektare. Di dalamnya terdapat 32 ruang teori, 2 lab bahasa Inggris, 2 ruang pertemuan, 2 lab komputer dan fasilitas lainnya.

Sertifikasi Manajemen Mutu[sunting | sunting sumber]

Sekolah ini merupakan sekolah negeri pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi manajemen mutu internasional ISO 9001: 2000 dan merupakan sekolah kedua setelah SMK Mikael Surakarta yang memperolehnya. Sertifikat ini diperoleh SMKN 1 Magelang pada tahun 2005. Mulai tahun ajaran 2006, sekolah ini telah membuka kelas Internasional dengan menggunakan pengajaran bahasa Inggris di semua mata pelajarannya (kelas imersi) untuk jurusan otomotif.

Struktur Organisasi[sunting | sunting sumber]

Menjadi ICT Center Kota Magelang[sunting | sunting sumber]

Dengan didukung Dinas Pendidikan Kota Magelang dan Pemerintah Kota Magelang, SMK Negeri 1 Magelang menjadi pusatnya WANKOTA (Wireless Area Network), ICT Center Kota Magelang dan Stasiun Pancar Ulang TV Edukasi VHF 175 MHz.

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]