SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang fokus pada bidang keteknikan. Sekolah ini merupakan sekolah teknik tertua di Ponorogo. Terdapat 7 Program keahlian yang diselenggarakan oleh sekolah ini. Siswa dibagi menjadi 14 rombongan belajar dalam 3 tingkatan kelas. Sistem pembelajarannya sendiri menganut sistem Blok.

SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo sebagai SMK Kelompok Teknologi Industri merupakan bagian dari Sistem Pendidikan Nasional dalam hal ini Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, yang mengemban misi untuk mempersiapkan dan meningkatkan sumber daya manusia tingkat menengah.

Dalam perjalanannya SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo dipercaya oleh Direktorat Pembinaan SMK Depdiknas baik secara langsung maupun melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan, diantaranya ; School Mapping dan Monev, WAN Kota, TV Edukasi, MR-IT, ICT Center, Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) atau program Virtual Campus.[1]

SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo
Logo SMKN 1 Jenangan Ponorogo
Informasi
Didirikan 1964 M(SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 148/Diprt/BI/66 tanggal 1 Pebruari 1966.)
Jenis Negeri
Akreditasi A[2]
Moto SMKN 1 Jenangan! Jaya Luar Biasa! Sekolah Adiwiyata! Pasti Bisa!
Kepala Sekolah Drs. Nurdianto, M.Pd
Alamat
Lokasi Jl. Niken Gandini 98 Setono, Ponorogo, Jawa Timur, Bendera Indonesia Indonesia
Situs web http://www.smkn1jenpo.sch.id

Sejarah[3][sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 1 Jenangan berdiri tahun 1964 hasil prakarsa pemerintah daerah dan dunia usaha/ dunia industri di ponorogo yang untuk pertama pada saat itu disebut STM (Sekolah Teknologi Menengah) Persiapan Negeri Ponorogo. Secara resmi lembaga ini menjadi STM Negeri Ponorogo berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 148/Diprt/BI/66 tanggal 1 Pebruari 1966. Perubahan STM Negeri Ponorogo menjadi SMK Negeri 1 Jenangan berdasarkan SK Mendikbud nomor 036/0/1997 tanggal 7 Maret 1997

Program Keahlian[4][sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 1 Jenangan merupakan Sekolah kejuruan yang fokus pada bidang Keteknikan. Berikut daftar program keahlian yang terdapat di sekolah ini :

  1. Teknik Konstruksi Kayu
  2. Teknik Gambar Bangunan
  3. Teknik Pemesinan
  4. Teknik Pengelasan
  5. Teknik Sepeda Motor
  6. Teknik Elektronik Industri
  7. Rekayasa Perangkat Lunak[5]

Prestasi Sekolah[sunting | sunting sumber]

Sekolah Bertaraf Internasional[sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo merupakan sebuah Sekolah Bertaraf Internasional yang ada di Ponorogo. Label Sekolah Bertaraf Internasional diperoleh karena berbagai prestasi yang telah dicapai oleh siswa sekolah ini hingga mencapai level Internasional, salah satunya Lomba Brick Laying yang telah mendapatkan 'excellent medallion' pada WORLD SKILL COMPETITION di Jepang dan Kanada[6]. Selain itu keberhasilannya menjalin kerjasama dengan IGI(Indonesia-German Institute)[7] turut memperkokoh sekolah ini sebagai Sekolah Bertaraf Internasional. Sekolah ini merupakan sekolah kejuruan yang fokus pada bidang keteknikan.

Sekolah Adiwiyata [8][sunting | sunting sumber]

SMKN 1 Jenangan telah di anugerahi penghargaan tertinggi di bidang lingkungan untuk kategori sekolah peduli dan berbudaya lingkungan (Adiwiyata Nasional) pada tanggal 7 Juni 2012. Penghargaan ini diserahkan oleh Presiden kepada Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Jenangan.[9]

Sekolah Sadar Hukum[sunting | sunting sumber]

Sekolah sadar hukum merupakan penghargaan yang diberikan Kementrian Hukum dan HAM kepada sekolah yang mampu mewujudkan suasana sekolah yang taat akan peraturan dibuat.

Sistem Manajemen Mutu ISO[10][sunting | sunting sumber]

SMKN 1 Jenangan Ponorogo berhasil memperoleh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Penghargaan ini diperoleh karena keunggulan dan transparansi manajemen dalam pengelolaan sekolah.

PUM GLOBAL SCHOOL

coming soon

Ekstrakurikuler dan Pengembangan Diri[sunting | sunting sumber]

  1. Pramuka (Praja Muda Karana)
  2. PMR(Palang Merah Remaja)
  3. PALA (Peajar Pecinta Alam)
  4. Rohis (Kerohanian Islam)
  5. Jurnalistik
  6. Tunas Hijau
  7. Koperasi
  8. Debat Bahasa Inggris
  9. Paduan Suara, Musik, Tari Reyog
  10. Olahraga(Futsal, Volly, Tenis Meja, dan Basket)

Referensi[sunting | sunting sumber]