SMK Negeri 1 Adiwerna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMK Negeri 1 Adiwerna
STM ADB TEGAL
Informasi
Didirikan 1 April 1979
Jenis Kejuruan
Akreditasi A
Kepala Sekolah Dr. Anon Priyantoro, S.Pd., M.Pd..
Program/jurusan/
peminatan
7
Kurikulum 2013
Status Negeri
Alamat
Lokasi Jl.Raya II Po.Box 24 Adiwerna, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia
Telp./Faks. (0283) 443768
Situs web www.smkn1adw.sch.id]


SMK Negeri 1 Adiwewerna (juga dikenal sebagai STM ADB) adalah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal Jawa Tengah Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya berdasarkan SK Wali Kota Kepala Daerah Tingkat II Tegal Nomor : Sekr. VI/01/14/Kpts/78 tanggal 7 Januari 1978 berdiri STM Pemda Tegal yang beralamat di Jalan Gajah Mada 84 Kota Tegal. Pada tanggal 1 April 1979 STM Pemda Tegal dinegerikan dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0190/0/1979 menjadi STM Negeri Tegal dengan alamat Jalan Gajah Mada 84 Kota Tegal.

Pada tahun 1982 melalui bantuan Asian Development Bank (ADB), bangunan baru sekolah didirikan beserta segala fasilitasnya yang cukup lengkap di Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, dengan area tanah seluas 4,9 hektare. Pada tahun 1985 seluruh aktifitas sekolah dipindahkan ke lokasi baru di Adiwerna dan dikenal luas dengan sebutan STM ADB Tegal.

Pada tahun 1997, ada perubahan Nomenklatur SMKTA menjadi SMK berdasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 036/0/1997 dan STM Negeri Tegal atau yang lebih dikenal STM ADB Tegal berubah sebutannya menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal.

Program Keahlian[sunting | sunting sumber]

Sampai saat ini SMK Negeri 1 Adiwerna memiliki 7 program keahlian (jurusan), yaitu: Teknik Mekanik Otomotif, Teknik Pemesinan, Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Pengelasan, Teknik Komputer Jaringan

Sarana dan Prasarana[sunting | sunting sumber]

Ruang Belajar[sunting | sunting sumber]

Jumlah kelas sebanyak 37 kelas (2010), dengan jumlah siswa sebanyak 1484 siswa(2010). Tenaga kependidikan (guru) 91 orang dan tenaga non kependidikan sebanyak 30 orang. Secara geografis SMK Negeri 1 Adiwerna terletak di daerah industri yang maju, khususnya industri-industri rumah tangga (home industry) yang bergerak di bidang pengolahan dan rekayasa logam. Potensi tersebut sangat mendukung keberadaan sekolah, karena SMK Negeri 1 Adiwerna senantiasa berupaya dapat bersinergi dengan industri-industri tersebut.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal mencatatkan diri sebagai sekolah yang diakui di tingkat nasional maupun internasional. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 dari World Quality Assurance (WQA) pada tanggal 28 November 2006.

Dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2000, diharapkan SMK Negeri 1 Adiwerna dapat mencapai tujuan di bidang mutu sesuai persyaratan dalam memenuhi tuntutan dan kepuasan pelanggan, menyiapkan tenaga kerja terampil, berkualitas, bermutu pada tingkat menengah untuk mengisi berbagai posisi pekerjaan pada tingkat menengah sesuai bidangnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]