SMA Santa Ursula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Santa Ursula
Logo Serviam Santa Ursula.jpg
Informasi
Didirikan 1857
Jenis Swasta
Akreditasi A
Jumlah kelas 18
Program/jurusan/
peminatan
IPA,IPS, dan Bahasa
Rentang kelas X, XI IPA, XI IPS, XI Bahasa, XII IPA, XII IPS, XII Bahasa
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa ± 600 siswa
Status Swasta
Alamat
Lokasi Jl. Pos No. 2, Jakarta Pusat, DKI Jakarta,  Indonesia
Situs web http://www.santaursulajakarta.sch.id/
Lain-lain
Lulusan Rosiana Silalahi
Merry Riana
Meutia Hatta
Martha Tilaar
Astrid Susanto

SMA Santa Ursula adalah sekolah menengah atas Katolik khusus perempuan yang terletak di Jalan Pos No. 2 Jakarta Pusat. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1857.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Santa Ursula yang terletak di belakang Gereja Katedral Jakarta merupakan salah satu pionir sekolah Katolik di Indonesia. Keberadaan sekolah ini di Jakarta bermula dari pendirian Persekutuan Santa Ursula oleh Santa Angela di Brescia, Italia, pada tanggal 25 November 1535. Persekutuan Santa Ursula ini bertujuan untuk mendidik dan menyiapkan para gadis agar mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehingga mereka dapat mewujudkan nilai-nilai Kristiani melalui pengabdian terhadap masyarakat pada umumnya, dan kaum wanita pada khususnya. Karena misinya yang luhur ini, maka Persekutuan Santa Ursula diresmikan oleh gereja dengan pelindung Santa Ursula pada tanggal 9 Agustus 1536. Sejak tahun 1857, barulah suster-suster Ursulin mulai berkarya di Indonesia yang pada saat itu berlokasi di Jalan Juanda. Dua tahun kemudian, mereka memperluas pengabdiannya di Jalan Pos 2 Jakarta, hingga sekarang. Program pendidikan sekolah merupakan bidang kerasulan yang utama. Selain bidang pendidikan, mereka juga mengembangkan bentuk pengabdian lain, diantaranya kesejahteraan masyarakat dan kerja sama di bidang pastoral. Hingga kini, SMA Santa Ursula dikenal sebagai salah satu sekolah Katolik tertua dan paling prestisius di Indonesia.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Ruang Kelas Ber-AC, Laboratorium Fisika, Laboratorium Biologi, Laboratorium Kimia, Laboratorium Matematika, Laboratorium Bahasa, Laboratorium IPS, Laboratorium Komputer, Perpustakaan, Ruang Multimedia, Ruang BK, Ruang UKS, Ruang rapat, Ruang OSIS, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha, Ruang Siaran (Sanur FM), Ruang Tari, Ruang Kesenian, Ruang Gamelan Jawa, Ruang Gamelan Bali, Ruang Band, Ruang Masak, Ruang Ganti, Toilet, Aula Lantai 2, Aula Lantai 3, Bangsal Olahraga, Lapangan Voli, Lapangan Basket, Kantin, Kapel, Gua Maria, Taman, Ruang Fotocopy, Lapangan Parkir

Info Akademis[sunting | sunting sumber]

Bahasa Asing dan Humaniora[sunting | sunting sumber]

Kegiatan bahasa asing dan humaniora di SMA Santa Ursula dilaksanakan pada hari Sabtu setiap minggunya. Nilai dari kedua kegiatan tersebut setara dengan nilai pelajaran lainnya. Siswi diwajibkan memilih satu kegiatan bahasa asing dan satu kegiatan humaniora dan akan mengikuti kegiatan yang dipilih selama tiga tahun bersekolah di SMA Santa Ursula. Berikut daftar kegiatan bahasa asing dan humaniora yang diselenggarakan di SMA Santa Ursula.

Bahasa asing[sunting | sunting sumber]

  • Bahasa Jerman
  • Bahasa Belanda
  • Bahasa Mandarin
  • Bahasa Korea
  • Bahasa Perancis
  • Bahasa Spanyol
  • Bahasa Jepang


Humaniora[sunting | sunting sumber]

TPSU (Teater Putri Santa Ursula), Gamelan Jawa, Gamelan Bali, Tatting, Pergamano, Melukis, Vocal Group, Fotografi, Sinematografi, Angklung, Kolintang, TTM (Tari Tradisional Modern), Handicraft, Kecantikan, Membatik, Desain Grafis, Fashion Design, Memasak

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Band, Modern Dance, Paskibra, Jerman Intensif, Aikido, Taekwondo, TOEFL dan IELTS, Debat Inggris, KIR (Karya Ilmiah Remaja), Math Club, Futsal, Basket, Voli, Badminton, UCV (Ursula Canisius Voice)

Organisasi[sunting | sunting sumber]

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)[sunting | sunting sumber]

OSIS SMA Santa Ursula setiap tahunnya mengadakan Misa Awal Tahun, Open House, Education Fair, dan acara program unggulan. Program unggulan ini merupakan puncak acara setiap tahun. Program unggulan tahun 2008 adalah "Kembang Gula" (Kebanggaan Menjadi Bagian Generasi Perempuan Unggulan). Tahun 2010 "Perangko" (Pesan Perdamaian dan Gerakan Sosial). Tahun 2011 "Punakawan" (Pentas Budaya Nasional Kreasi Warisan Anak Bangsa) yang menampilkan operet "Mentang-mentang dari New York" dan didalangi oleh Sudjiwo Tedjo. Tahun 2012 "Spectrum" (Show and Present Unique Cultures Through United Mission). Tahun 2013 "CitraPataGgika" (Ciptakan Gerak Perubahan Menuju Generasi Berkualitas) di mana salah satu acaranya adalah talkshow bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Program unggulan diadakan untuk mengasah kemampuan nonakademis para siswi. Semua siswi dapat terlibat dalam kepanitiaan dan semua kepengurusan acara ada di tangan siswi dengan bimbingan guru, namun tanpa campur tangan dari luar sekolah, kecuali sponsor, sehingga kemandirian siswi sungguh diasah.

Putri Santa Ursula Marching Brass[sunting | sunting sumber]

PSUMB sudah berusia 52 tahun sejak pertama kali didirikan. PSUMB sangat sering berprestasi dalam Grand Prix Marching Band. Tahun 2012, PSUMB berhasil meraih juara 3 divisi umum dalam GPMB.

Sanur FM[sunting | sunting sumber]

Sanur FM adalah organisasi radio dalam komunitas SMA Santa Ursula. Didirikan sejak tahun 2004. Bidang broadcasting merupakan satu hal yang sangat dilatih oleh organisasi ini. Anggota Sanur FM terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, program produksi, koordinator off air, broadcasting director, creative director, serta music director. Sanur FM juga memiliki dua orang pembina yaitu Drs. Tema H. Adiputra dan Ibu Maria Catur.

VISI SANUR FM

Menyiarkan nilai-nilai edukatif bagi Kawan Setia dengan mengikuti perkembangan zaman.

MISI SANUR FM

  1. Menjadi radio pembelajran yang bernilai guna bagi remaja kota.
  2. Menjadi sarana sosialisasi bagi pendengar.
  3. Menjadi radio yang professional dalam kinerja bersiaran.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]