SMA Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMAN CMBBS
Sekolah Menengah Atas Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School
Logo SMAN CMBBS
Informasi
Didirikan Juni 2005
Jenis Negeri
Akreditasi A
Kepala Sekolah Drs. Oeng Rosliana Kartamiharja, MM
Jumlah kelas 14 Kelas
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X IPA, X IPS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2013
Jumlah siswa 273 Siswa (Agustus 2013)
Status Mantan Sekolah RSBI
Alamat
Lokasi Jalan Raya Pandeglang - Labuan KM. 3, Kuranten, Pandeglang, Banten, Indonesia
Telp./Faks. 0253-5210114 / 0253-5210120
Situs web smancmbbs.sch.id


SMA Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School (CMBBS) merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang didirikan oleh Pemerintah Provinsi Banten, dalam hal ini Gubernur Banten yakni Hj. Ratu Atut Chosiyah pada tahun 2005 di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Sekolah ini disubsidi langsung oleh Pemerintah Provinsi Banten dan merupakan sekolah yang disiapkan khusus untuk menyaring bibit-bibit unggul yang akan membangun Banten sebagai provinsi baru dikemudian hari. SMAN CMBBS menerapkan boarding school system, siswa dan pengelola tinggal 24 jam di lingkungan kampus SMAN CMBBS sehingga diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk melaksanakan proses pendidikan, pengajaran dan pembinaan karakter dan mentalitas siswa, sehingga menjadikan SMAN CMBBS sebagai "Center for Excellence: The Right Place to Built Personality, Learn and Face the Future". Setiap tahunnya sekolah ini hanya menerima sedikit siswa-siswi jika dibandingkan sekolah negeri pada umumnya. Dikarenakan tes masuk ke sekolah ini yang terkenal sangat sulit seantero Banten sehingga hanya siswa-siswi terpilih sajalah yang bisa masuk. Pada tahun pertama sekolah ini hanya menerima 46 orang siswa, pada tahun kedua sebanyak 60 siswa, pada tahun ketiga sebanyak 65 siswa, dan pada tahun-tahun berikutnya ditambah menjadi 70 hingga 100 orang siswa saja. Sejak awal didirikan sekolah ini telah berhasil membuktikan keberadaannya sebagai sekolah unggulan dengan prestasi-prestasi yang ditorehkan siswa-siswinya mulai dari tingkat kabupaten hingga internasional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

"Banten harus maju!" Ungkapan inilah yang menggugah legislatif dan eksekutif, setelah Banten resmi menjadi provinsi pada tahun 2000. Hal yang harus disiapkan untuk membanguna Banten adalah sumber daya manusia yang handal dan memiliki dedikasi, loyalitas yang tinggi untuk kemajuan Banten. Setelah kurang lebih 4 tahun mempersiapkan rumusan pengembangan SDM Banten, muncullah wacana untuk mendirikan SMA unggulan Banten sebagai pusat pengembangan SDM demi menciptakan putra-putri Banten yang memiliki kemampuan religik, ekonomik, dan sosial pribadi yang diperlurus dengan kaidah ekselensi dan Islami. Pada Juli 2005 SMA Unggulan Banten resmi beroperasi dengan nama SMA Cahaya Madani Banten Boarding School atau disebut SMA CMBBS. Pada saat itu SMA CMBBS merekrut 46 siswa yang diambil dari lulusan terbaik SMP seluruh Banten. Hasil luar biasa sejak tahun pertama beroperasi SMA CMBBS telah mampu membuktikan dan mensejajarkan diri dengan sekolah yang sudah ada di Provinsi Banten. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan dan prestasi yang diraih oleh siswa-siswi SMAN CMBBS. Seiring dengan perkembangan waktu, pada tanggal 31 Juli 2007 SMA CMBBS resmi menjadi sekolah negeri dengan SK Gubernur Prov. Banten No. 421.3/Kep.SOS-Huk/2007. sejak terbitnya SK Gubernur tersebut Sekolah ini menjadi SMAN CMBBS dengan jumlah siswa sebanyak 155 siswa (6 rombel).[1] SMAN CMBBS akan terus melaksanakan pengembangan sehingga visi dan misi atau tujuan, target sekolah dan harapan masyarakat Banten terhadap SMAN CMBBS dapat direalisasikan.

Semalam Di CMBBS[sunting | sunting sumber]

"SDC" atau Semalam Di CMBBS merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SMAN CMBBS. SDC merupakan ajang kreativitas siswa-siswi SMAN CMBBS yang diselenggarakan murni dari siswa. Guru dalam hal ini hanya membantu memperindah tampilan luar dalam pentas seni ini. Setiap tahun, SDC diselenggarakan dalam tema yang berbeda-beda, seperti SDC 2012 yang bertemakan Nasionalisme Indonesia yang dinamakan MERAH PUTIH atau Meraih Harapan Dalam Persembahan Untuk Indonesia Harmoni yang diketuai oleh Mochammad Bintang Juris Islami dan Reva Nabila Azzahra sebagai ketua SDC.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, SDC tahun 2013 ini bertemakan 'World Culture' dengan nama VASCO DA GAMA. Yang diketuai oleh Alfine Putra Dhanendra dan Ratu Astri Nurul 'Aeiny sebagai ketua SDC

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]