SMA Negeri 97 Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 97 Jakarta
Informasi
Didirikan 17 Juli 1987
Jenis Negeri
Kepala Sekolah Drs. Muzayyin
Jumlah kelas 9 kelas setiap tingkat
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI Ilmu Alam, XI Ilmu Sosial, XII Ilmu Alam, XII Ilmu Sosial
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa 1080 siswa (40 siswa per kelas)
Nilai masuk terendah 8.300 (2012)
Nilai masuk tertinggi 9.313 (2012)
Nilai masuk rata-rata 8.560 (2012)
Alamat
Lokasi Jl. Brigif 2, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Situs web www.sman97jakarta.org

Sekolah Menengah Atas Negeri 97 Jakarta adalah Sekolah Menengah Atas Negeri yang terletak pada bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya gedung sekolah SMAN 97 Jakarta merupakan gedung SMP Negeri 254 Jakarta. Namun, karena banyaknya warga Ciganjur yang mengusulkan agar gedung SMP Negeri 254 Jakarta diubah menjadi SMA. Ulasan tersebut akhirnya membuahkan hasil, maka dibangunlah gedung sekolah tersebut menjadi SMA Negeri 97 Jakarta pada tanggal 6 Februari 1986. Tanggal 15 Juni 1987, secara resmi SMAN 97 diserahkan kepada Drs. Suprapto sebagai kepala sekolah yang pertama dan 17 Juli 1987 mulai menerima siswa baru membuka sembilan kelas.

Pada awal berdirinya SMA 97 terdiri dari 2 lantai yaitu lantai satu adalah Laboratorium Biologi, Fisika, Kimia, Perpustakaan, AULA, ruang TU , ruang Guru, dan ruang Kepala Sekolah. Sedmentara lantai dua ada sembilan kelas.

Tahun 1988 ada penambahan ruang belajar sembilan kelas dan membangun lapangan volly, Basket, serta Mushola. Enam tahun kemudian, 1994, bangunan ditambah menjadi tiga lantai sekaligus membangun Laboratorium Bahasa ketika Kepala Sekolah Drs. A. Simangunsong. Tahun 1999 Dra. Hj. Nellidar Gazali sebagai Kepala Sekolah pengganti mulai mengadakan pemugaran mushola menjadi masjid.

Dari tahun ke tahun sarana dan prasarana SMAN 97 ditingkatkan. Di bawah kepemimpinan Kepsek Drs. Lisnaedy Sajadi selain menyelesaikan mushola menjadi masjid yang megah, juga membangun Laboratorium komputer dan internet, ru-ang audio visual dengan kelengkapannya seperti LCD model terbaru.

Tahun 2005, Drs. Harapan Situmorang menggantikan Drs Lisnaedy Sajadi sebagai kepsek. Secara terus menerus menambah dan melengkapi sarana dan prasarana seperti komputer pentium terbaru dan jaringan internet hampir ke seluruh ruangan dan sarana lainnya. Juga, terus meningkatkan kedisiplinan warga sekolah sehingga mendorong prestasi SMAN 97 meningkat, baik prestasi akademik maupun non akademik.

Kurikulum[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 97 Jakarta menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang saat ini digunakan di Indonesia.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Kegiatan Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Ciri Khas[sunting | sunting sumber]

Hal yang menonjol dari SMA Negeri 97 Jakarta antaralain:

  • Lokasi gedung sekolah yang jauh dari kebisingan suara kendaraan dan masih asri ini, membuat suasana kegiatan belajar dan mengajar lebih kondusif.
  • Futsal 97 cukup dikenal sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang sering menjuarai pertandingan-pertandingan antar pelajar. Di antaranya juara II Indonesian Banking School, IndoMart, Bina Sarana Informatika, Pelajar DKI Jakarta dan Pelajar Jakarta Selatan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]