SMA Negeri 4 Purwokerto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 4 Purwokerto
Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Purwokerto
Informasi
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Alamat
Lokasi , Purwokerto, Jawa Tengah


SMA Negeri (SMAN) 4 Purwokerto, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Sama seperti SMA pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMAN 4 Purwokerto ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X hingga Kelas XII. SMA Negeri 4 Purwokerto beralamat di Jalan Letkol. Isdiman No.9 Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah - Indonesia.

Moto[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 4 Purwokerto memiliki moto "Unggul dalam prestasi, luhur budi pekerti, hadal dalam kreatifitas"[1].

Sejarah[2][sunting | sunting sumber]

SGO Negeri Purwokerto merupakan cikal bakal dari SMA Negeri 4 Purwokerto. SGO Negeri Purwokerto secara resmi didirikan pada tanggal 4 September 1961 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 1961 dengan nama Sekolah Guru Pendidikan Djasmani Negeri (SGPD) Purwokerto dengan masa pendidikan 4 tahun. SK pendirian tersebut mulai berlaku pada tanggal 1 Agustus 1961. Saat itu, SGO Negeri Purwokerto beralamat di Jalan Merdeka no. 7 Purwokerto tetapi kantor tata usaha berada di Kantor Inspeksi Pendidikan Djasmani Karesidenan Banyumas.

Pada tahun 1963, SGPD diubah menjadi Sekolah Menengah Olahraga Tingkat Atas (SMOA) Negeri Purwokerto dengan masa pendidikan 3 tahun. Selain itu diadakan penambahan ruang belajar di Jalan Merdeka no. 24 Purwokerto menjadi satu dengan Kantor Inspeksi Pendidikan Djasmani/Kabin Olahraga Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan Surat Perintah Komandan KODIM 0701/PPKP Banyumas Nomor PRIN-024/PPKP/12/1965 tanggal 18 Desember 1965 diberi pinjaman dengan status hak pakai gedung bekas TK/SD/SMP Nasional yang dibubarkan pemerintah. Lokasinya berada di Jalan Komisaris Bambang Suprapto (sekarang Jalan Jendral MT Haryono) no. 3/a Purwokerto. Lokasi tersebut digunakan bersama dengan SD Purwokerto Wetan V, KPAA Negeri, dan SMT Pertanian Negeri Purwokerto.

Pada tanggal 16 November 1970 berdasarkan Surat Keputusan Bupati KDH Tingkat II Kabupaten Banyumas nomor 169/3/VI/KDH, diberikan sebidang tanah di Jalan Letkol Isdiman no. 9 Purwokerto yang mana mulai ditempati tanggal 5 Februari 1973.

Terhitung mulai tahun ajaran 1976 berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 0257/U/1976, SMOA diubah menjadi Sekolah Guru Olahraga (SGO) Negeri Purwokerto dengan masa pendidikan tiga tahun.

Mulai tahun ajaran 1989/1990, SGO beralih fungsi menjadi SMA Negeri 4 Purwokerto.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moto SMAPHA JAYA!, SMA Negeri 4 Purwokerto Facebook Page.
  2. ^ Sejarah Singkat SMA Negeri 4 Purwokerto, situs SMA Negeri 4 Purwokerto