SMA Negeri 3 Oku Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

SMA Negeri 3 Unggulan Martapura merupakan sebuah SMA Negeri yang terletak di kota Martapura, OKU Timur. Kawasan kompleks SMA ini dinamakan dengan kawasan Wiyata Mandala. SMA ini adalah SMA yang sangat bersejarah bagi murid-muridnya. hal ini dikarenakan di SMA inilah mereka dididik dijadikan orang yang mampu untuk mangarungi dunia ini. banyak cerita yang telah diukir di sekolah ini. SMA ini mampu untuk bersaing dengan SMA-SMA yang lain yang ada di OKU TIMUR walaupun SMA ini baru berdiri.

SMA ini sudah menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu untuk menempati kursi-kursi di Universitas Negeri yang ada di Indonesia. Banyak Universitas Negeri yang telah ditempati oleh lulusan-lulusan atau alumni SMA ini, termasuk Universitas Lampung, UGM, UNY, USU, UNSRI, IPB, STAN, Akademi TNI dan lain-lain. semua itu berkat kerja keras pihak-pihak sekolah yang telah mendidik mereka selama 3 tahun untuk mampu bersaing menempati kursi perguruan tinggi tersebut.

Begitu banyak prestasi yang telah diukir oleh warga SMA kebanggaan Kabupaten OKU Timur ini. SMA ini juga memiliki drum band

kebanggaan yang dilatih oleh Yon Armed 15/76 dengan nama Swaratama Mandala Cailendra. Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur sepak terjang SMA ini sudah tak terhitung lagi. Setiap hari sabtu, SMA ini mengadakan kegiatan Ekstrakurikuler dan Kelas Minat/Bakat. Kelas-kelas dan

Kegiatan Ekstrakurikuler itu, antara lain:

  • Kelas Olimpiade Matematika
  • Kelas Olimpiade Ekonomi
  • Kelas Olimpiade Fisika
  • Kelas Olimpiade Kimia
  • Kelas Akselerasi Bahasa Inggris
  • Kelas Akselerasi Bahasa Indonesia
  • Kelas Akselerasi Biologi
  • Kelas Pembinaan Penjaskes
  • Drum Band
  • PASKIBRAKA
  • PRAMUKA
  • Kelas Pembinaan Seni dan Kegiatan Islami
  • Kelas Pembinaan Karya Ilmiah Remaja
  • Palang Merah Remaja

Terbukti, program yang diadakan pada hari Sabtu ini mampu menghasilkan Siswa-Siswi yang berhasil mengharumkan nama sekolah dengan berhasilnya merebut gelar juara di berbagai even. Sekolah ini juga diharapkan mampu menjadi Sekolah Bertaraf Internasional di Kabupaten Oku Timur. SMA ini memiliki staf pengajar yang sangat berpengalaman dan profesional. Sebab, sebelum diterima sebagai staf pengajar di SMA Negeri 3 Unggulan OKU Timur, mereka terlebih dahulu diseleksi oleh Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten OKU Timur. Sarana Prasarana yang ada di SMA ini bisa dikatakan yang paling lengkap di Kabupaten OKU Timur.

Untuk menjadi siswa di SMA ini pun diberlakukan seleksi yang sangat ketat. Setiap calon siswa harus melalui Beberapa tahapan seleksi yang ketat. Pertama, Calon siswa yang akan mendaftar harus menyerahkan berkas yang telah diberitahu oleh panitia dan kemudian berkas-berkas itu diseleksi. Kedua, apabila telah lolos seleksi tahap pertama, calon siswa harus mengikuti tes kedua yaitu tes potensi akademik, dan tahap akhir dari seleksi ini adalah tes wawancara yang melibatkan orang tua calon siswa.

Sebelum Kegiatan Belajar Mengajar dimulai, Siswa-siswi SMA ini diwajibkan untuk membaca Al-Qur'an terlebih dahulu. Untuk agama lain dipersilakan membaca kitabnya masing-masing. SMA ini juga bertujuan untuk membentuk siswa-siswi yang memiliki keseimbangan dalam kecerdasan intelektual maupun spiritual.

Prestasi-prestasi yang telah diraih diantaranya adalah Juara II Lomba Drum Band/Marching Band Se-Provinsi Sumatera Selatan Juara Uumum Palang Merah Remaja Se-Provinsi Sumatera Selatan Juara I LCT & Juara III Pioneering Perkemahan Sandi Yudha XIV UNSRI, Se-SUMBAGSEL Juara I Siswa & Siswi Berprestasi OKU Timur Juara diberbagai Olimpiade ditingkat Kabupaten & Provinsi Seperti Matematika, Ekonomi, Fisika Komputer, dll. Juara 1 Story Telling,Debat dan pidato bahasa inggris Tingkat Kabupaten & Provinsi SMA ini juga memiliki Anggota PASKIBRAKA dengan jumlah terbanyak utusan Kabupten OKU Timur ditingkat Provinsi dan masih banyak lagi prestasi lainnya.

SMA Negeri 3 Unggulan Martapura, OKU Timur pun memiliki koneksi dengan berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Sehingga, hal ini memungkinkan siswa untuk disalurkan melalui berbagai program yang ada pada masing-masing Perguruan Tinggi Negeri. SMA Negeri 3 Unggulan Martapura juga menjadi sekolah dengan tingkat partisipasi dibidang keorganisasian yang cukup tinggi. Sehingga jangan heran jika SMA ini menjadi SMA pertama di Kabupaten OKU Timur yang berhasil Mengadakan Festival Band antar pelajar Se-OKU Timur dan turnamen Futsal antar pelajar SMP/MTS SE-Oku Timur. Kegiatan-kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang tinggi baik itu dari pemerintah maupun masyarakat Kabupaten OKU Timur.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]