SMA Negeri 3 Mataram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 3 Mataram
Informasi
Didirikan18 Desember 1973
JenisNegeri
AkreditasiA
Kepala SekolahDrs.H.Zumri
Ketua KomiteKamarudin, M.Hum
Jurusan atau peminatanIPA, IPS, dan Bahasa
Rentang kelasX, XI IPA, XI IPS, XI BAHASA, XII IPA, XII IPS, XII BAHASA, X/XI/XII PC
KurikulumKurikulum 2013
Jumlah siswa1438
Alamat
LokasiJalan Pemuda No. 63, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Tel./Faks.0370-622961
Situs webhttp://sman3mtr.sch.id
Moto

SMA Negeri (SMAN) 3 Mataram, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri di Mataram, Nusa Tenggara Barat tepatnya di Jl. Pemuda No. 63. Sekolah ini berbatasan dengan SMPN 13 Mataram (Barat), Badan Diklat Prov.Nusa Tenggara Barat (Timur), TK Pembina Mataram (Utara), dan Badan Diklat (Selatan).
SMAN 3 Mataram, diresmikan menjadi sekolah mitra menuju masa depan (PASCH) pada 18 November 2008. Sekolah ini merupakan salah satu dari 10 sekolah PASCH yang pertama di Indonesia dan salah satu dari 1000 sekolah PASCH yang ada di dunia. PASCH (Schulen: Partner Der Zunkunft) yang artinya Sekolah: Mitra Menuju Masa Depan merupakan program yang diprakarsai oleh Menteri Luar Negeri Jerman, Dr. Frank - Walter Steinmeier. Program ini bertujuan membangun sebuah jaringan internasional yang melibatkan sekitar 1000 sekolah dari seluruh dunia sampai jangka waktu 3 tahun kedepan atau lebih. Untuk program ini pemerintah Jerman menyediakan dana ekstra sebesar 45 juta Euro yang dikoordinasi oleh Kementrian Luar Negeri Jerman. Dan melalui program ini, SMAN 3 Mataram selalu mengirimkan minimal 2 siswanya ke Jerman.
SMAN 3 Mataram juga merupakan salah satu sekolah yang dipercaya sebagai satu-satunya sekolah yang ditunjuk oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional sebagai sekolah percontohan pengimpelentasian Pendidikan Karakter di provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2010. ,program terbaru dan pengembangan kedepan SMAN 3 Mataram menjadi sekolah Unggul dalam IQ, EQ, SQ sejalan dengan Visi sekolah,zero waste, sekolah sehat tingkat Kota Mataram, propinsi NTB dan Nasional Sekolah SKS. Berikut Kepala Sekolah SMAN 3 Mataram : Drs. H.Zumri Kasub. Koordinator TU : Lalu Zulkifli,SE. Wakil kurikulum: Faizin, M.Pd, Wakil Kesiswaan: Nyoman Waktu,S.Pd, Wakil Humas:Eris Nurhayati S.Si , M.Pd Wakil Sarana: Muaidin, S.Pd.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

SMAN 3 Mataram berdiri tahun 1973 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0236/O/1973 tanggal 18 Desember 1973 denagn nama Sekolah Menengah Pembangunan Persiaapan (SMPP). Kemudian pada tanggal 9 Agustus 1985 dengan Surat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0353/O/1985 berubah nama menjadi SMA Negeri 2 Mataram. Selanjutnya pada tanggal 21 April 1997 mendapatkan Surat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 035/O/1997 berubah nama lagi menjadi SMU Negeri 3 Mataram menjadi SMA Negeri 3 Mataram sampai sekarang.

Web SMAN 3 Mataram : http://sman3mtr.sch.id/ dan http://sman3mtr.mysch.id/

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 3 Mataram untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 3 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya: