SMA Negeri 2 Sidoarjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


SMA Negeri 2 Sidoarjo
Informasi
Didirikan16 Juli 1986
AkreditasiA
Jumlah kelas12 kelas setiap tingkat
Jurusan atau peminatanIPA
IPS
Bahasa
Rentang kelasX IPA, X IPS, X Bahasa
XI IPA, XI IPS, XI Bahasa
XII IPA, XII IPS, XII Bahasa
KurikulumKurikulum 2013 revisi
StatusNegeri
Alamat
LokasiJalan Lingkar Barat Gading Fajar 2, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Tel./Faks.(031) 8961119
Situs webhttp://www.sman2sidoarjo.sch.id/
Moto
MotoTunjukkan karyamu, raih prestasimu.

SMA Negeri 2 Sidoarjo, adalah salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri, yang terletak di Jalan Lingkar Barat Gading Fajar 2 Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia. Di kalangan masyarakat, sekolah ini lebih akrab disebut dengan akronim SMANDA. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMAN 2 Sidoarjo ditempuh dalam waktu 3 tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Pada tahun 2014, sekolah ini menjadi salah satu sekolah SMA yang menerapkan Satuan Pendidikan Penyelenggara - Sistem Kredit Semester (SPP-SKS) di Kabupaten Sidoarjo, di mana menggunakan sistem pembelajaran on dan off serta membuka satu kelas istimewa yang para siswanya hanya menempuh pendidikan sekolah dalam waktu dua tahun saja (4 semester). Sistem SPP-SKS seperti ini juga sudah diterapkan oleh beberapa sekolah di Kabupaten Sidoarjo lainnya.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 2 Sidoarjo didirikan berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomer 0887/O/1986. Dimulai pada tahun ajaran 1986 - 1987 bertempat di SMA Negeri 1 Sidoarjo, SMA Negeri 2 mulai menerima murid baru sebanyak 120 siswa yang terbagi dalam 3 kelas belajar.

Pada tanggal 16 Juli 1987 SMA Negeri 2 pindah menempati gedung baru yaitu di Jalan Kutuk Sidokare 311 Sidoarjo. Sehingga tiap tanggal 16 Juli kini diperingati sebagai tanggal berdirinya SMA Negeri 2 Sidoarjo.

Lokasi ini mengalami banjir setiap kali musim penghujan sehingga mengganggu kegiatan belajar mengajar, sehingga pada tanggal 2 Januari 2011, atas izin Pemerintah SMA Negeri 2 Sidoarjo pindah ke lokasi baru yaitu di Jalan Lingkar Barat Gading Fajar 2 Sidoarjo.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 2 Sidoarjo memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya: