SMA Negeri 2 Ngawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 2 Ngawi
Informasi
Didirikan1 Agustus 1963
AkreditasiA
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX IPA, X IPS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
KurikulumKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan-Kurikulum 2013
StatusNegeri
Alamat
LokasiJl. A. Yani Tromol Pos 7, Geneng, Ngawi
Situs webhttp://smadangawi.sch.id
Moto
MotoThink Globally Act Locally

SMA Negeri 2 Ngawi, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Kecamatan Geneng, Ngawi. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 2 Ngawi ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMAN 2 Ngawi didirikan pada tahun 1963. Faktanya sekolah ini menjadi SMA pertama dan tertua di Kecamatan Geneng bahkan di kawasan Kabupaten Ngawi meskipun namanya SMAN 2. Meskipun secara administratif letak sekolah ini di wilayah Kecamatan Geneng, sekolah ini juga menjadi salah satu tujuan utama bagi siswa-siswi terbaik Ngawi dan siswa dari kota sekitar lainnya. Smada Ngawi (sapaan akrab SMAN 2 Ngawi) telah mengalami perubahan nama beberapa kali. Mulai dari SMPP, SMAN 3, SMUN 2 hingga sekarang menjadi SMAN 2 Ngawi. Sekolah ini memiliki areal yang paling luas di antara sekolah negeri di kawasan Kabupaten Ngawi.

Lokasi geografis sekolah ini berada tepat di antara kampus STKIP Ngawi dan SMA PGRI 1 Ngawi (sekarang pindah ke seberang jalan karena proyek jalan trans Jawa). Sebelum menempati lokasi yang sekarang, Smada menempati gedung pendopo dan SMAN 1 Ngawi sewaktu masih bernama SMPP.

Selama puluhan tahun berdiri Smada telah bertransformasi menjadi sekolah unggulan. Smada pernah menjadi salah satu RSMABI di provinsi Jawa Timur. Meskipun sekarang status internasional telah dihapus, namun prestasi internasional sekolah ini tak pernah berhenti. Setiap tahunnya Smada mengirim putra-putri terbaik mereka untuk mengikuti program pertukaran pelajar AFS. Sejauh ini beberapa negara yang pernah menjadi tujuan siswa smada adalah Amerika Serikat, Jepang dan Thailand.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 2 Ngawi untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 2 memiliki banyak kegiatan organisasi dan ekstrakurikuler, di antaranya,


Prestasi
[sunting | sunting sumber]

Beberapa prestasi civitas akademika Smada diantaranya: Medali Emas OPSI 2014, peserta OSN Ekonomi dan Kebumian 2014, Juara 2 Guru berprestasi Nasional 2013.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]