SMA Negeri 24 Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


SMA Negeri 24 Jakarta
Informasi
Jenis Negeri
Alamat
Lokasi Jl. Lapangan Tembak No. 1 Senayan, Gelora - Tanah Abang, Jakarta, DKI Jakarta
Telp./Faks. (021) 5736984 /(021) 5749047.

SMA Negeri 24 Jakarta adalah sekolah menengah atas yang berada di bilangan Senayan, Jakarta Pusat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan tahun 1967 merupakan Filial dari SMA Negeri 9 Jakarta yang berlokasi di Komplek PLN Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pada tahun 1969 pindah ke Belakang Komdak menjadi SMU Negeri 24 Jakarta dengan Kepala Sekolah Bapak Drs. Imam Subana . Namun Gedung yang digunakan adalah Gedung milik Yayasan Melati Sakura (Suatu kerja sama Indonesia Jepang). SMA Negeri 24 hanya menggunakan untuk sementara.

Pada tahun 1975 SMA Negeri 24 mendapat Gedung Baru yang terletak di Jalan Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat yang di tempati sampai sekarang.

Tahun 1976 terjadi Pergantian Kepala Sekolah Dari Bapak Drs. Imam Subana kepada Bp. Drs. Atik Kosasih. Tidak lama kemudian SMA 24 membuka sekolah Filial di Gedung lama (Belakang Komdak), . Tahun 1980 SMA 24 Filial berhasil mandiri, menjadi SMA Negeri 35 Jakarta.

Tahun 1980 terjadi lagi pergantian Kepala Sekolah dari Bp. Drs. Atik Kosasih kepada Bp. Drs. S. Djoko Soetedjo. Pada masa Kepemimpinan tersebut tahun 1981 SMA Negeri 24 mendirikan sekolah Kelas Jauh di Geung Belakang Komdak. Beberapa tahun kemudian mandiri SMU Negeri 82 Jakarta.

Tahun 1986 Bp. Drs. S. Djko Soetedjo dipindahkan ke SMA Negeri 87 Jakarta Selatan. diganti Bp. Suganda Wirananggapati.

Tahun 1992 Bp. Suganda diangkat menjadi Pengawas Kanwil Depdikbud DKI Jakarta. diganti. Drs. Pardomuan malau dari SMU 20 Jakarta.

Tahun 1994 Drs. Pardomuan Malau Pindah ke SMA 53, diganti Bp. Drs. Sudarwanto dari SMA Negeri 6., W Tahun 1996 BP. Sudarwanto dipindahkan ke SMA Negeri 38 Jakarta Selatan dan diganti oleh Dra. Ramna Chaniago dari SMA Negeri 86.

Tahun 1999 Kepala Sekolah, Ibu Dra. D. Siburian Selama kepemimpinan Beliau terjadi beberapa perubahan mendasar sbb :

1. Mengubah waktu pembelajaran dari 2 sesi menjadi 1 sesi yaitu sesi pagi saja utamanya meminimalisir peluang tawuran antar sekolah, mengingat lokasi sangat rawan

Tahun 2002, Kepala Sekolah Drs. Ratiyono, MMSI melanjutkan program kerja kepala sekolah sebelumnya. Selama kepemimpinan Drs. Ratiyono, berhasil meredam tawuran yang sebelumnya sering terjadi. Meskipun hanya 1 tahun 4 bulan, telah berhasil melaksanakan pembangunan fisik sekolah, seperti pembuatan ruang ekstrakurikuler, pengerasan lapangan olahraga, pengadaan sarana prasarana yang didukung dengan dana BIS dan Komite Sekolah, Melajutkan pembangnunan masjid, pengadaan AC untuk seluruh ruangan dan penambahan daya listrik, sehingga proses kegiatan belajar mengajar lebih nyaman dan kondusif

Tahun 2004, Drs. Utar Muchtar menjadi Kepala SMA Negeri 24 Jakarta TMT 01 Maret 2004 beliau berhasil mengadakan Gardu PLN di SMA Negeri 24 Jakarta, sehingga listrik yang sebelumnya hidup mati, kini sudah stabil dan ruangan lebih sejuk karena AC-AC yang terpasang sudah berjalan normal.

Tahun 2006, Drs. Muzayyin mulai menjadi kepala sekolah TMT awal Januari 2006 sampai sekarang. Telah berhasil meningkatkan disiplin siswa dan guru sehingga prestasi akademik pada UAN 2006/2007 nilai UAN meningkat. Dalam waktu yang tidak tertentu telah membangun, pagar sekolah, taman, tempat parkir motor siswa, sumur resapan air, tempat piket guru, media pembelajaran berupa infocus, laptop, komputer dan lain-lain.

Tahun 2009, Dra.Hj Idan Sudarti, M.MPd menjadi kepala sekolah dan banyak sekali rehabilitasi yang berjalan di masa jabatan beliau hingga menjadikan sekolah terlihat asri dan nyaman, dikarenakan banyaknya penghijauan yang dilakukan oleh beliau.