SMA Negeri 1 Wonosobo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Wonosobo
Data Sekolah
Berdiri: 12 Agustus 1960
Provinsi: Jawa Tengah
Alamat Lengkap: Jl. Jogonegoro Km.2
Nomor Telepon: 0286321155
Fax: 0286321155
Kepala Sekolah: Indah Nur Hayati
Jumlah Kelas: 10 kelas setiap tingkat
Program Jurusan: IPA, IPS
Rentang Kelas: X MIPA, X IPS, XI IPA, XI IPS, XII MIPA, XII IPS
Kurikulum: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Status sekolah: Negeri (Rintisan SMA Bertaraf Internasional) (RSBI)
Website: www.sma1wonosobo.sch.id [1]

SMA Negeri 1 Wonosobo merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang berada di kota Wonosobo, Jawa Tengah. SMA Negeri 1 Wonosobo merupakan salah satu sekolah unggulan dan juga sebagai sekolah model bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Wonosobo.[butuh rujukan] Banyak lulusan dari Sekolah Menengah Atas ini yang diterima di berbagai Perguruan Tinggi terkemuka, seperti: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, dll. SMA Negeri 1 Wonosobo berhasil menjalankan kelas RSBInya pertama kali pada tahun pelajaran 2009/2010.Dengan jumlah murid yang lebih sedikit tentunya membuat sekolah ini semakin baik dan tertib.[butuh rujukan] Dahulu, SMA Negeri 1 Wonosobo bertempat di Jl. RSU NO. 7 dan Jl. Banyumas KM 5 Kalierang, bersebelahan dengan SMA Negeri 2 Wonosobo. Saat ini, SMA Negeri 1 Wonosobo memiliki kelas SKS 4 Semester di mana siswa-siswi yang terpilih bisa lulus dalam 2 tahun. Pada tahun 1993 kemudian disatukan di Jl. Tumenggung Jogonegoro KM 2 Wonosobo.

Saat ini, SMA Negeri 1 Wonosobo memiliki kelas SKS 4 Semester di mana siswa-siswi yang terpilih bisa lulus dalam 2 tahun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Wonosobo didirikan pada tahun 1959 oleh panitia pendiri SMA, yang merasa perlu adanya sekolah lanjutan di kabupaten Wonosobo saat itu. Dan pada tanggal 30 Juli 1960, akhirnya SMA 1 mendapat surat keputusan (SK) pengesahan No. 330/SK/B.III th. 1960. Akan tetapi dengan berdirinya SMA negeri di tingkat kecamatan, SMA Negeri Wonosobo itu diubah menjadi SMA 1 Wonosobo melalui SK Mendikbud No. 007/D1993 tanggal 25 November 1995.

Pada awal berdirinya SMA 1 Wonosobo dipimpin oleh Kartono yang kemudian digantikan oleh Drs. Sembodo Idris sampai kira-kira tahun 1988. Pada saat itu SMA 1 Wonosobo masih terletak di Jln. RSU No. 7 (Utara GKJ). Ketika itu SMA 1 Wonosobo mempunyai kelas jauh yaitu di Selomerto. Tepatnya yang saat ini menjadi SMP 2 Selomerto. Dengan kondisi seperti itu menimbulkan masalah karena tidak terjadi sinkronisasi antara kelas yang ada di Jln. RSU dengan yang ada di Selomerto, juga tenaga pendidik yang sering terbagi tentunya hal ini menyebabkan terjadinya pemborosan baik berupa waktu, dana, maupun tenaga.

Akhirnya setelah melalui berbagai perundingan yang rumit, pada tahun 1991, terjadilah kesepakatan yang akan mengubah sejarah SMA 1 Wonosobo selamanya, yaitu kesepakatan RUISLAG Gedung Induk SMA 1 Wonosobo. Dan setelah beberapa kali proses yang sulit dan panjang, akhirnya tahun 1993 SMA 1 secara resmi beralamat di JL. T. Jogonegoro km.2 Wonosobo.

Pada tahun 1989 Bapak Sembodo Idris digantikan oleh H.Muh.Badawi H.S yang memegang tampuk kepemimpinan di SMA 1 Wonosobo hingga tahun 1995. pada tahun 1996, dia digantikan oleh Bapak Kadis Sarjono, hingga dia pensiun pada tahun 2002. selanjutnya jabatan Kepala Sekolah dipegang oleh Drs. Agus Haryanto, MM. Tahun 2007 dia digantikan oleh Drs. Danang Kusumanto, M.Si hingga sekarang.

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

  1. SMA Negeri 1 Kota Mungkid
  2. SMA Negeri 1 Temanggung
  3. SMA Negeri 1 Purworejo
  4. SMA Negeri 1 Magelang
  5. SMA Negeri 1 Kebumen
  6. SMA Negeri 2 Wonosobo