SMA Negeri 1 Tangerang Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 1 Tangerang Selatan
Logo pl.jpg
Informasi
Didirikan 4 Januari 1977
Jenis Negeri
Akreditasi A
Kepala Sekolah Drs. H. Sujana M.Pd
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X IPA, X IPS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum 2013
Status Sekolah Standar Nasional (SSN) / Sekolah Percontohan SKM
Alamat
Lokasi Jl. Pendidikan 49, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
Telp./Faks. 7401602
Situs web sman1kotatangsel.com


SMA Negeri (SMAN) 1 Tangerang Selatan, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Banten, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Tangerang Selatan ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Di Sekolah ini terdapat kelas bilingual. Pada tahun ajaran baru, di sekolah ini pun akan diterapkan sistem SKS.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penduduk asli Ciputat dan orang-orang yang sudah lama bermukim di Ciputat, menyebut SMAN 1 Kota Tangerang Selatan dengan nama SMA 27. Hal ini disebabkan pada awal berdirinya, sekolah ini bernama Sekolah Menengah Atas (SMA) 27 Jakarta kelas jauh Ciputat. Gedung sekolah pertama kali dibangun oleh Pemerintah DKI Jakarta semasa Gubernur Ali Sadikin.

SMA Negeri 1 Ciputat didirikan pada tanggal 4 Januari 1977 dengan nama SMAN 27 Jakarta kelas jauh Ciputat. Sesuai dengan perkembangannya, maka pada bulan April 1979 dengan adanya peralihan pembinaan SMA Negeri 27 Jakarta kelas jauh Ciputat dari kanwil Depdikbud DKI Jakarta ke kanwil Depdikbud Propinsi Jawa Barat, maka status SMA Negeri 27 Jakarta kelas jauh Ciputat berubah menjadi SMA Negeri Tangerang Filial Ciputat. Dengan keluarnya SK Mendikbud RI No. 0298/0/1982 tanggal 9 Oktober 1982, maka SMA Negeri Tangerang Filial Ciputat dinyatakan mandiri dengan nama SMA Negeri Ciputat. Dengan adanya SK Mendikbud RI tanggal 27 Maret 1997 tentang perubahan Nomenklatur SMA, maka nama SMA Negeri Ciputat berubah nama menjadi SMA Negeri 1 Ciputat.

Gedung SMA 1

Masyarakat Ciputat termasuk suku bangsa Betawi dan secara kultural berbudaya dan berdialek bahasa khas Betawi. Namun sejak tahun 1974 wilayah Ciputat dimasukan ke dalam bagian dari wilayah kabupaten Tangerang, jadilah Ciputat sebagai daerah penyangga Ibu Kota yang berada di selatan Jakarta. Sampai saat ini Ciputat tidak dapat terlepas dari pengaruh kehidupan masyarakat Jakarta, baik dalam kehidupan sosial, ekonomi maupun budaya. Apalagi letak Ciputat persis di pinggir Ibu Kota yang berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan.

Secara geografis SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan berada di wilayah Timur Kabupaten Tangerang dan secara administratif penduduk/masyarakat Ciputat adalah warga Kabupaten Tangerang yang sekarang menjadi Kota Tangerang Selatan. Dan secara umum, SMA 1 menjadi sekolah unggulan dikawasan Kota Tangerang Selatan.

Sejak tahun pembelajaran 2006/2007 menjadi salah satu Sekolah Rintisan Kategori Mandiri ( SKM) / Sekolah Standar Nasional (SSN) yang dalam pelaksanaannya mendapat binaan dari Direktorat Binaan SMA dan Dinas Pendidikan Provinsi serta sekaligus menjadi model SKM / SSN bagi SMA lain di lingkungan Kota Tangerang Selatan. Setelah uji coba selama 1 tahun pelajaran dengan sistim bilingual teaching dikelas X, maka sejak tahun pelajaran 2008 / 2009 SMAN 1 Kota Tangerang Selatan membuka program kelas bilingual dan berkelanjutan pada tahun pelajaran 2009 / 2010 yang bermitra kerja dengan beberapa PTN dan lembaga – lembaga lain yang berbasis Bahasa Inggris sebagai native speaker.

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

  • Nilai Akreditasi: 94.49[1]
  • Peringkat Akreditasi: A
  • Tanggal Penetapan: 17-Oct-2009

Tujuan Sekolah[sunting | sunting sumber]

Tujuan Sekolah:

1.Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan oleh masyarakat di level lokal dan nasional serta bisa dikembangkan untuk level internasional.

2.Membangun dan menemukan jati diri siswa melalui proses belajar belajar yang aktif, kreatif, efektif serta menyenangkan.

3.Menghasilkan siswa yang berprestasi tinggi dan mampu bersaing melanjutkan ke perguruan tinggi terkemuka.

4.Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap terpuji, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur yang berlandaskan iman dan taqwa.

[sunting | sunting sumber]

1) Bingkai berbentuk segi empat yang dalam bahasa sunda disebut pasagi, suatu kata yang mengandung arti seseorang yang telah menguasai berbagai macam ilmu pengetahuan

2) Terdiri dari 5 unsur(buku, pena, obor, sayap, dan cakrawala) mengandung arti bahwa pendidikan SMAN 1 Tangsel berdasarkan pancasila.

3) Buku berwarna kuning dalam keadaan terbuka mengandung arti suatu sikap terbuka, aspiratif dan akomodatif dalam menerima perubahan dan suatu kemajuan zama. Buku kuning (kitab kuning) adalah suatu buku yang merupakan referensi atau rujukan yang digunakan para santri di pesantren-pesantren

4) Pena tajam berwarna putih, menandakan sikap kritis yang dilandasi hati yang bersih dalam ide dan gagasan demi kemajuan pendidikan.

5) Obor yang bergelora dengan nyala api berwarna merah, menandakan semangat yang bergelora dan pantang menyerah dalam menuntut ilmu, serta mampu menerangi alam sekitar.

6) Sayap yang berjumlah 7 buah (dikiri dan kanan) berwarna hitam menunjukkan tahun berdirinya SMAN 1 Tangerang Selatan yaitu tahun 1977. Sayap dengan bentuk gapura melambangkan bahwa lulusan SMAN 1 tangsel siap memasuki persaingan di era globalisasi

7) Cakrawala berbentuk lingkaran biru muda melambangkan angkasa yang maha luas menunjukkan bahwa perspektif pendidikan di SMAN 1 Tangsel mempersiapkan lulusannya untuk dapat bersaing di dunia luar dalam rangka era globalisasi

Acara Tahunan Sekolah[sunting | sunting sumber]

  • NSC CUP

NSC (Negeri Satu Ciputat) merupakan ekstrakulikuler basket yang ada di SMAN 1 Tangerang Selatan. Ekskul ini telah memprakarsai kegiatan berupa kompetisi basket yang diperuntukan kepada pelajar SMA atau sederajat. Sesuai dengan nama ekskulnya, maka kegiatan ini diberi nama "NSC CUP".

Lapangan Olahraga

Pada awalnya, NSC CUP hanya dilaksanakan oleh anggota ekskul basket saja. Dan jenis kompetisi yang diadakan pun hanya kompetisi basket saja. Seiring berjalannya waktu, kegiatan NSC CUP mengalami banyak perkembangan dan jenis kompetisi yang di sediakanpun lebih variatif.

  • Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa
  • Campus Expo
  • Class Meeting
  • Pentas Seni

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Tangerang Selatan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya,

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]