SMA Negeri 1 Paiton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

SMA Negeri 1 Paiton adalah sekolah menengah atas yang berdiri pada tahun 1986. Pada tahun tersebut sebagai filial SMA Negeri Kraksaan, sehingga guru-gurunya banyak dari sekolah tersebut. Kepala sekolah yang pertama Drs. Sudjoko, berikutnya berturut-turut Drs. Soetrisno (alm), Drs. Muhammad Yusuf Suhartono (sekarang Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan Pamekasan), Drs. Mas'ud (sekarang Pengawas SMP/SMA ), Drs. Saifulloh, MM,sekarang Pengawas SMP/SMA, Drs. H. Suwardi (2011- 2013, Purna Tugas), Drs. Hari Ananta Sumarsono ( 2013 - Sekarang )

Pada 2003 terjadi paradigma baru sebagai konstelasi dari adanya pertumbuhan penduduk dan PLTU Paiton, SMA Negeri 1 memasuki fase baru. Maka pada Tapel 2004 mulailah dikembangkan visi dan misi SMAN 1 Paiton agar dapat lebih banyak menampung siswa. Pada 2004 dari hanya 9 kelas berkembang menjadi 12, sehingga pada tahun 2009 menampung 867 siswa menjadi 21 kelas dengan komposisi kelas X = 8 kelas, XI = 7 dan kelas XII = 6. Tuntutan dari masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya menyebabkan sinergi luar biasa dari lingkungan sekitar memoles SMA Negeri 1 Paiton (PT EMOMI, salah satu operator PLTU Paiton; Pemkab Probilinggo melalui bupati Hasan Aminudin, MSi menyumbang 3 gedung RKB sekaligus dan bantuan pusat melalui PPMU Provinsi Jatim ).

Patut disyukuri peningkatan kuantitas ini ini berimbang dengan prestasi yang diraih oleh siswa dan gurunya. Beberapa lomba pernah ditoreh SMAN 1 Paiton. Dalam kurun waktu 2 tahun ( 2007-2009) 4 guru dipromosikan sebagai kepala sekolah.Dra.H.Rahayu Sri Wilujeng (Ka SMA Maron, mutasi ke SMPN 1 Pakuniran, SMPN 1 Paiton ), Adin Budi Satriyo,S.Pd (Ka SMA Tiris , mutasi ke SMAN Gending dan SMAN Gading, ke SMAN Dringu (2011),ke SMAN Sukapura (Januari 2013- sekarang ), Rohana,S.Pd (Ka SMA Krucil,mutasi ke SMPN 1 Gending, ke SMPN 3 Maron - Januari 2013- sekarang), dan Bambang Sudiarto,S.Pd (Ka SMA Tiris, mutasi ke SMAN Gending). Ada juga yang pernah lama mengajar di SMA Negeri 1 Paiton dipromosikan sebagai kasek yakni Drs. Saeri (SMA Negeri Kuripan, mutasi ke SMAN 1 Kraksaan , 2011- sekarang ).

Sekarang ini SMA 1 Paiton telah memiliki sarana belajar yang memadai seperti Perpustakaan, Laboratorium ( IPA, Fisika, Biologi, ), Laboratorium Multimedia. Laboratorium Komputer. Memasuki gerbang standar nasional, SMAN 1 Paiton sedang mengkaji RSBI, namun belum terlaksana.PT IPMOMI sebagai stake holder dan partner dengan kontribusi yang besar dalam dunia pendidikan pada 2010 telah membangun Green House. Kontribusi PT.IPMOMI dalam pendidikan khususnya di SMA Negeri 1 Paiton sejak 2006 antara lain : 3 unit komputer layak pakai mebelair ruang tamu, 1 paket bahan praktikum laboratorium IPA, 1 paket buku perpustakaan, 1 Ruang Guru, 2 Ruang Kelas, 1 Gedung Green House. Para siswa juga mengikuti beberapa kegiatan ekstra seperti olahraga, komputer, hadrah, musik,olimpiade mapel, biotek, mading/jurnalistik.

SMAN 1 Paiton di Google Maps, Situs SMAN 1 Paiton