SMA Negeri 1 Karawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 1 Karawang
Informasi
Didirikan 16 September 1959
Jenis Negeri
Akreditasi A
Kepala Sekolah Dra. Ati Sugianti
Jumlah kelas 9 kelas setiap tingkat
Program/jurusan/
peminatan
MIA,IPA IIS, dan IPS
Rentang kelas X MIA, X IIS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kurikulum 2013
Jumlah siswa [≥750]
Alamat
Lokasi Jalan Jend. Ahmad Yani No.22 Kec. Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat, Indonesia
Telp./Faks. (0267) 402335
Situs web [http://www.sman1krw.sch.id)

SMA Negeri 1 Karawang adalah sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Karawang beralamatkan di Jalan Ahmad Yani No 22, Karawang Barat. SMA Negeri 1 Karawang sudah menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional sejak tahun 2007-2013 dan sudah berstandar ISO 9001:2008. Mulai Tahun Ajaran 2013-2014 SMA Negeri 1 Karawang menerapkan SKS (Sistem Kredit Semester). Dikarenakan SMA Negeri 1 Karawang telah menggunakan Kurikulum 2013 maka penjurusan untuk menentukan kelas IPA dan IPS dimulai sejak kelas X dengan inisial MIA untuk IPA dan IIS untuk IPS. Sedangkan kelas XI dan kelas XII masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

Latar belakang terbentuknya SMAN 1 Karawang adalah berawal pada tahun 1950 - 1959 ketika Negara kita RI, keadaan politik dan ekonominya masih dalam keadaan tidak stabil. Akibatnya perkembanganbidang pendidikan sangat kuran. Sebagai contoh, di Kabupaten Karawang pada tahun 1959, sekolah lanjutan negeri atas belum ada sama sekali, sehingga apabila ada siswa yang ingin melanjutkan ke SLTA harus keluar dari kota Karawan, yaitu ke Purwakarta atau ke Jakarta.

Oleh karena itu, dengan latar belakang kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, muncullah pemikiran untuk mendirikan sebuah sekolah lanjutan atas negeri dalam rangka membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Ternyata minat masyarakat terhadap gagasan tersebut khususnya orang-orang tua sangatlah besar, sehingga terbentuklah SMA Persiapan Negeri Karawang yang berdiri pada tahun 1959.

Tokoh-tokoh yang memegang peranan dalam pendirian SMA Persiapan Negeri Karawang adalah, tokoh-tokoh dan sesepuh di Kabupaten Karawan, baik dari unsur Pemerintah, Pendidkan, Pengusaha, dan Masyarakat lainnya, diantaranya.

Bapak Husni Hamid (Almarhum) selaku Bupati Kepala Daerah Tingkat II Karawang, tahun 1959-1971, Bapak Rd. H. Mustopa Abdul Kadir (Almarhum), Bapak Suhudi (Almarhum), Kepala PUK Kabupaten Karawang. (Beliau yang menyediakan perumahan bagi guru-guru di jalan Dewi Sartika), Bapak Rd. Sukardja Djaja Laksana (Almarhum), Kepala SMP Negeri 1 Karawang, Bapak M.E Sobandi, Pejabat DEPAG Kabupaten Karawang, Drs. Achmad Hidayat, Kepala SMA Taman Pahlawan Karawang, POMG ( Persatuan Orang Tua dan Guru ) SLTP dan tokoh-tokoh lainnya yang tidak dapat kami sebutkan nama-namanya, karena keterbatasan kami dalam mendapatkan informasi.

Pada waktu SMA Persiapan Negeri 1 Karawang telah berdiri, pimpinan sekolah dipegang oleh Bapak Sukardja Djaja Laksana merangkap Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Karawang. Adapun kegiatan belajar mengajar dijalankan oleh para guru yang sebagian besar dihadirkan dari luar sekolah ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]