SMA Negeri 1 Cianjur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cianjur
Data Sekolah
Berdiri: 1959
Provinsi: Jawa Barat
Alamat Lengkap: Jln. Pangeran Hidayatullah No. 62 - Cianjur, Jawa Barat
Nomor Telepon: (0263)261295
Fax:
Kepala Sekolah: Drs. H.M. Danur Jamhur, MM.Pd.
Jumlah Kelas: 37 kelas
Program Jurusan: Bahasa,IPA dan IPS
Rentang Kelas: X, XI, XII IPA, X, XI,XII IPS, X, XI, XII Bahasa
Kurikulum: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah Siswa: 1320 siswa (40 siswa per kelas)
NEM Masuk terendah:
NEM Masuk tertinggi:
NEM Masuk rata-rata: 32,00
Status sekolah: Negeri
Website: http://sman1cianjur.sch.id

SMA Negeri (SMAN) 1 Cianjur, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Cianjur ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Didirikan pada tahun 1959.

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Cianjur merupakan SMA yang tertua, terbesar dan menjadi favorit bagi masyarakat Cianjur[butuh rujukan]. SMA Negeri 1 Cianjur didukung luas lahan yang mencapai 23500 m2 dan luas bangunan mencapai 12275 m2, sehingga SMAN 1 Cianjur merupakan sekolah paling luas di Kabupaten Cianjur, memberikan ruang gerak yang sangat luas bagi aktivitas siswa-siswanya, serta didukung oleh fasilitas penunjang kegiatan belajar dan fasiitas ekstrakurikuler yang lengkap.

Pada tahun pelajaran 2004/ 2005, SMAN 1 Cianjur ditunjuk oleh Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK Depdiknas melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk menjadi rintisan sekolah bertarap internasional yang selanjutnya disingkat RSBI. Kemudian melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 697/C4/MN/2007, SMA Negeri 1 Cianjur ditunjuk sebagai pelaksana Rintisan SMA Berstandar Internasional (R-SMA-BI) di Kabupaten Cianjur.

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Cianjur untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Daftar guru yang mengajar[sunting | sunting sumber]

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya,

Sistem Pembelajaran dalam sekolah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun ajaran 2011/2012 SMA Negeri 1 Cianjur mencoba menggunakan sistem SKS. Tujuan dari sistem SKS tersebut yaitu untuk memudahkan siswa/i ketika sudah menginjakan diri ke jenjang yang lebih tinggi (Universitas) dan saat ini sekolah menerapkan Moviing Class terhadap siswa/i di kelas X dan XI. Seorang siswa dapat mengambil SKS maksimal 32 sedangkan SKS yang normal yaitu anatara 20 sampai 21. Jika seorang siswa yang telah memiliki SKS diatas 120 maka siswa tersebut sudah tidak wajib lagi untuk mengikuti pelajaran yang ada dan siswa /i tersebut akan di permantap dalam pelajaran yang akan di UNkan dan mempersiapkan diri siswa/i untuk mengikuti testing yang akan diselenggarakan oleh Universitas yang ada untuk seleksi.


[[Kategori:Sekolah menengah atas di Jawa Barat