SMA Negeri 17 Palembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Plus Negeri 17 Palembang
Logo-sman 17 Palembang.jpg
Informasi
Didirikan 17 Juli 1997
Akreditasi A+
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Alamat
Lokasi Jalan Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang, Palembang, Sumatera Selatan

SMA Plus Negeri 17 Palembang, atau dikenal dengan sebutan SMAN Jubel, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Sekolah ini telah mendapat pengakuan sebagai sekolah unggul/plus sejak tahun 2000 sehingga menjadikan sekolah ini sebagai pioneer ikon pendidikan unggul di kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan. Beberapa prestasi akademik, olimpiade, penelitian, seni musik, seni drama, dan fotografi telah mencapai tingkat nasional dan internasional. Outcome-nya tersebar di UI, ITB, UGM, Unpad, Undip, ITS, Unibraw, NTU, USU, Unand dan mendominasi di Universitas Sriwijaya. Selain tersebar di berbagai Perguruan Tinggi Negeri, Outcome SMA Plus Negeri 17 Palembang juga banyak tersebar di berbagai Perguruan Tinggi Kedinasan seperti STAN, STIS, Akademi TNI, dan mendominasi di Akademi Kepolisian dengan jumlah peserta didik terbanyak yang diterima dalam tiap tahun penerimaan di Sumatera Selatan. SMA Plus Negeri 17 Palembang juga dikenal sebagai Sekretariat Bina-Antar Budaya (Binabud), lembaga non-profit AFS Indonesia, Chapter Palembang. Saat ini, SMA Plus Negeri 17 Palembang menyediakan program reguler RSBI dan program Akselerasi serta program studi Ilmu Alam (PSIA) dan Ilmu Sosial (PSIS). Pada tahun ajaran 2012/2013, SMA Plus Negeri 17 Palembang telah menerima siswa hingga angkatan 17.


Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 17 Palembang untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Kegiatan Kurikulum[sunting | sunting sumber]

  • BUGEMM (Budaya Gemar Membaca dan Menulis), setiap peserta didik diwajibkan membuat penelitian sederhana dalam bentuk laporan karya ilmiah setiap semester. Laporan dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara bergantian di tiap semester. Dalam penelitian, peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok yang masing-masing dibimbing oleh seorang guru. Pada akhir semester, setiap peserta didik yang telah memenuhi syarat akan melakukan kegiatan Evaluasi BUGEMM di hadapan penguji. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan ilmiah peserta didik dan membiasakan peserta didik pada kegiatan ilmiah.
  • KK Senior (Kegiatan Kurikulum Seni dan Olahraga), kegiatan ini dilaksanakan oleh peserta didik kelas X dan XI. Peserta didik kelas X dan XI di SMA Plus Negeri 17 Palembang tidak memiliki mata pelajaran Penjaskes dan Seni konvensional seperti yang diajarkan di sekolah lain. Untuk mengoptimalkan bakat peserta didik, sekolah menyediakan hari Sabtu sebagai waktu kegiatan KK Senior. Setiap siswa diperbolehkan untuk memilih satu cabang olahraga untuk mengisi jam olahraga (3-4) mereka dan satu cabang seni untuk mengisi jam seni (7-8). Cabang olahraga yang ada adalah basket, tenis, tenis meja, panahan, kempo, tekwondo, voli, karate, bulu tangkis, dll. Cabang seni yang ada adalah gitar akustik, angklung, alat musik tradisional, tari tradisional, teater, seni baca Al-Qur'an, seni rupa dua dimensi, seni rupa tiga dimensi, modelling, dll. Pilihan dapat diganti tiap semester, sehingga dapat menambah pengalaman dan pengetahuan peserta didik. Selain itu, Senam dilakukan pada jam 1-2 dan paduan suara dua angkatan dilakukan di aula pada jam 5-6 setiap sabtu. Setiap peserta didik dilatih olah vokal dan teknik paduan suara dalam bagian KK Senior ini, sehingga peserta didik dapat digolongkan berdasarkan jenis suara masing-masing.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 17 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler,Keberhasilan pembimbingan Ekstrakurikuler yang komperhensif dan berkualitas telah mencetak generasi emas dengan prestasi hingga kancah Internasional. Karya tulis dan penelitian remaja yang dihimpun dalam KIRANA(Kelompok Ilmiah Remaja Andalan 17) telah membuktikannya melalui pencapaian prestasi hingga kancah Internasional. Tercatat prestasi Internasional di bawah ini

  • Participant Intel International Enginieering Fair(IISEF 2009) (California, USA). Atas nama Wafiakmal Miftah, Afrizal dan Lutfi Fachri Muhammad.
  • Medali Perak Internasional dalam 7th International Exhibition for Young Inventor di Hanoi-Vietnam pada Desember 2010. Atas nama Reijefki Irlasua, Eddy Yuristo dan Priyanka.
  • Special Award as the Most Creative and Innovative Research dari Pemerintah Republik Filiphina untuk riset berjudul "Rotating Herbicide Sprayer." Atas nama Reijefki Irlastua, Eddy Yuristo dan Priyanka.
  • Outstanding Students for The World (OSTW 2011) (Washington, New York, Pittsburgh, Boston, San Fransisco - USA 2011). Atas nama Reijefki Irlastua.


Ekstrakurikuler itu diantaranya,

  • Parisanda 17 (Pasukan Barisan Andalan 17), eksul Paskibraka
  • Perwira 17 (Palang Merah Wira 17), ekskul Palang Merah Remaja (PMR)
  • Kirana 17(Kelompok Ilmiah Remaja Andalan 17), ekskul Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
  • Pasmala 17, (Pasukan Andalan Keamanan Sekolah 17) ekskul Polisi Keamanan Sekolah (PKS)
  • Kodrat, (Kelompok Drama Anak 17), ekskul yang bergerak di bidang seni teater
  • Akustik 17, ekskul yang bergerak di bidang seni musik, meliputi: olah vokal, alat musik, musikalisasi puisi, dan pertunjukkan perkusi
  • Charlie Cheers, ekskul seni tari modern (modern dance) dan cheerleading
  • Focus 17 (Fotografi dan Sinematografi Unggulan 17), ekskul fotografi dan film
  • KGB 17 (Klub Gemar Berpikir), ekskul programming dan piranti sains teknologi
  • Rohis Nur Islami 17, ekskul rohani dan dakwah islam
  • Jurnalistik 17. ekskul yang bergerak di bidang kreasi mading (tropis) dan penerbitan majalah sekolah (Marela)
  • Pramuka 17, ekskul kepramukaan ( sekarang seluruh siswa diwajibkan mengikuti eksul tersebut berdasarkan kurikulum 2013 )
  • Shokura, klub bahasa dan budaya Jepang

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]