SMA Negeri 10 Samarinda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 10 Samarinda
Informasi
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Alamat
Lokasi Jl. H.A.M.M. Rifaddin, Samarinda, Kalimantan Timur

SMA Negeri (SMAN) 10 Samarinda, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 10 Samarinda ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.an Sekolah ini merupakan sekolah unggulan di provinsi Kalimantan Timur, semua siswanya di asramakan. Siswa yang bersekolah di sini berasal dari semua wilayah 14 kota/kabupaten yang semuanya diberikan beasiswa penuh atau gratis.

Sejarah Singkat Gagasan berdirinya SMA Negeri 10 Samarinda bermula dari berkembangnya wacana pendirian sekolah unggul di daerah Kalimantan Timur oleh ICMI Orwil Kaltim, kemudian gagasan tersebut ditindaklanjuti dengan terbitnya SK. No. 200.P/ICMI-KT/I/1994 membentuk Tim Perintis SMA Unggul yang diketuai oleh Rektor Universitas Mulawarman Prof. Ir. H. Rahmad Hernadi, M.Sc. Setelah melalui proses yang panjang berdirilah SMA Negeri 10 Samarinda berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 107/O/1997 tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah Tahun Pelajaran 1995/1996 tanggal 16 Mei 1997 dan telah diresmikan keberadaannya oleh Menteri Depdikbud Prof. DR. Ing. Wardiman Djojonegoro pada tanggal 11 Desember 1997.

SMA Negeri 10 Samarinda merupakan sekolah unggul yang merupakan hasil kerja sama Kantor Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur dengan Yayasan Melati Samarinda pada tanggal 30 Oktober 1994 dengan Akte Notaris NO. 78 tanggal 15 April 1994.

Sesuai dengan Surat Pernyataan Yayasan Melati Samarinda Nomor 099/01.05/P.YM-KT/VI/2010 tentang Pemutusan Hubungan Kerja Sama antara Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur dengan Yayasan Melati, SMA Negeri 10 Samarinda tidak bekerja sama dengan Yayasan Melati Samarinda.

Sejak diresmikan sampai sekarang SMA Negeri 10 Samarinda dipimpin oleh Kepala Sekolah sebagai berikut;

a. Drs. Harimurti, W.S. (1997 s.d. 1998)

b. Drs. H. Zainal Abidin (1998 s.d. 2000)

c. Drs. H. Suwardi, M.M. (2000 s.d. 2008)

d. Marwata M.Pd. (2008 s.d. 2009) (Plt)

e. Drs. Hidayat (2009 s.d. sekarang.

Fasilitas ==

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 10 Samarinda untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

4. KEBIJAKAN MUTU SMA NEGERI 10 SAMARINDA


Tekad kami mewujudkan sekolah unggul yang menghasilkan peserta didik yang religius, ber-IPTEK, berjiwa nasional, dan berdaya saing di dunia internasional.

     SMA Negeri 10 Samarinda sebagai lembaga penyelenggara pendidikan yang berorientasi mutu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap layanan jasa pendidikan dengan  menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008.

Setiap unsur di SMA Negeri 10 Samarinda bertanggung jawab dan berperan aktif dalam pelaksanaan dan penyempurnaan Sistem Manajemen Mutu secara berkelanjutan.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 10 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya,

  • Palang Merah Remaja (PMR)
  • Teater
  • Debat bahasa Inggris
  • Tari Tardisional
  • Paduan suara
  • Basket
  • futsal