SMA Negeri 109 Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 109 Jakarta
Informasi
Didirikan 15 Juni 1991
Jenis Negeri
Kepala Sekolah Dra. Elfrida Manurung
Jumlah kelas 7 kelas setiap tingkat
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI Ilmu Alam, XI Ilmu Sosial, XII Ilmu Alam, XII Ilmu Sosial
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa 8400 siswa (40 siswa per kelas)
Nilai masuk terendah 7.588 (2008)
Nilai masuk tertinggi 9.325 (2008)
Nilai masuk rata-rata 7.850 (2008)
Alamat
Lokasi Jl. Gardu No. 31Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Telp./Faks. 021-7271116
Koordinat http://goo.gl/maps/HKS9Y
Situs web http://sman109jkt.sch.id/
Lain-lain
Lulusan BAMBU

SMA Negeri (SMAN) 109 Jakarta, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 109 Jakarta ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 109 Jakarta diresmikan sejak 15 Juni 1991, lahan dan gedung yang digunakan untuk SMAN 109 sebelumnya digunakan untuk Sekolah Pendidikan Guru (SPG) 3 Jakarta. Cikal bakal SMAN 109 Jakarta berawal pada tahun 1989, sejak saat itu secara resmi SPG (Sekolah Pendidikan Guru) dihapuskan oleh Pemerintah, dan gedungnya beralih fungsi menjadi gedung SMA. Pada awalnya sekolah ini bernama SMA ex SPG 3. Dikatakan SMA ex SPG, karena sekolah tersebut berada tepat di bangunan SPG 3.

Dra. Hermin Kusmiati, adalah Orang pertama dan Wanita pertama yang menjabat menjadi Kepala Sekolah SMAN 109 Jakarta, masa jabatannya sebagai kepala sekolah SMAN 109 Jakarta berakhir pada tahun 1991.

Pada awal peresmian SMAN 109 Jakarta, sebagian siswa SPG 3 Jakarta masih belajar di tempat yang sama sebagai angkatan terakhir dari SPG 3 Jakarta, hingga akhirnya seluruh siswa SPG 3 Jakarta lulus dan lahan dan gedung tersebut murni menjadi SMAN 109 Jakarta.

Pada sekitar tahun 1995, bangunan SMAN 109 Jakarta lama mulai di rehab, dari bangunan lama yang tidak bertingkat, sebagian mulai di bongkar dan di bangun gedung baru berlantai 3. Pembangunan yang dilaksanakan secara bertahap dan berlangsung hingga tahun 2005 semua bangunan lama habis digantikan dengan 2 bangunan 3 lantai untuk kelas dan kantor, 1 bangunan 2 lantai untuk laboratorium, dan 1 bagunan 1 lantai untuk perpustakaan ditambah dengan sebuah Masjid dan Sebuah Kantin. Hingga saat ini pun masih terus dilakukan pengembangan.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 109 Jakarta untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstra Kurikuler[sunting | sunting sumber]

Di bawah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 109 ada beberapa Ekstra Kurikuler (ekskul) yang aktif di SMA Negeri 109 Jakarta

Karate[sunting | sunting sumber]

Karate Ekstrakurikuler ini merupakan salah satu ekskul beladiri yang terdapat di SMA Negeri 109, Perguruan karate yang terdapat di SMAN 109 adalah INKAI. Karate SMAN 109 mempunyai kegiatan seperti Ghasuku, Ujian Kenaikan Sabuk dan Pertandingan. Pelatih Karate SMAN 109 didatangkan dari pihak luar hal ini diharapkan agar memudahkan siswa/siswi juga mengetahui adanya perubahan tehnik maupun materi yang diperbarui. Hari latihan ekskul karate ditetapkan setiap hari Kamis seusai sekolah dan hari sabtu pagi sebagai latihan tambahan.

Rohis[sunting | sunting sumber]

Rohis atau Rohani Islam SMAN 109 pada dasarnya bukan sebuah ekskul, tetapi sebuah wadah yang mencakup semua muslimin dan muslimah. Rohis mengadakan BR (Bimbingan Rohani), yaitu diskusi seputar keislaman untuk para siswa akhwat dan ihwan.

Rohkris[sunting | sunting sumber]

Rohkris Rohani Kristen SMAN 109 merupakan wadah untuk yang beragama Kristen. Di Rohkris diadakan banyak kegiatan keagamaan.

Paskibra "EKA SATYA MUDA"[sunting | sunting sumber]

Paskibra atau Pasukan Pengibar Bendera yang dikenal dengan nama EKA SATYA MUDA di sekolah ini juga menjadi salah satu kegiatan Ekstra Kurikuler (ekskul) di SMA Negeri 109 Jakarta

PMR[sunting | sunting sumber]

"Red Cross Adventure 109 / RCA 109" Palang Merah Remaja atau PMR adalah organisasi cabang Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah menengah dan bertujuan mendidik siswa sekolah dalam bidang kesehatan umum dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. RCA 109 tidak hanya mempelajari tentang ilmu Kepalangmerahan, tetapi lebih banyak menekankan kemampuan skill individu dalam pengenalan Alam. RCA 109 telah mendaki beberapa Gunung di Indonesia seperti Gunung Gede (2010) GUnung Pangrango (2010) Gunung Salak (Rutin Tiap Tahun dari 2001) Gunung Ciremai (2007) Gunung Semeru (2006) Gunung Rinjani (2005) Gunung Papandayan (2007) Gunung Merapi (2004) Gunung Merbabu (2004) Gunung Lawu (2004)

Moto RCA adalah "One Love One Unity"

Pecinta Alam "EKAPASERS"[sunting | sunting sumber]

EKAPASERS memiliki arti "Satu Tekad yang Bulat untuk menjadi Pecinta Alam SMAN Seratus Sembilan". EKAPASERS menjadi salah satu ekskul di SMAN 109 Jakarta pada tanggal 5 Agustus 1991. Drs Jajang Suwandhy, guru Geografi SMAN 109 Jakarta menjadi Pembina Ekapasers pertama dikenal dengan pagilan BABE (panggilan untuk orang tua laki-laki bagi suku Betawi). Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak menjadi tempat yang paling sering dikunjungi untuk pelaksanaan Pendidikan Dasar (DIKSAR) atau sekedar mengisi liburan bagi anggota-anggotanya. Saat ini, eksta kurikuler tersebut sedang tidak aktif.

Basket[sunting | sunting sumber]

Basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang. Olahraga ini juga menjadi salah satu kegiatan Ekstra Kurikuler (ekskul) di SMA Negeri 109 Jakarta

Sepak Bola[sunting | sunting sumber]

Sepak bola SMAN 109 Jakarta termasuk sebuah ekskul yang baru berdiri belakangan ini. Ekskul ini dipimpin oleh Bpk Wahyu sebagai pembinanya dan ketua ekskul saat ini adalah Hardi Guntas. Adapun Sepak Bola mempunyai pelatih yang merupakan alumni juga, yaitu Faris (Angk. 2001).

Voli[sunting | sunting sumber]

Pada awal lahirnya SMAN 109 Jakarta, voli pernah menjadi salah satu ekskul di SMAN 109 Jakarta, setidak pada tahun 1994-1995 para anggota ekskul voli masih secara rutin melakukan latihan dihari minggu pagi.

Pencak Silat "ABUSUJA"[sunting | sunting sumber]

Pencak silat atau silat ("seni olah raga bela diri diri") ialah seni bela diri Asia yang berakar dari budaya Melayu. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia di bawah naungan IPSI ( Ikatan Pencak Silat Indonesia ).Untuk saat ini Pencak Silat sudah diakui oleh dunia,ini terbukti dengan adanya cabang olah raga Pencak Silat di OLIMPIADE. Di SMA Negeri 109 Jakarta, perguruan silat yang ada ialah ABU SUJA. ABU SUJA itu sendiri adalah seni olah raga bela diri yang memadukan gerak silat dengan tenaga dalam murni yang dihasilkan dari teknik tata olah gerak napas yang teratur.

Cheerleaders "BREEZY"[sunting | sunting sumber]

Pemandu sorak atau Cheerleaders, berawal dari hobby menari dari beberapa siswi kelas satu Angkatan '97 pada tahun 1994, maka tercetuslah ide mendirikan sebuah team cheerleaders SMA Negeri 109 Jakarta. Pada saat itu angota team dipilih melalui sebuah audisi kecil-kecilan. Setelah terkumpul sekitar dua belas orang siswi maka berdirilah team cheerleaders SMA Negeri 109 Jakarta yang diberi nama CIXERS. Beberapa prestasi yang pernah diraih CIXERS antara lain: Juara 1 Cheerleading Competition se-Jakarta Selatan, Juara 1 Kontes Goyang Calippo tingkat DKI Jakarta, Juara harapan 1 Kontes Goyang Calippo tingkat Nasional. Pada tahun 2012, nama team cheerleaders SMA Negeri 109 Jakarta telah diubah menjadi BREEZY

Paduan Suara "Bahana Nada"[sunting | sunting sumber]

PDS atau Paduan Suara merupakan suatu ekstra kurikuler bagi yang berminat pada tarik suara. Setiap hari Senin PDS selalu mengiringi jalannya Upacara Bendera.

Fotografi[sunting | sunting sumber]

Fotografi adalah suatu ekstra kurikuler bagi yang berminat pada seni foto maupun video. Ekstra kurikuler ini dibentuk pada tahun 2012.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Prestasi Waktu Tempat Event Wakil
Pembawa Api PON XIII Jakarta September 1993 Jakarta PON XIII Jakarta EKA PASERS; Badai Cikarai, Tirta Ganawana
Pendakian Puncak Gunung Gede, Jawa Barat 1995 Taman Nasional, Gunung Gede, Jawa Barat Pendidikan Dasar II EKA PASERS, Tapak Sakerti EKA PASERS; Tapak Sakerti, Tirta Ganawana
Juara II Lomba Lintas Sejarah Agustus 1995 Taman Mini Indonesia Indah Lomba Lintas Sejarah EKA PASERS; Tapak Sakerti
Juara 1 Cheerleading Competition se-Jakarta Selatan 1995 Jakarta Selatan Cheerleading Competition se-Jakarta Selatan CIXERS Cheerleaders
Juara 1 Kontes Goyang Calippo tingkat DKI Jakarta 1995 Jakarta Kontes Goyang Calippo tingkat DKI Jakarta CIXERS Cheerleaders
Juara harapan 1 Kontes Goyang Calippo tingkat Nasional 1995 Jakarta Kontes Goyang Calippo tingkat Nasional CIXERS Cheerleaders
Juara II Kebut Gunung Gede 2008 Bogor Lomba Kebut Gunung Gede 2008 EKA PASERS

Komunitas SMA Negeri 109 Jakarta[sunting | sunting sumber]

Sejak resmi berdiri 15 Juni 1991, SMAN 109 Jakarta telah melahirkan ribuan alumni yang tersebar diberbagai penjuru dunia. Komunitas SMA Negeri 109 Jakarta adalah suatu bentuk ikatan yang secara informal menyatukan keluarga besar SMAN 109 Jakarta.

Blog Komunitas SMA Negeri 109 Jakarta[sunting | sunting sumber]

Blog Komunitas SMA Negeri 109 Jakarta di rintis oleh alumni SMAN 109 Jakarta sejak Tahun 2006, secara resmi online sejak 31 Mei 2006, namun demikian blog ini belum diakui secara resmi oleh pihak sekolah. Meskipun terdapat artikel yang terkait dengan SMA Negeri 109 Jakarta, namun umumnya isi artikel dalam Blog Komunitas SMA Negeri 109 Jakarta bersifat sangat umum namun tetap mengandung nilai pendidikan. Dibulan April 2007 Blog Komunitas SMA Negeri 109 Jakarta berhasil mencapai 40 besar ranking Blog Indonesia.

Mailing List Komunitas SMA Negeri 109 Jakarta[sunting | sunting sumber]

Di Internet dapat ditemui sebuah Mailing List Komunitas SMA Negeri 109 Jakarta menggunakan Yahoo! Groups fasilitas dari Yahoo! Asia dengan alamat email cixers@yahoogroups.com. Meskipun milis ini tidak dibuat secara resmi oleh pihak SMA Negeri 109 Jakarta, namun para Alumni dan Siswa SMAN 109 Jakarta banyak yang mengikuti maling list ini. Dalam milis tersebut, Komunitas SMA Negeri 109 Jakarta saling bertukar informasi dan diskusi.

Ikatan Alumni[sunting | sunting sumber]

Pada hari Sabtu, 17 Januari 2009, komunitas SMAN 109 Jakarta mengukuhkan Ikatan Alumni yang bernama BAMBU dalam sebuah Reuni Akbar pertama di Hotel Bumi Wiyata, Depok. Nama BAMBU itu sendiri diambil dari kependekan "Bersama Alumni Mari Berbagi Upaya". Namun demikian BAMBU tidak sekedar dilihat sebagai sebuah kependekan (singkatan), filosofi bambu sebagai tanaman yang fleksibel jika tertiup angin, akan bergerak mengikuti arah angin itu bertiup tapi tidak akan roboh, serta bermanfaaat bagi umat manusia karena kegunaanya yang multi fungsi juga diusung sebagai semangat Ikatan Alumni SMAN 109 Jakarta.

Tokoh / Artis[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]