SMA Negeri 1 Semarapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Semarapura
Ekasma
Informasi
Didirikan 1963 (Resmi menjadi sekolah negeri 1 Agustus 1964)
Jenis Sekolah Menengah Atas Negeri
Maskot Burung Hantu
Kepala Sekolah Drs. I Wayan Mudjarta
Jumlah kelas X, XI, XII
Program/jurusan/
peminatan
IPA, IPB dan IPS
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa 720 siswa
Status Negeri
Alamat
Lokasi Jalan Flamboyan No. 63, Semarapura, Bali, Indonesia

SMA N 1 Semarapura adalah salah satu Sekolah Menengah Atas yang berada di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. SMA N 1 Semarapura berdiri di lahan seluas 65,5 are. SMA N 1 Semarapura biasa disebut Ekasma sebagai akronim SMA N 1 Semarapura. Sistem tingkat pendidikan di SMA N 1 Semarapura sama seperti sistem tingkat pada umumnya di Indonesia yaitu 3 tingkat dalam 3 tahun pelajaran (kelas X, XI dan XII).

Baris terlekuk Pada tahun 2007 SMA N 1 Semarapura sudah mulai menggunakkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA N 1 Semarapura pada awalnya merupakan sekolah swasta yang bernama Panca Wardhana berdiri pada tahun 1963. Tahun 1964 Sekolah Panca Wardhana berubah nama menjadi SMA Negeri Klungkung, perubahan nama ini merupakan akibat berubahnya sekolah swasta Panca Wardhana menjadi Sekolah Menengah Atas negeri pertama di Kabupaten Klungkung, ini dikarenakan belum adanya sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Klungkung. SMA Negeri Klungkung berubah nama menjadi SMA N 1 Klungkung setelah beberapa tahun. Pada tanggal 7 Maret 1997 setelah dikeluarkannya SK Mendikbud Republik Indonesia Nomor : 035/0/1997 secara resmi terjadi perubahan nomenklatur SMA Negeri 1 Klungkung menjadi SMU Negeri 1 Semarapura. Terjadi perubahan lagi setelah beberapa tahun berubah nama, SMU N 1 Semarapura berubah nama kembali menjadi SMA N 1 Semarapura sampai sekarang.

Periode Kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Dari awal berdirinya, SMA N 1 Semarapura sudah dipimpin oleh Kepala Sekolah yang berdedikasi tinggi. Awal diresmikannya SMA ini menjadi sekolah negeri sudah posisi kepala sekolah diisi oleh I Wayan Mudera, BA. Dilanjutkan oleh Drs. I Wayan Sukrata. Kemudian dilanjutkan oleh Drs. I Wayan Sudiana. Periode keempat dipimpin oleh Drs. I Dewa Gde Gulem, BA (alm), periode selanjutnya dipimpin oleh Drs. I Wayan Suarya. Kemudian digantikan oleh I Dewa Nyoman Alit, S. Pd. Pada tahun 2008 yaitu periode ketujuh dan sampai saat ini, SMA Negeri 1 Semarapura dipimpin oleh Drs. I Nyoman Mudjarta M.Pd.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Adapun fasilitas yang dimiliki SMA N 1 Semarapura untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar beberapa diantaranya:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Untuk mengembangkan bakat para siswa SMA N 1 Semarapura, SMA N 1 Semarapura melaksanakan program ekstakurikuler, beberapa diantaranya :

Referensi[sunting | sunting sumber]