Frekuensi super rendah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari SLF)
Pembagian dari Frekuensi radio :
Frekuensi amat rendah - Frekuensi super rendah - Frekuensi ultra rendah - Frekuensi sangat rendah - Frekuensi rendah - Frekuensi sedang - Frekuensi tinggi - Frekuensi sangat tinggi - Frekuensi ultra tinggi - Frekuensi super tinggi - Frekuensi amat tinggi

Super Low Frequency (SLF) atau Frekuensi super rendah ialah jarak frekuensi antara 30 hertz dan 300 hertz. Jarak frekuensi ini termasuk frekuensi jaringan daya arus searah (50 hertz dan 60 hertz).

Radio Saguine (Amerika Serikat) menggunakan jarak frekuensi ini dari 76 hertz dan ZEVS (Rusia) pada 82 hertz beroperasi dalam kisaran ini, yang sering secara keliru disebut sebagai Extremely Low Frequency (ELF). Keduanya menyediakan layanan komunikasi untuk kapal selam di kedalaman. Ada rumor bahwa akan ada pemancar yang sebanding di Berlin Tempelhof, dinamai teddybaer, tetapi konfirmasinya kurang.

PC dengan kartu suara terpadu banyak digunakan sebagai pengganti receiver radio untuk kisaran frekuensi ini, karena ukurannya yang kecil dan biaya yang rendah. Sinyal yang diterima kartu suara dengan kumparan atau kabel antena dianalisis oleh perangkat lunak algoritme Fast Fourier Transform dan diubah ke dalam suara yang dapat didengar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]