SD Putra I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


SD Putra I
Sekolah Dasar Putra I
Informasi
JenisSwasta
Nomor Statistik Sekolah104016403124
Nomor Pokok Sekolah Nasional20109176
Jumlah siswa433 2010
StatusAktif
Alamat
LokasiKomp. Dep. P.U. Jl. Inspeksi Saluran No 1 Kalimalang, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia Indonesia
Situs webSD Putra I pada Data Sekolah Kementerian Pendidikan Nasional, Republik Indonesia 2010 / 2011
Moto

SD Putra I atau nama lengkapnya Sekolah Dasar Putra I merupakan sebuah Sekolah Dasar Swasta yang terletak di Komp. Dep. P.U. Jl. Inspeksi Saluran No 1 Kalimalang, Jakarta Timur, Indonesia.

Sekolah Dasar Putra I memiliki kode NPSN 20109176 dan kode NSS 104016403124. Pada 2010, SD Putra I memiliki 216 pelajar lelaki dan 217 pelajar perempuan, menjadikan jumlah keseluruhan murid sebanyak 433 orang.2010

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SD PUTRA I,dulu pada awalnya didirikan oleh rukun ibu warga Dept. Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (RIW – PUTL) pada tahun 1973. Lahir di tengah-tengah kebutuhan yang mendesak akan sarana dan prasarana pendidikan dasar yang representatif bagi putra-putri keluarga lingkungan komplek PU Kalimalang, Jakarta Timur.

Dalam perkembangannya SD PUTRA I menjadi sekolah umum yang bertujuan membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan pembangunan manusia seutuhnya melalui jalur pendidikan sehingga SD PUTRA I diminati oleh masyarakat umum.

Semula penampilan sekolah SD PUTRA I amatlah bersahaja, penuh tantangan karena jumlah murid dan tenaga pengajar serta peralatannya serba terbatas. Bahkan sarana ruang belajar yang digunakan berupa gudang seng milik Proyek Irigasi Jatiluhur (Prosijat). Sampai pada akhirnya Prosijat membangun gedung sekolah baru seluas 1.600 m2, yang peresmiannya dilakukan oleh Ny. Marjati Sutami pada tanggal 3 Desember 1974. Kini SD PUTRA I keberadaannya semakin mantap dan diperhitungkan. Hal ini terlihat dari besarnya minat masyarakat untuk menyekolahkan putranya ke sekolah ini.

Setiap tahun ajaran baru, dapat dipastikan sekolah ini selalu kebanjiran peminat (walaupun tanpa promosi). Dari daya tampung PMB (Penerimaan Murid Baru) sebanyak 90 anak (3 kelas) minimal peserta tesnya sebanyak dua kali lipat dari daya tampung tersebut.

Memasuki usia yang ke-30 kemampuan di bidang akademis justru ditingkatkan sehingga menghantarkan SD PUTRA I masuk dalam ajaran SD terkemuka di kecamatan Jatinegara, bahkan di DKI Jakarta. Hal ini terlihat dari prestasi hasil lulusannya dengan Nilai Ujian Nasional rata-rata di atas 8,0. Selain itu juga didukung prestasi di bidang non akademis seperti juara dibidang paduan suara, lukis, lomba mata pelajaran dan lain sebagainya. Prestasi tersebut membuat SD PUTRA I semakin terkenal dan menjadi tumpuan harapan bagi Orang tua murid.

Terlebih lagi sejak tahun 2000 SD PUTRA I telah memiliki laboratorium komputer yang digunakan sebagai sarana pendidikan komputer bagi siswa kelas I s/d kelas VI. Pengurus Unit Usaha SD PUTRA I selaku management pengembangan sekolah selalu pro aktif dalam meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana, sehingga terjadi sinergi antara proses edukatif yang berkualitas dan didukung sarana yang sangat memadai. Hal ini terimplementasi sejak tahun 2004 management sekolah telah membangun laboratorium bahasa, laboratorium sains, dan ruang multimedia serta melengkapi seluruh ruang belajar di SD PUTRA I dengan sistem pendingin ( AC ), bahkan saat ini untuk pembelajaran internet, SD Putra I, telah server ke tiap Ruang Kelas.

Ke depan SD PUTRA I bertekad untuk senantiasa bekerja keras dalam mengemban misi utamanya yakni ingin menjadi sekolah terkemuka yang tumbuh dan berkembang secara sehat, dinamis, dan berkesinambungan sebagai sekolah dasar Unggulan sehingga mencapai prestasi dan citra yang baik melalui produk lulusan yang berkualitas. Di samping itu SD PUTRA I juga akan tetap mempertahankan ciri khasnya yaitu mengembangkan metode pendidikan yang baik dan penerapan disiplin yang tinggi namun tetap bernuansa familiar, sehingga Orang tua murid merasa tenang dan nyaman menyekolahkan putranya di SD PUTRA I.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

SD PUTRA 1 memiliki fasilitas cukup lengkap seperti AC,perpustakaan,lab komputer,ruang audio,dan banyak lagi.SD PUTRA 1 sangat menjunjung tinggi kebersihan dalam penggunaan fasilitas sd swasta ini.SD PUTRA juga memiliki OB yang ramah.Murid pun tidak ada yang mengotori lingkungan sd ini karena sudah ditetapkan aturan yang mengatur keindahan dan kebersihan sd ini.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Di SD Putra I terdapat banyak ekstrakurikuler, seperti Futsal, Basket, Padus (Paduan Suara), Taekwondo,dll. Lalu ada juga ekstrakurikuler Komputer yang baru baru ini dikembangkan. Tim Futsal SD Putra I, memiliki kualitas yang cukup baik. Sedangkan ada Tim Basket yang baru baru ini mengikuti Kejuaraan Basket tingkat SD.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]