SD Muhammadiyah 24

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SD Muhammadiyah 24
Sekolah Dasar Muhammadiyah 24
Logo default Sekolah Muhammadiyah
Informasi
Jenis Swasta
Nomor Statistik Sekolah 104016402065
Nomor Pokok Sekolah Nasional 20109150
Jumlah siswa 621 2010
Status Aktif
Alamat
Lokasi Jl. Balai Pustaka Barat No. 2, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Bendera Indonesia Indonesia
Situs web SD Muhammadiyah 24 pada Data Sekolah Kementerian Pendidikan Nasional, Republik Indonesia 2010 / 2011

SD Muhammadiyah 24 atau nama lengkapnya Sekolah Dasar Muhammadiyah 24 merupakan sebuah Sekolah Dasar Swasta yang terletak di Jl. Balai Pustaka Barat No. 2, Jakarta Timur, Indonesia.

Sekolah Dasar Muhammadiyah 24 memiliki kode NPSN 20109150 dan kod NSS 104016402065. Pada 2010, SD Muhammadiyah 24 memiliki 321 pelajar lelaki dan 300 pelajar perempuan, menjadikan jumlah keseluruhan murid sebanyak 621 orang. 2010

Alamat[sunting | sunting sumber]

Sekolah Dasar Muhammadiyah 24
Jl. Balai Pustaka Barat No. 2, Jakarta Timur, DKI Jakarta
Telefon =
Fax =


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekolah yang pada awal berdirinya tanggal 1 Februari 1970 yang diberinama SD Islam. karena pengaruh politik pada saat itu maka diubahlah namanya menjadi SD Muhammadiyah 24 Rawamangun.

Sekolah Dasar Muhammadiyah 24 Rawamangun pada saat itu hanya mempunyai 16 siswa-siswi dan satu orang guru dengan menempati gedung yang dibangun oleh pemda DKI Jakarta bersama-sama TK Aisyiyah dan madrasah pada saat itu .

SD Muhmmadiyah 24 Rawamangun mengutamakan akhlak, budi pekerti dan agama. SD Muhammadiyah 24 Rawamangun terletak di Jl. Balai Pustaka Barat, No.2, Kel.Rawamangun, Kec. Pulogadung, Jakarta Timur yang sekaligus terletak dalam satu Komplek Perguruan Muhammadiyah Cabang Rawamangun.

Tahun demi tahun terus mengalami peningkatan jumlah muridnya yang mengembirakan. SDM 24 Rawamangun saat ini memiliki murid berjumlah 720 lebih siswa-siswinya yang terbagi menjadi 18 ruangan kelas, dari kelas 1 sampai kelas 6 yang masing –masing terdiri dari 3 kelas paralel dengan jumlah guru 36 orang, Tata Usaha 2orang, Pesuruh 2 orang, dan 6 orang petugas Cleaning Service.

SDM 24 Rawamangun yang berada dibawah naungan organisasi Muhammadiyah yang merupakan ormas terbesar ke 2 ditanah air ini, dari sejak berdirinya sampai sekarang sudak dipimpin sebanyak 18 orang kepala sekolah dan wakilnya. serta mempunyai guru-guru yang professional dibidangnya masing-masing dengan pendidikan sarjana 1, dan sarjana 2.

Muhammadiyah yang merupakan oraganisasi amal ma’ruf nahi munkar yang menitik beratkan pada amal usha dan pendidikan dengan mendirikan lembaga-lembaga formal dan non formal dengan tujuan membentuk manusia bertaqwa,berkualitas, cerdas, damai, terbuka, demokratik dan mampu bersaing dikancah global.

Tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU RI No.20 tahun 2003 pasal 3 “ berkembangnya potensi anak didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa,kepada Tuhan YME berahlak mulia sehat, berilmu cakap kretaif mandiri dan menjadi warga yang kreatif dan bertanggung jawab".

Sejalan dengan tujuan tersebut SD Muhammaduyah 24 rawangun terpanggil untuk ikut mempercepat terwujudnya pendidikan nasional dan merealisasikan tujuan pendidikan Muhammadiyah dengan cara meningkatkan sumber daya manusia yang tangguh dan unggul sesuai dengan visi pendidikan yang dimilikinya yaitu menyiapkan generasi masa depan yang mampu bersaing dalam era globalisasi yang kokoh dalam aqidah, anggun dalam moral, dan unggul dalam prestasi.

SDM 24 yang juga memiliki misi antara lain meningkatkan keislaman siswa, mengembangkan wawasan ke-Indonesiaan siswa, memiliki kemapuan untuk berkopetensi, dalam keilmuan dan teknologi serta menyiapkan siswa untuk mempunyai kesadaran daya juang tinggi serta kebiasaan istiqomah dalam bersikap, SDM 24 Rawamangun yg tidak saja memiliki fasilitas pendidikan yang cukup lengkap dengan jumlah muridnya yang relatif banyak yang juga mengutamakan pendidikan agama islam bukan berarti tanpa berprestasi dibidang lainnya, ini terjawab dengan :

- Keikut sertaan olipiade MIPA tingkat Nasional.

- Terbaik 1,2,23 dan 30 pencapaian jumlah nilai USBN tahun 2007-2008 ditingkat propinsi DKI Jakarta.

- Juara II Math Competition tingkat kecamatan.

- Juara III Math Competition tingkat kotamadya.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Untuk menunjang kegiatan pembelajaran siswa,SD Muhammadiyah 24 menyediakan berbagai fasilitas diantaranya:

1. Building

- Gedung 4 Lantai

- 1 Masjid, 2 lantai (dapat menampung kurang lebih 800 orang).

- 18 Ruang Kelas (Full AC & dispenser air).

- 1 Aula Pertemuan

- 1 Lab IPA

- 1 Lab Komputer

- 1 Ruang Multimedia

- 2 Lapangan Olahraga

- 1 Basement untuk parkir

- 1 Klinik Kesehatan


2. Non-Building

- Mobil Jemputan

- KYHAD (Bimbingan Belajar)

Kesiswaan[sunting | sunting sumber]

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Untuk mengembangkan kreatifitas, sosialisasi, dan pengetahuan siswa, SD Muhammadiyah 24 mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya:

A.Pastara (Pasukan Tata Upacara) Dos-q 24 B.Futsal

C.Bola Basket

D.Dokter Kecil

E.Qiraatul Qur'an

F.Tapak Suci Putra Muhammadiyah

G.Hizbul Wathan (Pramuka)

H.Seni Tari

I.Seni Lukis

J.Olimpiade (Siswa yang sudah dilatih khusus untuk menghadapi olimpiade MIPA).

K.Marawis

L.Paduan Suara

M.Iqra' (Untuk kelas 1-3)

N.Marching Band

O.Angklung

P.Tenis Meja

Q.Pendalaman Materi (Wajib kelas 6)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]