SAI Quiet Supersonic Transport

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Qsst.jpg

SAI Quiet Supersonic Transport adalah proyek oleh Supersonic Aerospace International (SAI) untuk mengembangkan jet supersonik bisnis komersial.

Lockheed Martin Skunk Works mulai mengembangkan QSST Mei 2001 di bawah kontrak $ 25 juta dari SAI.

Dirancang untuk cruise pada ketinggian 60.000 kaki dengan kecepatan Mach 1,6-1,8 dengan kisaran 4.600 mil, dua-mesin pesawat sayap tinggi (high wing) camar dirancang untuk membuat sonic boom hanya 1 % sekuat yang dihasilkan oleh Concorde.

SAI mengundang proposal mesin dari General Electric, Pratt & Whitney dan Rolls -Royce. Masing-masing dari dua mesin yang QSST itu harus menghasilkan £ 33.000 dorong, Sebanding dengan kekuatan mesin untuk pesawat menengah. SAI telah merencanakan untuk memilih mesin setelah sebuah konsorsium internasional untuk memproduksi jet itu selesai, mencapai penerbangan pertama pada tahun 2017, dan mulai pengiriman pelanggan pada tahun 2018. Harga per pesawat diharapkan menjadi sekitar $ 80 juta.

QSST dirancang untuk menghasilkan sonic boom jauh lebih tenang daripada pesawat supersonik sebelumnya, diklaim 1/100 bahwa dari Concorde. Hasil ini dicapai dengan meningkatkan rasio panjang untuk sayap, menggunakan canards, dan memastikan bahwa gelombang tekanan individual yang dihasilkan oleh masing-masing bagian dari struktur pesawat memperkuat satu sama lain kurang signifikan, menghasilkan gemuruh cahaya di tanah tanpa sonic boom pantas seperti pesawat supersonik konvensional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]