Rustam Effendy Nainggolan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rustam Effendy Nainggolan
Sekretaris Daerah Sumatera Utara
Masa jabatan
2008 – 2010
PresidenSusilo Bambang Yudhoyono
GubernurSyamsul Arifin
Bupati Tapanuli Utara ke-19
Masa jabatan
1999 – 2004
Sekretaris Daerah Dairi ke-7
Masa jabatan
1996 – 1999
Sebelum
Pendahulu
Masal Munthe
Pengganti
Informasi pribadi
Lahir21 November 1950 (umur 73)
Pematang Siantar, Sumatera Utara
KebangsaanIndonesia
Partai politikGolkar
Suami/istriLinda Mariany br. Sihombing
Anak
  • Septa Glory Nainggolan
  • Gabriel Renjana Nainggolan
  • Vera Reni Nainggolan
  • Gaza Renato Nainggolan
Alma materUniversitas Sumatera Utara
PekerjaanPolitisi
Birokrat
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Dr. Drs. Rustam Effendy Nainggolan, M.M. (disingkat sebagai R.E. Nainggolan; lahir 21 November 1950) adalah seorang birokrat dan politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara dari tahun 2008 hingga 2010.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Saat kecil, keluarga R.E. Nainggolan kerap berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti ayahnya, seorang pegawai yang sering berpindah-pindah tugas. R.E. Nainggolan pernah tinggal di Pematangsiantar, Barus, Sibolga, dan Siborongborong. Ia sangat dekat dengan ibunya, seorang pedagang kecil (bahasa Batak Toba: parrengge-rengge) yang berkeliling dari pasar ke pasar.

Karier dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Karier[sunting | sunting sumber]

R.E. Nainggolan adalah seorang birokrat yang pernah menjadi Sekretaris Daerah Sumatera Utara. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi Bupati Tapanuli Utara dan Sekretaris Daerah Dairi. Sejak dulu, R.E. Nainggolan mengaku hanya mencita-citakan sebagai camat saja, posisi yang malah tidak pernah diraihnya.

Perjalanannya sebagai birokrat dimulai dengan menjadi staf di kantor kecamatan di Pahae Jae dan Siborongborong, kemudian menjadi Kepala Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Kepala Dinas Pendapatan, Asisten I Bidang Pemerintahan/Ekbang, dan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, semuanya di Tapanuli Utara. R.E. Nainggolan kemudian dipindahkan mengisi posisi Sekretaris Wilayah Daerah (Sekretaris Daerah) Kabupaten Dairi. Seusai menjabat sebagai di Dairi, R.E. Nainggolan dipilih menjadi Bupati Tapanuli Utara. Perjalanan kariernya berlanjut lagi menjadi Kepala Badan Informasi Komunikasi dan Kepala Bappeda Sumatera Utara. Puncaknya adalah ketika ia dipilih menjadi Sekretaris Daerah Sumatera Utara.

Pada akhir 2012, R.E. Nainggolan memutuskan untuk bertarung dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2013 sebagai calon wakil gubernur mendampingi Amri Tambunan, calon gubernur Sumatera Utara nomor urut 4.

Meskipun memiliki kesibukan sebagai birokrat, R.E. Nainggolan rajin mengikuti pendidikan dan pelatihan serta seminar. Pada beberapa kesempatan, ia menjadi pembicara untuk seminar-seminar.

Pendidikan[1][2][sunting | sunting sumber]

Penugasan, lokakarya, dan pendidikan penjenjangan[2][3][sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa penghargaan yang pernah diraih oleh R.E. Nainggolan adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
T.M.H. Sinaga
Bupati Tapanuli Utara
1999—2004
Diteruskan oleh:
Torang Lumbantobing