Russian Red

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Russian Red
Russian Red-11.jpg
Latar belakang
Lahir 20 November 1985
Asal Madrid, Spanyol
Genre Indie, Folk
Pekerjaan Penyanyi, Penulis Lagu
Tahun aktif 2007–sekarang
Label Octubre / Sony Music Entertainment
Situs web http://www.russianred.es/

Russian Red (lahir di Madrid, Spanyol, 20 November 1985; umur 29 tahun) adalah nama panggung untuk penyanyi indie dan folk asal Spanyol bernama Lourdes Hernández.[1] Meskipun berkebangsaan dan lahir di Spanyol, Lourdes menulis dan menyanyikan lagu-lagunya dalam bahasa Inggris karena ia lebih menyukai musik-musik berbahasa Inggris dibandingkan musik berbahasa Spanyol. Dalam bermusik, Lourdes terinpsirasi dari seorang penyanyi asal Kanada bernama Feist.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lourdes mulai menggunakan nama Russian Red sebagai nama panggung ketika ia bertemu dengan Brian Hunt, seorang musisi berdarah Inggris dan Spanyol, yang membantunya merekam beberapa demo (termasuk lagu berjudul "Reason", "The Night of the Paper", dan "Sadie") yang membuat halaman MySpace miliknya dikunjungi lebih dari 70 ribu pengunjung selama tahun 2008.[2] Nama Russian Red sendiri diambil dari warna lipstik yang biasa Lourdes pakai.

Lama-kelamaan, Lourdes mulai dikenal sebagai penyanyi indie di Spanyol, dan telah tampil dalam lebih dari 60 acara selama tahun 2007.[3]

2008: I Love Your Glasses[sunting | sunting sumber]

Seorang produser asal Spanyol bernama Fernando Vacas, memintanya untuk merekam sebuah album studio lewat label rekaman miliknya yang bernama Eureka. Lourdes pun menerima tawaran Fernando dan merekam album debutnya yang berjudul I Love Your Glasses. Tanpa diduga, album yang dirilis pada tahun 2008 itu laris manis di pasaran.[4] Selain itu, situs bernama lafonoteca, membuat sebuah resensi terhadap album ini dan memberikan penilaian empat bintang.[5]

2011: Fuerteventura[sunting | sunting sumber]

Setelah merilis album debutnya, I Love Your Glasses, Russian Red menjadi terkenal di Spanyol. Di akhir tahun 2010 Russian Red menandatangani kontrak bersama Octubre dari Sony Music. Pada bulan Mei 2011, ia merilis album keduanya yang berjudul Fuerteventura pada tanggal 10 Mei 2011. Di waktu yang sama, ia telah menjalani tur di beberapa negara di benua Asia diantaranya Cina, Taiwan, Hongkong dan Korea. Selain itu, ia juga menyanyikan ulang lagu Elvis Presley yang berjudul "Love Me Tender" dan merilis versinya sebagai salah satu lagu bonus di edisi spesial album Fuerteventura. Dalam menggarap album Fuerteventura, Lourdes melakukan sesi rekaman di Glasgow, Skotlandia.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album
Singel

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ malagahoy.es Ha nacido una estrella
  2. ^ plus.es El álbum de la semana en plus.es
  3. ^ primaverasound.com Ficha de la artista en primaverasound.com
  4. ^ lafonoteca.net Biografía de Russian Red en Lafonoteca.net
  5. ^ lafonoteca.net I Love Your Glasses

Pranala luar[sunting | sunting sumber]