Rumah Sakit Advent Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Rumah Sakit Advent Bandung adalah sebuah rumah sakit yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Rumah Sakit Advent Bandung adalah bagian dari jaringan pelayanan kesehatan "Adventist Health System Asia" (AHS/A), yang mengelola lembaga kesehatan Advent di kawasan Asia Pasifik Selatan, dengan kantor pusat di Cavite, Filipina. Di seluruh dunia, AHS melayani 68 negara dengan 65.000 karyawan yang terbagi di 165 rumah sakit dan 345 klinik kesehatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rumah Sakit Advent Bandung didirikan tanggal 2 Oktober 1950 oleh Donald N. Holm seorang dokter dan missionaris Gereja Advent. Pada awalnya Rumah Sakit Advent berlokasi di Jalan Tamansari 40, Bandung tempat tinggal bekas orang Belanda yang diubah menjadi fasilitas kesehatan dengan kapasitas 24 tempat tidur.

Rumah Sakit ini kemudian berkembang sehingga tahun 1953, kemudian rumah sakit membeli tambahan tanah untuk mendirikan bangunan rumah tinggal pegawai medis dan fasilitas kesehatan lainnya. Karena respons positif dari masyarakat sekitar maka tahun 1960 Rumah Sakit Advent telah berkembang hingga 110 tempat tidur. Untuk melayani masyarakat lebih luas lagi Rumah sakit Advent dipindahkan ke Jalan Cihampelas 161, tempat yang lebih stategis dan lebih luas. Pada tanggal 24 Januari 1963 Ibu Negara Hartini Soekarno meresmikan gedung rumah sakit bertinggat 3 dengan kapasitas 150 tempat tidur.

Selama bertahun-tahun Rumah Sakit Advent dikenal dengan "the American Hospital" sebab kebanyakan dokter-dokternya berasal dari Amerika Serikat. Tahun 1970 kepemimpinan rumah sakit dialihkan pada putra Indonesia. Dr. Henry Novak adalah doktor bangsa asing terakhir yang menjadi pimpinan Rumah Sakit Advent Bandung.

Tahun 1990 Rumah Sakit Advent adalah salah satu rumah sakit terbaik dalam fasilitas kesehatan. Satu ruang eksekutif dan 2 ruang VIP diresmikan pada bulan April 2000, kemudian 10 ruang VIP ditambah pada tahun 1997, sehingga rumah sakit ini berkapasitas 215 tempat tidur.

Bulan September 2000 didirikan 2 tingkat Pusat Rawat jalan dan The Newstart Plaza. Tahun 2003 ditambah satu wing di lantai 3 untuk 3 ruang rawat inap dan 6 ruang Super VIP.

Rumah Sakit Advent Bandung adalah salah satu dari 500 rumah sakit dan klinik dalam jaringan Hospital and Clinics Network sedunia yang dikelola dan dimiliki oleh Gereja Masehi Advent hari Ketujuh.

Penghargaan dan Akreditasi[sunting | sunting sumber]

  • 1994 "Penampilan Terbaik", dalam bidang Penerapan Standar Pelayanan, Penampilan RS dan Penanggulangan Kanker.
  • 1986 "Penghargaan 1", penampilan kerja Rumah Sakit Se-Jawa Barat.
  • Akreditasi oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Akreditasi selama 12 tahun.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

  • Layanan Umum, Anesthesiology, Cardiology, Dermato-Venerology, Digestive, Endocrine, Gastroenterology, General Surgery, Internal Medicine, Nephrology (Kidney Disease), Neurology, Nutrition, Obstetrics and Gynecology, Oncology (Cancer), Opthamology, Orthopaedic, Otorhinolaryngology (ENT), Pediatrics, Pediatric Surgeon, Psychiatry and Mental Health, Psychology, Public Health, Pulmonology, Radiology, Spine, Tropical Infection, Urology.
  • Layanan Kesehatan, Medical Check-Up, Hemodialysis Unit, Rehabilitation, Spine Center, Emergency Care, Intensive Care, Home Care, One-Day Surgery, Charity Clinic.
  • Layanan Khusus, Pastoral Care, Community Health Education, Psychology Counseling.
  • Fasilitas Kesehatan, Kamar, Diagnostic Imaging, Treadmill, Klinik, Laboratorium, Apotek, ICU.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]