Rodolphe dari Bourgogne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Rudolph I (859 – 25 Oktober, 912) merupakan seorang Raja Burgundia (Atas atau Transjurane) semenjak pelantikannya pada tahun 888 sampai kematiannya.

Rudolph adalah anggota keluarga Welf Kuno dan adalah putra Conrad, Pangeran Auxerre, dari siapa ia mewarisi sebuah baira di St Maurice en Valais, membuatnya menjadi seorang tokoh terkemuka yang paling berkuasa di Burgundia Atas - yang sekarang adalah Swiss dan Franche-Comté.

Setelah penurunan tahta dan kematian Charles yang Gemuk, para nobel dan pemimpin klerus di Burgundia Atas bertemu di St Maurice dan memilih Rudolph sebagai raja. Tampaknya atas dasar pemilihan ini, Rudolph menuntut seluruh Lotharingia, mengambil banyak dari Lorraine modern dan Alsace - namun tuntutannya ditentang oleh Arnulf dari Carinthia, raja Francia Timur atau Jerman yang baru, yang dengan cepat mendesak Rudolph untuk mengabaikan Lotharingia sebagai ganti atas pengakuan sebagai raja Burgundia. Akan tetapi, pertikaian di antara Rudolph dan Arnulf sepertinya berlanjut sampai tahun 894.

Hubungan Rudolph dengan tetangga-tetangganya yang lain lebih bersahabat. Saudara perempuannya menikahi Richard yang Mengadili, adipati Burgundia (yang sekarang Burgundia, bagian dari Francia barat), dan putri-putrinya, Adelaide yang lain, menikahi Louis yang Buta dari Provence (Burgundia Bawah), dan Willa, menikahi Boso dari Toscana.

Rudolph digantikan oleh putranya, Rudolph II. Janda Rudolf I, Ratu Guilla, menikah pada tahun 912 dengan Hugh dari Arles.

Rudolph ini kerap dianggap sama dengan keponakannya Rudolph dari Perancis, yang merupakan Adipati Burgundia kedua dan Raja Perancis kesembilan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Pierre Riché, The Carolingians: a family who forged Europe (trans. Michael Idomir Allen, 1993, University of Pennsylvania Press. ISBN 0-8122-1342-4)
  • Timothy Reuter, Germany in the early Middle Ages (1991, Longman. ISBN 0-582-49034-0 )
Rodolphe dari Bourgogne
Lahir: 859 Wafat: 25 Oktober 912
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Charles yang Gemuk
sebagai Raja Francia Timur
Raja Burgundia
888 – 25 Oktober 912
Diteruskan oleh:
Rudolph II