Peluru kendali anti-tank

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rudal anti-tank)
Seorang prajurit menembakkan M47 Dragon.
Kendaraaan 9P157-2 dengan peluru kendali anti tank 9M123 Khrizantema (Хризантема).
Kornet-EM pada MAKS-2011.

Peluru kendali anti-tank (Inggris: anti-tank guided missile) adalah peluru kendali yang dirancang untuk menghancurkan tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya.

Ukuran ATGM bervariasi, mulai dari senjata yang ditembakkan dari bahu yang bisa dibawa satu prajurit, senjata yang lebih besar yang harus ditembakkan menggunakan tripod, sampai yang terpasang dan ditembakkan dari kendaraan dan pesawat udara.

Dengan diperkenalkannya ATGM lebih kecil yang mampu membawa hulu ledak yang lebih besar pada medan perang modern membuat infanteri memiliki kemampuan untuk menghancurkan tank tempur utama yang kuat dari jarak yang sangat jauh, dan biasanya pada tembakan pertama.[1][2] Senjata-senjata infanteri sebelumnya seperti senapan anti-tank, roket anti-tank, dan ranjau darat magnetik memiliki daya tembus baja yang lemah dan/atau mengharuskan seorang prajurit untuk berada di dekat target.

Generasi pertama adalah peluru kendali dengan sistem perintah kendali MCLOS, rudal seperti AT-3 Sagger yang membutuhkan input dari operator dengan menggunakan joystick atau alat sejenis. Generasi kedua adalah sistem perintah kendali semi otomatis SACLOS yang mengharuskan operator untuk terus membidik target sampai rudal berhasil mengenainya. Perintah kendali ini disampaikan dengan menggunakan kawat atau radio, atau bertumpu pada jalur laser atau kamera yang terpasang pada hidung rudal. Contohnya adalah rudal BGM-71 TOW dan AGM-114 Hellfire. Generasi ketiga hanya menggunakan laser atau kamera yang terpasang pada hidung rudal. Model-model terbaru seperti FGM-148 Javelin Amerika Serikat dan Nag (rudal) India menggunakan prinsip "tembak-dan-lupakan".

Senjata anti-tank seperti bazoka dan RPG tidak termasuk ATGM, karena proyektilnya tidak dikendalikan.

Rudal Anti Tank Javelin milik Angkatan Bersenjata Amerika serikat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perang dunia II[sunting | sunting sumber]

Jerman mengembangkan desain rudal anti tank berpemandu kawat yang berasal dari konsep rudal udara ke udara Ruhrstahl X-4 pada tahun-tahun terakhir Perang Dunia II. Dikenal sebagai X-7, pesawat ini mungkin tidak pernah digunakan dalam pertempuran dan diduga memiliki panduan serius untuk mengatasi masalah. Pesawat ini tidak pernah masuk layanan, meskipun hanya sedikit yang diproduksi.

Awal Perang Dingin: ATGM generasi pertama[sunting | sunting sumber]

ATGM generasi pertama menggunakan jenis panduan perintah yang disebut manual command to line of sight (MCLOS). Hal ini memerlukan masukan terus menerus dari operator yang menggunakan joystick atau sistem kontrol serupa untuk mengarahkan rudal ke sasaran. Salah satu kelemahan dari hal ini adalah bahwa operator harus menjaga garis bidik bidik tetap pada sasaran dan kemudian mengarahkan rudal ke garis bidik, yaitu garis pandang. Untuk melakukan hal ini, seorang operator harus terlatih dengan baik (menghabiskan waktu berjam-jam di simulator) dan harus tetap diam dan selalu melihat target selama waktu penerbangan rudal. Oleh karena itu, operator menjadi rentan saat mengarahkan rudal. Selain probabilitas membunuh yang rendah, masalah lain dengan ATGM generasi pertama termasuk kecepatan rudal yang lambat, jangkauan efektif minimum yang tinggi, dan ketidakmampuan untuk menggunakan rudal serangan atas.

Sistem pertama yang beroperasi dan dapat digunakan dalam pertempuran adalah Nord SS.10 Prancis pada awal 1950-an. Rudal ini mulai digunakan oleh Angkatan Darat Perancis pada tahun 1955. Rudal ini juga merupakan rudal anti-tank pertama yang digunakan oleh Angkatan Darat AS dan Pasukan Pertahanan Israel. Rudal Malkara (dinamai dari kata Aborigin Australia yang berarti "perisai") adalah salah satu ATGM paling awal. Rudal ini dikembangkan bersama oleh Australia dan Inggris antara tahun 1951 dan 1954, dan beroperasi sejak tahun 1958 hingga secara bertahap digantikan oleh rudal Vickers Vigilant pada akhir tahun 1960an. Senjata ini dimaksudkan agar cukup ringan untuk digunakan oleh pasukan lintas udara, namun cukup kuat untuk melumpuhkan tank mana pun yang sedang bertugas. Rudal ini menggunakan hulu ledak kepala labu berdaya ledak tinggi (HESH) seberat 26 kilogram (57 lb). ATGM generasi pertama awal lainnya termasuk Cobra Jerman Barat dan Malyutka 9M14 Soviet.

Pada tahun 2012, sistem generasi pertama digambarkan sudah usang karena kemungkinan serangan yang rendah, terbatasnya kemampuan untuk menembus armor baju besi modern, dan masalah lainnya. Namun, banyak negara yang masih menyimpan persediaan dalam jumlah besar. Kira-kira, ATGM generasi pertama memiliki jangkauan efektif 1500m dan kemampuan menembus lapis baja homogen setebal 500mm.

Perang Dingin Akhir: ATGM generasi kedua[sunting | sunting sumber]

Rudal semi-otomatis yang dipandu ke garis pandang, atau semi-automatic command to line of sight (SACLOS) generasi kedua mengharuskan operator untuk hanya menjaga pandangan pada target sampai terjadi benturan. Perintah panduan otomatis dikirim ke rudal melalui kabel atau radio, atau rudal bergantung pada penandaan laser atau tampilan kamera TV dari hidung rudal. Contohnya adalah Kornet 9M133 Rusia, LAHAT Israel, Spike versi NLOS, dan rudal Hellfire I Amerika. Operator harus tetap diam selama penerbangan rudal. ATGM yang paling banyak digunakan sepanjang masa, BGM-71 TOW Amerika, dengan ratusan ribu rudal yang dibangun, adalah sistem generasi kedua.

ATGM generasi kedua jauh lebih mudah digunakan dibandingkan sistem generasi pertama, dan tingkat akurasinya bisa melebihi 90%. Umumnya mereka memiliki jangkauan efektif antara 2.500 dan 5.500 meter dan penetrasi armor hingga 900 mm. Biayanya sekitar $10.000 USD per rudal.

Pasca Perang Dingin: ATGM generasi ketiga dan yang lebih baru[sunting | sunting sumber]

Rudal HJ-12 (Red Arrow-12) dipamerkan di IDEX 2017
Rudal anti-tank jarak menengah OMTAS dari Roketsan di IDEF 2015
MPATGM diluncurkan dalam konfigurasi akhir
Komponen rudal
Sebuah Javelin ditembakkan oleh tentara AS di Yordania selama Eager Lion 2019
Jalur penerbangan serangan langsung.
Direct attack flight path.

Rudal "tembak dan lupakan" generasi ketiga mengandalkan laser, pencari pencitraan elektro-optik (IIR) atau pencari radar pita W di hidung rudal. Setelah target teridentifikasi, rudal tidak memerlukan panduan lebih lanjut selama penerbangan; itu adalah "tembak-dan-lupakan", dan operator rudal bebas untuk mundur. Namun, rudal fire-and-forget lebih rentan terhadap tindakan penanggulangan elektronik dibandingkan rudal MCLOS dan SACLOS. Contohnya termasuk PARS 3 LR Jerman dan Spike Israel.[3][4]

Kebanyakan ATGM modern memiliki hulu ledak HEAT berbentuk muatan, yang dirancang khusus untuk menembus lapis baja tank. Rudal bermuatan tandem berupaya mengalahkan lapisan baja reaktif eksplosif (ERA): muatan awal yang kecil memicu ERA sementara muatan utama berikutnya berupaya menembus lapisan baja utama. Senjata serang tinggi seperti Javelin AS, Swedish Bill, dan Indian Nag serta MPATGM dirancang untuk menyerang kendaraan dari atas, yang lapis bajanya biasanya jauh lebih lemah. Sistem generasi ketiga dan seterusnya umumnya jauh lebih mahal dibandingkan sistem generasi kedua.

ATGM generasi keempat[sunting | sunting sumber]

Rudal anti tank berpemandu fire-and-forget generasi keempat memiliki jangkauan yang lebih luas dan bergantung pada kombinasi pencari untuk panduan. Contohnya termasuk SANT India, yang memiliki jangkauan jarak 15 hingga 20 km (9 hingga 12 mil), menggunakan konfigurasi pencari ganda pencitraan termal elektro-optik (EO/IR) dan radar homing aktif gelombang milimeter untuk kontrol dan panduan. dengan kemampuan lock-on sebelum peluncuran dan lock-on setelah peluncuran.[5][6]

ATGM generasi kelima[sunting | sunting sumber]

Beberapa ATGM, terutama Akeron MP Perancis, dan varian terbaru dari Spike Israel (seperti Spike LR2 dan ER2), telah disebut "generasi ke-5" oleh pabrikannya dan dipasarkan seperti itu. Mereka tampaknya memiliki atribut tambahan atau yang diperkuat berikut ini: [7][8][9][10][11][12][13]

  • pencari dual-band pasif (TV dan IR tanpa pendingin);
  • hulu ledak tandem serbaguna;
  • bahan bakar tanpa asap;
  • lebih sedikit kerusakan tambahan;
  • kemungkinan kemampuan sistem perlindungan kontra-aktif (CAPS);
  • teknologi manusia dalam lingkaran;
  • penekanan pada target selain tank;
  • pembaruan lainnya seperti kecerdasan buatan untuk rudal.

Penanggulangan[sunting | sunting sumber]

Penanggulangan countermeasure terhadap ATGM mencakup pelindung yang lebih baru seperti pelindung reaktif dengan jarak, berlubang, komposit atau eksplosif, jammer seperti Shtora Rusia, sistem perlindungan aktif (APS) seperti Piala Israel dan Arena Rusia, dan metode lainnya.

Daftar ATGM[sunting | sunting sumber]

Fire-and-forget systems

beam riding systems

Shorter range fire-and-forget systems

Pengembangan lain

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ T-90 tank diuji dari ATGM.
  2. ^ British tank sustains damage overseas.
  3. ^ Negi, Manjeet (July 19, 2019). "Indian Army successfully carries out trials of third generation NAG missiles". India Today (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-26. 
  4. ^ Gady, Franz-Stefan. "India's DRDO Test Fires Indigenous Man Portable Anti-Tank Guided Missile". thediplomat.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-26. 
  5. ^ "Upgraded SANT missile successfully flight tested". The Times of India (dalam bahasa Inggris). November 30, 2018. Diakses tanggal 2021-06-26. 
  6. ^ "India successfully test-fires SANT missile with 'Lock-on After Launch' & 'Lock-on Before Launch' capabilities". www.timesnownews.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-26. 
  7. ^ "AKERON MP". 15 June 2022. 
  8. ^ "SPIKE 5th Gen Precision Guided Tactical Missiles [ATGM]". www.rafael.com.il (dalam bahasa Inggris). 
  9. ^ "Rafael's 'Smarter' Spike is Designed to Defeat Tanks with Active Protection - Defense Update". defense-update.com. 29 May 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 May 2017. Diakses tanggal 29 May 2017. 
  10. ^ "Fifth element: MMP goes live | DFNS.net Air". DFNS.net Air (dalam bahasa Inggris). 2017-09-05. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 January 2018. Diakses tanggal 2018-02-14. 
  11. ^ "Le nouveau missile moyenne portée de MBDA". Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 January 2018. Diakses tanggal 2018-02-14. 
  12. ^ "MBDA met en avant la modularité du Missile Moyenne Portée". Zone Militaire (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 February 2018. Diakses tanggal 2018-02-14. 
  13. ^ Rafael to supply IDF with new 5th gen Spike LR2 guided missiles Diarsipkan 25 October 2017 di Wayback Machine. - Armyrecognition.com, 24 October 2017

Pranala luar[sunting | sunting sumber]