Ruang warna sRGB

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Diagram kromatisitas CIE 1931 xy menunjukkan tangga warna sRGB dan lokasi warna-warna primer.

Ruang warna sRGB adalah standar ruang warna RGB yang diciptakan oleh HP dan Microsoft tahun 1996 untuk penggunaan pada monitor, pencetak, dan Internet.

sRGB menggunakan warna primer ITU-R BT.709, sama seperti warna yang digunakan di monitor studio dan HDTV,[1] dan kurva gamma fungsi transfer khas monitor CRT. Spesifikasi ini membuat sRGB dapat ditampilkan pada monitor CRT pada masa itu.

Berbeda dengan ruang warna RGB lainnya, gamma sRGB tidak dapat dinyatakan sebagai sebuah nilai numerik. Seluruh gamma kira-kira 2,2, yang terdiri atas sebuah bagian linier (gamma 1,0) hampir gelap, dan sebuah bagian non-linier yang termasuk di dalamnya sebuah eksponen 2,4 dan gamma yang berubah dari 1,0 hingga hampir 2,3.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ruang warna sRGB telah dikenalkan oleh W3C, Exif, Intel, Pantone, Corel, dan pemain industri lainnya. Ruang warna ini digunakan dalam hak paten dan dalam format berkas grafis terbuka, seperti SVG.

Ruang warna sRGB ini didesain untuk mencocokkan pengamatan di rumah dan kantor secara umum, daripada dalam kondisi gelap seperti yang digunakan dalam pencocokan warna untuk iklan.

Sebagian besar perangkat lunak telah diciptakan dengan asumsi bahwa berkas gambar 8-bit per kanal yang ditempatkan tanpa perubahan dalam layar 8-bit per kanal akan tampil seperti yang disarankan oleh spesifikasi sRGB. Seluruh LCD, kamera digital, pencetak, dan pemindai mengikuti standar sRGB. Peranti yang tidak mengikuti standar ini (seperti monitor CRT lawas) memasukkan sirkuit pengimbang atau perangkat lunak untuk mengimbangi, sehingga peranti-peranti tersebut dapat mengikuti standar ini.

Tangga warna sRGB[sunting | sunting sumber]

Ruang warna sRGB menegaskan bahwa kromatisitas warna primer merah, hijau, dan biru, warna-warna di mana salah satu dari ketiga jenis warna adalah bukan nol, dan kedua lainnya adalah nol. Tangga warna kromatisitas yang dapat diwakilkan dalam sRGB adalah segitiga warna yang dihasilkan oleh warna-warna primer tersebut. Seperti setiap ruang warna RGB, untuk nilai-nilai non-negatif R, G, dan B tidak mungkin mewakili warna di luar segitiga ini, di mana dalam berbagai warna yang terlihat oleh manusia.

Kromatisitas Merah Hijau Biru Titik putih
x 0.6400 0.3000 0.1500 0.3127
y 0.3300 0.6000 0.0600 0.3290
Y 0.2126 0.7152 0.0722 1.0000

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Charles A. Poynton (2003). Digital Video and HDTV: Algorithms and Interfaces. Morgan Kaufmann. ISBN 1-55860-792-7.