Roy Evans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Roy Evans
Roy Evans.JPG
Foto: Jarle Vines
Informasi pribadi
Nama lengkap Roy Quintin Echlin Evans
Tanggal lahir 4 Oktober 1948 (umur 65)
Tempat lahir Bootle, Inggris
Posisi bermain Bek
Informasi klub
Klub saat ini Wales (Asisten manajer)
Wrexham A.F.C. (Pelatih)
Karier junior
Liverpool
Karier senior*
Tahun Tim Tampil (Gol)
1965–1974
1973
Liverpool
Philadelphia Atoms (dipinjam)
09 (0)
19 (2)
Kepelatihan
1994–1998
1998
2001
Liverpool
Liverpool (bersama Gérard Houllier)
Swindon Town F.C.
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik.

Roy Quintin Echlin Evans CBE (lahir di Bootle, Inggris, 4 Oktober 1948; umur 65 tahun) adalah pemain sepak bola Liverpool yang kemudian juga menjadi manajer di klub tersebut.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sebagai pesepak bola Inggris, Evans yang berposisi sebagai Bek telah berkiprah bersama Liverpool dari era 1960-an hingga 1970-an. Dia menghabiskan musim panas tahun 1973 di North American Soccer League ketika bermain bersama Philadelphia Atoms. Liverpool manajer saat itu Bill Shankly melihat ada sesuatu yang berbeda pada diri Evans, lalu memberikan saran agar dia mencoba berkarier sebagai pelatih.

Setelah memulai karier dan berhasil mencapai puncak karier sebagai manajer di Liverpool, dimulai sebagai pelatih dibawah Bill Shankly, yang pensiun pada tahun 1974 yang kemudian digantikan oleh asistennya Bob Paisley. Ketika Paisley pensiun pada tahun 1983, asistennya Joe Fagan dipromosikan untuk menempati kursi manajer. Fagan pensiun setelah dua tahun dan kemudian digantikan oleh penyerang sekaligus legenda Liverpool Kenny Dalglish (saat itu berperan sebagai pelatih sekaligus manajer), hingga waktu itu Evans telah menjadi pelatih dibawah kepemimpinan 4 manajer. Ketika Dalglish berhenti pada tahun 1991, Evans tetap berperan sebagai staff kepelatihan di bawah kepemimpinan manajer kelimanya di Liverpool dalam kurun waktu 18 tahun - Graeme Souness, mantan pemain Liverpool yang kemudian menjadi manajer Rangers