Rowland Hill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rowland Hill

Sir Rowland Hill KCB, FRS (lahir 3 Desember 1795 – meninggal 27 Agustus 1879 pada umur 83 tahun) adalah seorang guru Britania Raya. Ia mengampanyekan reformasi atas sistem pos. Ia umumnya dikenal atas konsep dasar sistem layanan pos modern termasuk perangko yang diciptakannya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Rowland Hill lahir pada tanggal 3 Desember 1795 di Kidderminster, Inggris dari keluarga Thomas Wright Hill. Peperangan antara Inggris dan Perancis mengakibatkan kehidupan keluarga Thomas Hill kurang menggembirakan sehingga mengharuskan keluarga ini hidup dalam garis kemiskinan. Meski demikian, Rowland Hill menyempatkan diri untuk membaca buku-buku dimasa senggangnya, diantaranya adalah dongeng anak-anak yang bersifat pendidikan yang dikarang oleh Miss Edgerworth.

Sejak umur sebelas tahun Rowland Hill telah membantu ayahnya dalam menyelenggarakan sebuah sekolah. Pada usia tigapuluh satu tahun, Rowland Hill pindah dari Birmingham ke suatu tempat dekat London, bersama saudaranya Rowland Hill mendirikan sebuah sekolah istimewa di Bruce Castle di Tottenham. Rowland Hill mencoba kehidupan sebagai seorang guru mengikuti jejak ayahnya. Ternyata bahwa kemampuan berpikirnya begitu kuat dan maju.

Dalam kariernya sebagai guru, Rowland Hill memperkenalkan sistem mengajar yang disebut "Hazelwood". Sistem ini mengungkapkan bahwa mengakui kebenaran adalah sangat penting bagi mahasiswa yang demokratis agar pendidikan bisa berhasil. Gagasan Rowland Hill juga menekankan pendidik memiliki disiplin diri yang kuat.

Ia menekuni pekerjaan barunya ini tanpa mengenal lelah. Rata-rata tidak kurang dari 15 jam sehari dihabiskan untuk menyelesaikan pekerjaan dan tidak jarang ia lakukan itu selama beberapa minggu. Keadaan inilah yang menyebabkan kesehatannya terganggu untuk beberapa waktu lamanya. Setelah pulih kesehatannya, Rowland Hill tidak lagi mengajar, tetapi menerjunkan diri dalam suatu yayasan yang bertujuan menyebarkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Iapu pernah melancarkan suatu penyiaran dalam usaha membasmi kemiskinan dan mengurangi kejahatan secara berangsur-angsur.

Pada waktu itu atas rencana E.G Wakerfield didirikanlah sebuah perkumpulan yang bertujuan untuk membuka jajahan di Australian Selatan. Rowland Hill sangat aktif dalam perkumpulan ini. Ketika rancangan E.G. Wakerfield diterima di Parlemen, Rowland Hill diangkat menjadi sekertaris. Dalam masa selama empat tahun, Rowland Hill telah mencurahkan tenaga serta pikirannya bagi kemajuan perkumpulan tersebut disamping memanfaatkan waktu-waktu senggangnya untuk menciptakan mesin cetak, selain itu juga menekuni ilmu administrasi dan perpajakan.

Pada tahun 1930, ketika negara Inggris berkembang menjadi negara industri, transportasi mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan. Jalan kereta api mulai membentang dari Barat ke Timur dan dari Utara ke Selatan. Pada waktu itu, Rowland Hill memikirkan bagaimana mendapatkan pemasukan uang untuk kaskerajaan dari pajak pengiriman surat-surat. Bahkan pikiran dari pajak pengiriman surat-surat. Bahkan pikiran Rowland Hill juga diganggu dengan pemberian hak bagi anggota Majelis Rendah dan Majelis Tinggi dalam parlemen untuk dapat mengirim surat secara cuma-cuma tanpa batas selain itu sistem pembayaran biaya pengiriman surat oleh penerima juga banyak merugikan dinas pos. Hal tersebut dilihat oleh Rowland Hill sebagai suatu pemborosan dan sangat merugikan kas kerajaan.

Oleh karena itu, pada tahun 1837 Rowland Hill mengajukan usul ke parlemen yang antara lain mengemukakan hal-hal sebagai berikut.

  • Ongkos pengiriman surat harus diturunkan, dengan turunnya ongkos pengiriman surat, diharapkan terjadi peningkatan jumlah surat yang dikirim
  • Untuk lebih merangsang masyarakat agar saling berkirim surat, perlu ditetapkan tarif pos yang seragam dengan tidak memandang jarak tempuh surat tersebut.
  • Untuk menghindari penyalahgunaan biaya pengiriman surat, biayanya harus dibayar dimuka dengan menempelkan secarik kertas tanda pelunasan yang saat ini kita kenal sebagai perangko.

Pemikiran ini awalnya mendapat tentangan dari Parlemen. Namun empat tahun kemudian tepatnya pada tahun 1840 usul Rowland Hill diterima Parlemen. Dari sinilah kemudian lahir prangko, carik kertas kecil yang dipakai sebagai tanda pelunasan pengiriman surat.

Rowland Hill yang bukan orang Dinas Pos kemudian pada tahun 1846 ditunjuk menjadi sekertaris Postmaster General. Antara tahun 1854-1856 Rowland Hill mendapat kepercayaan untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris Perusahaan Jawatan Pos, Suatu kedudukan yang tinggi waktu itu. Pada tahun 1860 Rowland Hill menerima penghargaan tertinggi dengan gelar "Knight". Ia diangkat sebagai orang yang berhasil dan berbuat sosial tingkat nasional dan berhak menggunakan gelar "Sir" di depan namanya. Pada tahun 1864 ketika ia pensiun, parlemen memberikan hadiah 20000 Poundsterling dan berhak setiap tahunnya menerima pensiun sebesar 2000 poundsterling.

Rowland Hill, yang akhirnya mendapat julukan sebagai Bapak Prangko Dunia, meninggal di Hampstead pada tanggal 27 Agustus 1879 dan dimakamkan dengan upacara kebesaran nasional di Westminster Abbery, London.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Mengenal Dunia Filateli, Hobby Rekreatif Yang Bermanfaat, edisi 1995, Diterbitkan oleh Perusahaan Umum Pos dan Giro (Kini PT. Pos Indonesia).
  • Matthew Davenport Hill and Rowland Hill, Plans for the Government and Liberal Instruction of Boys in Large Numbers Drawn from Experience (1822); new ed. with additions (1827).
  • Rowland Hill, Home Colonies: a Plan for the Gradual Extinction of Pauperism and the Diminution of Crime. London, Simpkin and Marshall (1832) 52 pages. (New York Public Library SGF p.v.16, no.11.)
  • Rowland Hill, Post Office Reform: its Importance and Practicability (1837)
  • Rowland Hill and Arthur Hill, A History of Penny Postage with intro. by George Birkbeck Hill, "The Life of Sir Rowland Hill and the Penny Postage". 2 vols. London, T. De La Rue & Co. (1880)
  • David Allam, The Social and Economic Importance of Postal Reform in 1840. Batley: Harry Hayes, 1976
  • R. H. Coase, Rowland Hill and the Penny Post. Economica, New Series, Vol. 6, No. 24 (Nov., 1939), pp. 423-435.
  • H. W. Hill, Rowland Hill and the Fight for the Penny Post. Frederick Warne, 1940
  • M.J. Daunton, Rowland Hill and the Penny Post, History Today, August, 1985.
  • Jean Farrugia, The Life and Work of Sir Rowland Hill, 1795-1879.
  • Smyth, Eleanor C, Sir Rowland Hill, the story of a great reform, told by his daughter, 1907
  • Golden, Catherine J. (2009). Posting It: The Victorian Revolution in Letter Writing. [University Press of Florida]. ISBN 978-0-8130-3379-2. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]