Roti putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Roti putih

Roti putih adalah roti yang terbuat dari tepung gandum, berbeda dari roti tawar, kulit ari dan bulirnya telah dibuang, sangat kontras dengan roti yang dibuat dari tepung terigu, yang biasanya berwarna agak kecokelatan. Sebagai tambahan, tepung gandum ini kadang diberi pemutih dengan kalium bromat dan gas klorin dioksida untuk menghilangkan noda kuning di atas roti, sehingga pemanggangan akan lebih sempurna.

Bisnis[sunting | sunting sumber]

Roti putih berperan penting dalam bisnis makanan. Tepung gandum yang diberi pemutih akan membuat tepung lebih bertahan lama daripada tepung terigu, sehingga roti juga akan bertahan lebih lama. Sehingga bisa disimpan lebih lama.

Roti putih dan kesehatan[sunting | sunting sumber]

Roti putih kadang dikritik karena dianggap kurang bernutrisi. Kebanyakan vitamin yang berasal dari bulir gandum hancur saat proses pemutihan roti. Di Amerika Serikat, secara hukum, tepung putih harus sesuai dengan standar.

Roti putih dianggap terlalu digestif atau cepat ditelan, sehingga bisa menaikan atau menurunkan gula darah dan insulin secara drastis, daripada roti tawar.