Roti hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Roti hitam

Roti hitam atau Roti gandum hitam adalah sebuah roti yang dibuat dari tepung dari gandum hitam dalam jumlah yang bervariasi. Warna roti hitam bisa terang atau hitam gelap, tergantung dari jumlah tepung yang digunakan dan pewarna yang dipakai, roti ini lebih padat dari roti putih dan roti tawar yang terbuat dari tepung terigu. Serat dari roti gandum hitam lebih tinggi daripada roti-roti lainnya, lebih gelap dan memiliki bau yang sangat tajam.

Pumpernikel[sunting | sunting sumber]

Pumpernikel, roti hitam Jerman

Roti hitam alami hanya mengandung tepung hitam, tanpa tambahan tepung. Namun roti Pumpernikel, lebih gelap, dan lebih padat, dan memiliki tekstur yang sangat mirip, dibuat dari gandum hitam yang dihancurkan, dan tidak mengandung tepung sama sekali, roti ini dibakar dalam waktu lama dalam suhu rendah. Kadang gandum hitam dan tepung terigu ditambahkan untuk membuat warna roti lebih terang, ringan, dan berbau wangi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 500 A.D., Suku Saxon dan Viking yang tinggal di Britania menanam gandum hitam yang cocok ditanam di iklim dingin. Lalu roti hitam akhirnya menjadi terkenal sampai Abad Pertengahan. Banyak macam roti hitam dari Finlandia, Denmark, Rusia, dan negara Baltik namun roti hitam pertama berasal dari Jerman. Di Finlandia, Estonia, Denmark dan Rusia, roti hitam adalah roti yang paling banyak dimakan.