Rogojampi, Banyuwangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rogojampi)
Langsung ke: navigasi, cari
Rogojampi
—  Kecamatan  —
Locator Kecamatan Ragajampi ing Kabupaten Banyuwangi.png

Peta lokasi Kecamatan RogojampiKantorcamatrogojampibwi2013.jpeg
Kantor Camat Rogojampi (Oktober 2013)
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Banyuwangi
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 18

Rogojampi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Desa[sunting | sunting sumber]

Ada 18 desa di kecamatan Rogojampi, yakni:

Akses[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Rogojampi dapat diakses dari Kota Banyuwangi dengan cara keluar kota arah Jalur Pantai Selatan Jawa. Kecamatan ini juga diakses dari arah selatan (Srono, Benculuk, Jajag) dan dari arah barat (Gambor dan Genteng).

Lalulintas[sunting | sunting sumber]

Peta Lalulintas Rogojampi
Penunjuk arah menjelang traffic light Adipura

Dari arah utara (Ketapang, Situbondo, atau Banyuwangi) menuju ke G-Land, Jajag, Benculuk, Genteng atau Jember. Untuk kendaraan pribadi (roda dua dan roda empat) bisa langsung melewati jalan arteri di depan Pasar Rogojampi. Sedangkan untuk kendaraan besar (truk dan bus) belok kiri pada simpang tiga timur SPBU Rogojampi, lalu belok kanan pada simpang tiga berikutnya (jika lurus menuju ke arah Pemandian Pancoran), kemudian belok kanan lagi di simpang tiga berikutnya (jika belok kiri menuju ke arah Bandar Udara Blimbingsari) hingga tiba di simpang tiga Kantor Pos Rogojampi lalu belok kiri melewati jembatan Lugonto.

Dari arah selatan (G-Land, Jajag, Benculuk, Pesanggaran, Genteng atau Jember menuju ke Ketapang, Situbondo, atau Banyuwangi. Untuk kendaraan pribadi (roda dua atau roda empat) belok kiri pada simpang tiga Kampung Madura lalu belok kanan pada simpang tiga berikutnya (jika lurus menuju ke arah Songgon), kemudian belok kanan lagi pada simpang tiga berikutnya (jika lurus menuju ke arah Stasiun Rogojampi) hingga tiba di simpang tiga selatan SPBU Rogojampi lalu belok kiri menuju turunan rawan kecelakaan Gitik.

Jika menuju ke Bandar Udara Blimbingsari, Sekolah Pilot Negeri Banyuwangi atau Pantai Blimbingsari pengendara dianjurkan melewati simpang tiga timur SPBU Rogojampi dan melewati simpang tiga Kantor Pos Rogojampi saat keluar dari kawasan Bandar Udara Blimbingsari.

Jika menuju ke Genteng, Glenmore, Kalibaru atau Jember. Untuk kendaraan pribadi (baik roda dua dan roda empat) dan kendaraan besar non-angkutan umum dianjurkan untuk belok ke arah barat dari traffic light Patung Adipura Rogojampi, melewati Gambor. Sedangkan untuk kendaraan besar seperti bus harus lurus terus melewati Benculuk dan Jajag.

Bentang alam dan budaya[sunting | sunting sumber]

Pasar Rogojampi
Terminal Kedatangan dan Keberangkatan Bandar Udara Blimbingsari.

Kecamatan Rogojampi adalah kecamatan yang didapuk menjadi pusat agribisnis di Kabupaten Banyuwangi. Hal ini ditandai dengan banyaknya lahan pertanian di seantero kecamatan dan adanya kawasan agrowisata Alam Indah Lestari milik pengusaha lokal Banyuwangi Michael Edi Haryanto.[1][2] Kecamatan Rogojampi berbatasan dengan Selat Bali, maka dari itu wilayah ini memiliki banyak pantai. Pantai yang sering dikunjungi adalah Pantai Blimbingsari, ciri khas dari pantai ini adalah banyaknya warung ikan bakar di sepanjang pantai. Pengunjung juga dapat bersantai di anjungan yang dibangun dipinggir pantai.[3]

Kecamatan Rogojampi memiliki wilayah perkotaan yang cukup ramai. Hal ini dapat dilihat di sekitar kawasan Pasar Rogojampi yang rawan kemacetan. Di sekitar pasar inilah banyak di bangun kawasan pertokoan dan kantor cabang maupun kantor kas perbankan. Selain itu, terdapat jenis kuliner yang terkenal yaitu darplok, akronim dari dadar ceplok yaitu semacam martabak berbentuk telur mata sapi dengan ukuran yang lebih besar, didalamnya dicampur dengan bihun dan dimakan menggunakan saus campuran petis dan cabai sehingga rasanya sangat pedas. Darplok ini dapat ditemui di belakang Pasar Rogojampi dan di dekat kantor Radio Sritanjung.[4]

Kecamatan Rogojampi memiliki sebuah terminal bus yang menjadi tempat pemberhentian bus-bus yang akan menuju ke atau keluar dari Kota Banyuwangi. Bagi yang ingin bepergian dengan kereta api, dapat menuju ke Stasiun Rogojampi. Di Stasiun Rogojampi ini, berhenti kereta api Pandanwangi, Probowangi, Tawang Alun, Sritanjung dan Kereta api Mutiara Timur.. Selain itu, wilayah kecamatan ini menjadi begitu penting karena adanya Bandar Udara Blimbingsari yang menjadi gerbang bagi para wisatawan dan pengusaha yang akan datang ke Banyuwangi. Bandar Udara Blimbingsari semakin ramai dengan adanya aktifitas pelatihan penerbangan dari Bali Internatonal Flight Academy (BIFA)[5] dan Sekolah Pilot Negeri (SPN) Banyuwangi.[6][7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]