Roger Bernat I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Roger Bernat I si Gendut (skt. 1130 – November 1188) merupakan Comte Foix keempat dari tahun 1148. Ia berdamai dengan gereja.

Di Pamiers pada tahun 1149 dan sekali lagi pada tahun 1163, ia harus membayar ganti rugi lahan sitaan kepada gereja Saint-Antonin di Fredelas. Ia membuat paréage dengan gereja dan membagi wilayah-wilayah di antara mereka. Comte tersebut bertanggung jawab atas pertahanan dan keadilan. Paréage lainnya dibentuk dengan biara Saint-Volusien pada tahun 1168, dimana sewa dibagi di antara rohaniwan dan otoritas komital.

Pada tanggal 11 Juli 1151, Roger Bernat menikahi Cecilia, putri Ramon I Trencavèl, dan menjadi vasal Provinsi Barcelona. Namun ia menghindari keterlibatannya di dalam perang tahun 1159 dan memusatkan perhatiannya pada perluasan kekuasaannya sendiri, sesuai dengan raktat dengan para penguasa Dun pada tahun 1162. Pada tahun 1185, ia akhirnya berjuang bersama Comte Barcelona, Alfonso yang Suci, di Prancis selatan. Hanya Bernard IV dari Comminges yang tetap netral. Tampaknya Comte tersebut bermaksud untuk menyerahkan pemerintahan Provence kepadanya.

Roger Bernat dimakamkan di dalam biara Boulbonne dan digantikan oleh putranya Raymond Roger. Ia juga merupakan ayahanda dari Esclarmonde dari Foix dan Rohese dari Foix.

Didahului oleh:
Roger III dari Foix
Comte Foix
1148–1188
Diteruskan oleh:
Ramon Roger

Sumber[sunting | sunting sumber]