Robert Kocharian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Robert Sedraki Kocharian
Armenia: Ռոբերտ Սեդրակի Քոչարյան
Presiden Republik Armenia ke-2
Masa jabatan
4 Februari 1998 – Sekarang
Didahului oleh Levon Ter-Petrossian
Digantikan oleh Sedang Menjabat
Informasi pribadi
Lahir 31 Agustus 1954 (umur 59)
Stepanakert, Nagorno-Karabakh Autonomous Oblast, Uni Soviet
Kebangsaan Armenia
Suami/istri Bella Kocharian
Agama Apostolik Armenia

Robert Sedraki Kocharian (IPA: [ɾobɛɹtʼ sɛdɹɑk’i kʰotʃʰɑɹjɑn], Armenia: Ռոբերտ Սեդրակի Քոչարյան) (lahir 31 Agustus 1954) di Stepanakert, Nagorno-Karabakh) adalah presiden kedua dari republik ketiga Armenia.

Ia menjabat sejak tahun 1998. Ia menikah dengan Bella Kocharian dan dikaruniai tiga anak. Sejak Februari 1988, Kocharian adalah salah satu pemimpin gerakan Karabakh, sebagai anggota organisasi Krunk. Setelah organisasi itu bubar, ia mendirikan organisasi Miatsum (Persatuan).

Ia adalah salah seorang yang pertama bertanggung jawab dalam pembentukan struktur pertahanan dan keamanan Nagorno Karabakh. Pada Agustus 1992, ketika tentara Azeri menduduki setengah dari wilayah Republik Nagorno Karabakh, Robert Kocharian menjadi Ketua Komite Pertahanan Negara dan Perdana Menteri Republik Nagorno Karabakh. Keinginan yang kuat untuk memobilisasi semua kekuatan dan membebaskan Artsakh memungkinkan rakyat Nagorno Karabakh mengubah jalannya aksi militer dalma waktu yang singkat.

Pada 24 Desember 1994, Robert Kocharian terpilih sebagai presiden Republik Nagorno Karabakh oleh keputusan Dewan Soviet Tertinggi Republik Nagorno Karabakh. Pada November 1998, ia kembali terpilih sebagai presiden lewat suara rakyat.

Pada 20 Maret 1997, Robert Kocharian ditunjuk untuk menduduki jabatan Perdana Menteri Republik Armenia. Pada 30 Maret 1998, ia terpilih sebagai presiden Republik Armenia dalam pemilu presiden yang dini. Ia menggantikan Levon Ter-Petrossian sebagai presiden Armenia. Pada 5 Maret 2004, ia terpilih kembali sebagai presiden republik tersebut.

Pemilihannya kembali pada 2003 dicemari oleh tuduhan-tuduhan kecurangan yang dilakukan oleh kedua kandidat, meskipun sejumlah ahli berpendapat bahwa penyimpangan-penyimpangan itu tidak cukup untuk mengubah hasil akhirnya. Terjadi sejumlah seruan sporadis agar Kocharian mengundurkan diri pada awal 2004 lewat para pengunjuk rasa yang dipimpin kelompok oposisi yang turun ke jalan-jalan mendukung tuntutan agar diadakan referendum kepercayaan atas dirinya.

Didahului oleh:
Tidak Ada
Perdana Menteri Nagorno-Karabakh
19921994
Diteruskan oleh:
Anushavan Danielyan
Didahului oleh:
Tidak Ada
Presiden Nagorno-Karabakh
1994–1997
Diteruskan oleh:
Arkady Ghoukasyan
Didahului oleh:
Armen Sarkissian
Perdana Menteri Armenia
1997–1998
Diteruskan oleh:
Armen Darbinyan
Didahului oleh:
Levon Ter-Petrossian
Presiden Armenia
1998–
Diteruskan oleh:
-

Pranala luar[sunting | sunting sumber]