Risk Your Life

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Risk Your Life, atau lebih dikenal dengan akronim RYL adalah MMORPG yang menggabungkan kemudahan permainan PvP dengan petualangan. Game ini berdasarkan pertarungan dua ras, human dan akhan.

Di Indonesia, game ini sendiri pernah di bawa oleh Dream Web. yang mencangkup ryl1, ryl2, dan Bettle Lohan. namun pada 2008 Dream Web menutup semua layanan game nya tanpa alasan [1].

Cerita dan permainan[sunting | sunting sumber]

RYL diinspirasi oleh tema abad pertengahan dan legenda Orc. Kedua ras ini bertemu dan mengalami konflik berkepanjangan. Untuk itu setiap orang dibebaskan mengalahkan pemain dari ras lain di map yang telah ditentukan untuk mendapat poin kehormatan tertentu yang akan memengaruhi kekuatan dan statusnya dibanding pemain biasa.

Ras dan sepesialisasi[sunting | sunting sumber]

Terdapat dua ras utama, Human dan Akhan. Keduanya dibagi menjadi spesialisasi masing-masing dalam bertarung.

Human[sunting | sunting sumber]

Ras yang mendekati bentuk manusia biasa. Memiliki banyak skill yang menunjang permainan berkelompok.

Ras ini terbagi atas empat spesialisasi, Fighter, Rogue, Mage, dan Acolyte. Fighter kemudian berkembang menjadi Defender dan Warrior yang memiliki kemampuan pukulan dan ketahanan fisik jarak dekat yang paling baik dibanding spesialisasi lain. Rogue yang lincah terbagi menjadi Archer dan Assasin yang memiliki kemampuan menyelinap dan menghasilkan kehancuran luar biasa namun dengan ketahanan fisik rendah. Mage yang terbagi menjadi Sorceress dan Enchanter memberikan efek-efek buruk terhadap lawan dan kerusakan magic yang cukup besar. Acolyte memberikan bantuan pertahanan dari garis belakang melalui Priest dan Cleric.

Warrior

WARRIOR adalah Penyerang fisik paling berbahaya dari semua kelas di HUMAN. Seperti ATTACKER AKHAN, WARRIOR HUMAN cepat, akurat, mematikan, dan seakan-akan tidak memiliki batas atas kemampuan mereka. Warrior adalah pembagi kerusakan terbaik di game, kemampuan mereka belajar skil DUAL WEILD MASTERY memungkinkan mereka untuk menggunakan dua senjata secara bersamaan. Bagaimanapun juga, ada harga yg harus dibayar untuk semua kekuatan ini . WARRIOR tidak bisa memakai pertahanan yang lebih kuat dari BUCKLER. HP mereka akan selalu sedikit, dan mereka harus selalu tetap waspada terhadap perlawanan pengguna sihir karena ketidakmampuan mereka menggunakan perisai.

Defender

DEFENDER adalah karakter pelindung dari HUMAN. Mereka percaya bahwa serangan terbaik adalah pertahanan yang bagus, maka dari itu mereka adalah pemilik HP terbanyak dari semua kelas HUMAN yg ada. Merekapun juga menerima ekstra HP dan pertahanan dari perisai kuat yang digunakan. Mereka menambahkan status STR dan CON bersamaan setiap saat, sehingga mereka dapat menjaga diri mereka sendiri terhadap serangan-serangan kejutan, merekapun juga dapat melakukan serangan kebasan yang kuat sama baiknya. Ketahanan ini juga ada harganya, agaimanapun: mereak selalu lambat dan tidak se akurat WARRIOR, dan penekanan letak mereka di pertahanan, serangan mereka yang lebih lemah.

Assassin

Assassin adalah yang tercepat dari semua kelas. Baik di Human atau akhan. Mereka mengandalkan kecepatan, sembunyi-sembunyi, dan satu serangan yang fatal. Serangan jarak dekat mereka mengagumkan. Mereka malang nasibnya ketika tidak dapat bergerak. HP dan pertahanan mereka yang minim membuat mereka menjadi saaran yang mudah, dan untuk mereka yang memilih kelas ini disarankan untuk selalu waspada. Assassin yang paling memberikan kerusakan ketika STR mereka besar, tapi kecepatan pun akan lebih rendah dari Assassin yang memusatkan apda DEX. Pada akhirnya Assassin dengan keseimbangan STR dan DEX memiliki kemampuan bertahan yang lebih tinggi, tapi relatif menjadi petarung-petarung yang lemah.

Archer

Dari semua kelas, baik di HUMAN dan akhan, ARCHER adalah petarung yang paling serba bisa. Bisa meluncurkan tembakan dari jarak yang jauh, dan sama bagusnya ketika dekat dengan lawan-lawannya. Seperti para Assassin, Archer paling rentan jika dijebak. Pertahanan dan HP yang minim menjadikan mereka sasaran yang mudah di kalahkan ketika mereka tidak dapat bergerak. Kerusakan yng dihasilkan bersangkutan dengan senjata jarak jauh mereka yang bergantung dari status STR mereka. Archer yang mengembangkan STR akan meningkatkan serangan, sedangkan archer yang meningkatkan DEX akan memengaruhi kecepatan dan skill level yang tinggi.

Sorcerer

Sorcerer biasanya menyerang dari jauh, menggunakan mantra mantra elemen yang kuat untuk menjatuhkan lawan mereka. Dapat menggunakan belati untuk pertarungan jarak dekat dengan meningkatkan status DEX mereka, walaupun kehilangan banyak kemampuan serangan fisik karena mantra mantra mereka, yang sangat bergantung pada INT itu. Sorcerer yang fokus pada DEX mengembangkan kesempatan bertahan mereka dan tidak lebih. Apabila mereka tidak benar benar perhatian pada pengembangan INT mereka, mereka akan kehilangan kemampuan untuk menggunakan mantra yang paling kuat.

Enchanter

Enchanter adalah karakter magis spesialis pendukung dari kelas penyihir, mengkhusus diri pada mantra mantra pelindung dan serangan jarak jauh untuk melemahkan semangat musuh musuh mereka. Sangat tangguh ketika dilengkapi tongkat khusus yang digunakan untuk menambah daya magis. Enchanter teramat sangat rentan terhadap pertarungan fisik. bahkan yang fokus pada DEX juga tidak bisa lepas dari bahaya

Cleric

CLERIC dimana mana selalu menjadi kelas pendukung , meskipun mereka memiliki kemampuan yang jangkauannya luas dan efektif untuk berpetualang sendirian. Serangan fisik mereka relatif lemah, tapi mantra mereka mengimbangi semua itu dengan baik. Mereka akan menjadi lebih berhaya ketika bergabung dengan grup yang memiliki petualang yang bisa memberikan serangan yang kuat atau pemilik serangan magis. Sebagian Cleric hanya fokus pada CON, karena memengaruhi tambahan serangan dan kekuatan pertahanan. Selanjutnya, WIS yang tinggi membuat mereka dapat mendukung lebih banyak anggota grup dengan level skil yang lebih tinggi.

Priest

Priest cenderung memiliki 2 peranan di kebanyakan pertarungan, lebih suka mendukung grup dengan perlindungan berkat dan pemulihan mantra mantra daripada ambil bagian dalam pertempuran. Tidak bisa dikatakan mereka hanya duduk diam saja: mereka punya susunan mantra yang baik untuk pelindung armor dan penguat serangan, dan walaupun mereka bukan pemilik serangan yang mematikan, tapi tetap menjadi lawan yang harus diperhitungkan.

Akkan Classes[sunting | sunting sumber]

Ras yang mendekati bentuk legenda orc di dalam dongeng. Memiliki kemampuan skill individu yang kuat.

Ras ini terbagi atas dua gender yang berspesialisasi, Combatant dengan kelamin laki-laki dan Officiator dari kelamin wanita. Combatant memiliki kemampuan fisik yang baik. Seperti Templar dengan pertahanan fisik besar, Attacker dengan serangan fisik besar, dan Gunner dengan serangan jarak jauh fisik yang kuat. Sebaliknya Officiator banyak dipengaruhi kelincahan dan serangan magis. Shadow Officiator memiliki serangan siluman yang baik, Life Officiator memberikan bantuan kemampuan bertahan yang besar, sementara Rune Officiator menyerang dengan skill magis.

Attacker

Dari semua kombatan Akhan, ATTACKER adalah karakter yang paling agresif dan berbahaya secara fisik. Sesuai dengan pertambahan STR, juga akurasi,penghindaran, dan kecepatan-dan bisa memberi serangan fatal dalam pertarungan lebih cepat daripada “saudara” mereka , kaum TEMPLAR. Seperti tidak memiliki batasan atas kekuatan mereka. Dipersenjatai “SKILL ARMS” khusus, alat-alat penambah keahlian bertarung dengan teknologi kuno. Semakin memperkuat kemampuan bertarung mereka yang mematikan.

Templar

TEMPLAR adalah perisai-Akhan. Benteng bergerak yang akan semakin bertambah kuat sejalan dengan CON mereka. Tiap kali naik level, otomatis mendapat penambahan CON-disertai HP mereka yang cukup besar untuk mengimbangi DEFENDER Human. Tidak seperti Akhan jantan laennya, TEMPLAR dapat mengembangkan kemampuan bertahan mereka dengan manggunakan “GUARD ARM” khusus. Karena lebih fokus pada pertahanan daripada penghancuran, Akurasi, penghindaran, dan kecepatan TEMPLAR termasuk kecil – dan semakin kuat mereak bertahan, semakin lemahlah serangan mereka.

Gunner

GUNNER adalah kelas pendukung dari jauh untuk TEMPLAR dan ATTACKER, “meriam hidup” yang dapat menembak terus menerus. Meskipun mereka sangat lemah dalam pertarungan jarak dekat, mereka sangat kuat dari kejauhan ketika mereka menembakkan ”ARM GUN”, asalkan tetap bebas dari kemampuan “Net” Lawan. GUNNER yang fokusnya terutama pada peningkatan stat DEX lebih memilih untuk menggunakan strategi "HIT n RUN", sementara GUNNER STR mengambil strategi seperti “menara tembak ”

Rune Officiator

RUNE OFFICIATOR mengandalkan mantra elemen yang kuat dalam pertempuran, umumnya lebih memilih untuk menyihir dari jauh. Sebagian memilih untuk fokus pada pertempuran jarak dekat dengan meningkatkan DEX mereka, tetapi kemampuan penghancuran Rune Officiators pada musuh-musuhnya lebih efektif dengan sihir. Rune Officiators mendapat sedikit keuntungan untuk eksis dari penambahan DEX, tapi juga harus memilih antara keuntungan ini atau mantra mantra kuat yang tersedia untuk jenis mereka.

Life Officiator

Ketikal sendirian, Life Officiators mungkin tampak lemah, tapi ketika dipasangkan dengan Officiator atau Tipe Petarung lainnya , mereka menjadi benar-benar menakutkan. Mereka menghidupkan kembali sekutu mereka dan untuk melumpuhkan musuh , sehingga sekutu-sekutu mereka untuk menghancurkan musuh-musuh mereka dengan mudah. Life Officiators dapat meningkatkan harapan hidup mereka dengan meningkatkan DEX, sehingga menyebabkan Pertahanan, jumlah HP maksimal, dan pemulihan HP mereka bertambah . Seperti CLERIC dan PRIEST Human, WIS pada LIFE OFF menambah kekuatan pada keahlian mereka, dan DEX memberikan tambahan pada pertahanan terhadap serangan fisik.

Shadow Officiator

SHADOW Officiator adalah pembunuh dari AKHAN - Tenang, mematikan, dan cepat menyilaukan . Mereka memiliki kekuatan serangan yang sangat baik dalam pertarungan jarak dekat, dan terbaik ketika mereka menyerang secara diam-diam. Seperti Gunner, mereka harus berhati-hati terhadap jebakan - ketika mereka lumpuh, Shadow Officiators sangat rentan. Shadow Officiator harus memilih antara STR dan DEX: STR menambah kemampuan serangan, sementara Shadow Officiators DEX lebih cepat dan terampil dalam bertahan.

Membangun karakter[sunting | sunting sumber]

Setiap pemain diberi kesempatan memilih salah satu ras dan spesialisasi sebagai pemula. Setelah mencapai level 10, diberi kesempatan berubah menjadi sub-spesialisasi yang diinginkan. Setelah itu masing-masing diberi kebebasan mengolah status point yang dimiliki dan skill yang dipelajari sehingga akan memiliki keunikan berbeda dengan pemain lain. Misalnya defender tidak selamanya harus memiliki pertahanan yang kuat, tetapi bisa pula memiliki serangan magis kuat, jika diinginkan. Hal ini dimungkinkan sebab sebagian besar skill tidak spesifik milik spesialisasi tertentu.

Pembedaan versi permainan[sunting | sunting sumber]

Risk Your Life memiliki tiga versi permainan berbeda. Pemain diberi kebebasan memilih versi permainan yang diinginkan.

Risk Your Life Part I[sunting | sunting sumber]

Risk Your Life Part I memberikan kemudahan permainan yang cukup sederhana. Setiap pemain yang ingin bertarung melawan ras lain bisa langsung memasuki map Battleground atau menuju map khusus ras lawan. Fame point akan meningkat seiring frekuensi membunuh ras lawan dan turun jika terbunuh.

Tetapi pemain tetap diberi kesempatan memperkuat karakternya dengan meningkatkan level dan mengumpulkan perlengkapan tertentu.

Risk Your Life Part II[sunting | sunting sumber]

Risk Your Life Part II memberikan kerumitan permainan yang lebih menantang. Fame tidak hanya didapat dari pertarungan dengan ras lain, tetapi juga melalui pertarungan dengan guild lain di Guild War, menyelesaikan quest, dan membunuh ras lawan di tempat yang ditentukan.

Versi awal dari Part II memberikan alternatif persatuan bangsa God Pirate, sehingga memungkinkan ras human bermain bersama akkhan dalam grup yang sama, dan membentuk persatuan melawan persatuan bangsa dari ras murni. Tetapi dalam patch terakhir, bangsa ini telah dihapus.

Risk Your Life Battle Lohan[sunting | sunting sumber]

Versi paling sederhana dari Risk Your Life. Setiap pemain diberi kesempatan bertarung dengan level seragam. Kemenangan diperoleh dengan membunuh pemain ras lawan sebanyak-banyaknya atau menghancurkan tower lawan. Setiap poin kemenangan bisa ditukar dengan potion yang memperkuat pemain atau batuan untuk memperkuat perlengkapan.

Keamanan dan komunitas[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, permainan ini merintis dimulainya pengawasan pemain dengan ketat. Kecurangan yang dilakukan pemain seperti dengan menggunakan makro, bot, dan transfer kekayaan secara illegal diminimalisir. Setiap pelanggar yang tertangkap basah akan diblok dan diumumkan dalam halaman block list. Hal ini memberi kenyamanan bermain bagi pemain yang berusaha dengan jujur.

Diberikan pula fasilitas forum untuk pemain yang memberi kebebasan pemain untuk berinteraksi dengan pemain lain dan menyuarakan aspirasinya. Selain itu pemain diberi kemudahan untuk menghubungi teknisi melalui messanger.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]