SpongeBob SquarePants (musim 5)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rise dan Shine)
SpongeBob SquarePants
Musim 5
Sampul DVD SpongeBob SquarePants, Season 5 Volume 1
Negara asalAmerika Serikat
Jumlah episode20 (41)
Rilis
Saluran asliNickelodeon
Tanggal tayang13 April 2007 (2007-04-13) –
19 Juli 2009 (2009-7-19)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 4
Selanjutnya →
Musim 6
Daftar episode SpongeBob SquarePants

Musim kelima SpongeBob SquarePants pertama kali ditayangkan tanggal 19 Februari 2007 dengan episode "Rise and Shine", "Waiting" dan "Sing a Song of Patrick" dan berakhir pada 19 Juli 2009 dengan episode "Goo Goo Gas".

Ketika penayangan musim ini, acara SpongeBob SquarePants memenangkan Nickelodeon Kids' Choice Awards pada 2009 dan 2010. Pada 60th Primetime Emmy Awards, "The Inmates of Summer" dan "The Two Faces of Squidward" dinominasikan, tetapi dikalahkan episode The Simpsons, "Eternal Moonshine of the Simpsons Mind". Tom Kenny dinominasikan pada 35th Annie Awards untuk Pemeran Suara Terbaik dalam kategori Produksi Animasi Televisi untuk perannya dalam "Spy Buddies".

Beberapa DVD musim ini telah dirilis. DVD volume 1 musim ini dirilis di Wilayah 1 tanggal 4 September 2007. DVD volume 2 dirilis tanggal 18 November 2008. DVD lengkap musim ini dirilis di Wilayah 2 pada 16 November 2009 dan di Wilayah 4 pada 3 Desember 2009. Pada 13 November 2012, DVD The Complete Fifth Season dirilis untuk Wilayah 1.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Animasi dilakukan di Korea Selatan di Rough Draft Studios.[1][2] Dari 1999 sampai 2008, SpongeBob SquarePants digambar dan dianimasikan dengan pensil. Pada 2008, peran pensil untuk menggambar digantikan oleh Wacom Cintiqs.[3] Episode "Pest of the West" adalah episode pertama yang menggunakan Wacom Cintiqs.[3] Pendesain latar belakang Kenny Pittenger mengatakan "satu-satunya perbedaan antara cara menggambar kami sekarang dan dulu adalah kami berhenti menggunakan pensil dan kertas pada musim kelima." Pergantian ke Wacom Cintiqs dilakukan agar animator dan pendesain menggambar di layar komputer dan bisa segera membuat perubahan atau mengembalikan kesalahan.[3] Musim ini dipapan ceritakan oleh Casey Alexander, Charlie Bean, Luke Brookshier, Nate Cash, Zeus Cervas, Tom King, Greg Miller, Chris Mitchell, Mike Mitchell, Chris Reccardi, Aaron Springer, dan Tuck Tucker.[a]

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Musim kedua memiliki enam pemeran utama. Tom Kenny mengisi suara SpongeBob SquarePants dan hewan peliharaannya Gary. Bill Fagerbakke mengisi suara teman terbaik SpongeBob, Patrick Star,[4] sementara Rodger Bumpass mengisi suara Squidward Tentacles, tetangga dan teman kerja SpongeBob.[5] Pengisi suara lainnya adalah Carolyn Lawrence yang mengisi suara Sandy Cheeks, tupai yang berasal dari Texas,[6] Clancy Brown yang mengisi suara Mr. Krabs, kepiting pelit dan bos SpongeBob di Krusty Krab,[7] dan Mr. Lawrence yang mengisi suara Plankton, musuh bisnis Mr. Krabs.[8] Musim ini punya beberapa pemeran karakter sekunder termasuk Mary Jo Catlett sebagai Mrs. Puff, guru mengemudi SpongeBob,[9] Lori Alan sebagai Pearl, anak perempuan Mr. Krabs,[10] dan Jill Talley sebagai Karen, istri komputer Plankton.[11]

Selain anggota pemeran biasa, episode dari musim ini memiliki beberapa bintang tamu. Dalam episode "The Original Fry Cook", komedian dan pemeran Amerika Patton Oswalt menjadi bintang tamu sebagai suara Jim.[12] Oswalt mencermikan pekerjaannya untuk episode ini, berkata "Bagian terbaik adalah aku duduk di sebelah Clancy Brown di studio. Aku penggemar besar Highlander, jadi melihatnya memerankan Mr. Krabs sangat menyenangkan."[12] Dalam episode "Night Light", Ernest Borgnine dan Tim Conway kembali untuk peran mereka Mermaid Man dan Barnacle Boy.[13] Episode itu juga dibintang tamui Mark Hamill sebagai suara The Moth.[14] Kritikus film dan buku Amerika Gene Shalit membuat kameo vokal di "The Krusty Sponge" sebagai "keserupaan [ikan]"-nya, Gene Scallop.[15][16] Dalam episode spesial dan film televisi SpongeBob's Atlantis SquarePantis, musisi dan pemeran Inggris David Bowie membintang tamui Lord Royal Highness (LRH).[17][18] Dalam "BlackJack", Marion Ross kembali untuk memerankan Nenek SpongeBob.[19] Episode ini juga dibintang tamui John DiMaggio sebagai BlackJack SquarePants, sepupu SpongeBob.[19] Dalam "The Inmates of Summer", R. Lee Ermey muncul sebagai Kepala Penjara.[20] Dalam "20,000 Patties Under the Sea", musisi dan vokalis Kiss Amerika Gene Simmons membintang tamui sebagai Monster Laut.[21] Aktor Amerika pemenang Emmy Award Ray Liotta membintang tamui episode "What Ever Happened to SpongeBob?" sebagai Trevor.[22][23] Dalam "Banned in Bikini Bottom", Andrea Martin menyuarai Ms. Gristlepuss.[24][25] Pemeran dan sutradara Inggris-Amerika Christopher Guest menyuarai Stanley S. SquarePants, sepupu SpongeBob, dalam episode dengan nama yang sama.[26]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada 2008, Tom Kenny dinominasikan pada 35th Annie Awards sebagai Pemeran Suara Terbaik untuk kategori Produksi Animasi Televisi untuk perannya sebagai SpongeBob SquarePants dalam episode "Spy Buddies".[27] Pada 60th Primetime Emmy Awards, episode "The Inmates of Summer" dan "The Two Faces of Squidward" dinominasikan, tetapi dikalahkan episode The Simpsons berjudul "Eternal Moonshine of the Simpsons Mind".[28][29] Pada 2008 Golden Reel Awards, episode "SpongeHenge" memenangkan Pengubahan Suara Terbaik untuk kategori Televisi: Animasi.[30] Pada penayangan musim ini, seri SpongeBob SquarePants mendapat beberapa penghargaan, termasuk Kids' Choice Awards sebagai Kartun Terbaik pada 2009 dan 2010.[31][32] Seri ini juga dinominasikan pada 2008, tetapi dikalahkan Avatar: The Last Airbender.[33] Seri ini memenangkan kategori yang sama dalam Philippines Kids' Choice Awards dan Indonesia Kids' Choice Awards pada 2008 dan 2009.[34][35] Pada 2009 ASTRA Awards, acara ini dinominasikan sebagai Program Internasional Favorit.[36] Acara ini juga memenangkan 2009 Teen Choice Awards.[37]

Episode[sunting | sunting sumber]

Episode diurutkan berdasarkan urutan pemaketan Nickelodeon, dan bukan urutan produksi atau tayangan awal.

No.
total
No.
musim
JudulSutradara animasi [a]Penulis skenario [a]Tanggal tayang asli [38]Prod.
produksi [39]
Penonton AS
(juta)
811"Friend or Foe"Alan Smart dan Tom YasumiDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, Mike Mitchell, Steven Banks, dan Tim Hill
Papan cerita oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Mike Mitchell (directors)
13 April 2007 (2007-04-13)151-501/151-502N/A

Patchy dan Potty mendapat pekerjaan di sebuah restoran bernama "The Poop Deck" agar bisa seperti SpongeBob. Patchy memiliki ide tetapi Potty tidak setuju jadi Patchy libur dan pergi ke rumah sambil menangis. Hari berikutnya Potty mendatangi Patchy dengan seragam asisten manager. Tapi ketika Potty menyuruh Patchy kembali bekerja dan menunjukkan buktinya, Patchy melemparinya dengan Patty, tetapi malah mengenai Mr. Pirateson.

Pada hari ulang tahun Mr. Krabs, Plankton memberikannya kue ulang tahun dan mencoba mengambil resep Krabby Patty dan gagal. Setelah itu Mr. Krabs mengatkan dia dan Plankton dulu berteman, dan menceritakan ceritanya, tetapi bagian akhirnya tidak benar. Karena mendengarnya, Plankton muncul dan menceritakan versi bagian akhirnya sendiri, yang merupakan kebalikan dari versi Mr. Krabs. Tapi Karen muncul dan memberitahu cerita yang asli. Dalam cerita, Plankton dan Mr. Krabs menwarkan burger buatan mereka kepada 'Old Man Jenkins' tetapi malah membunuhnya. Plankton dan Mr. Krabs menyalahkan satu sama lain tentang hal ini dan tidak berteman lagi. Plankton memberikan ke anak-anak Chum Burger tetapi bagaimanapun Mr. Krabs menemukan resep bagus dan "Krabby Patty" jauh lebih enak dari Chum Burger. Setelah cerita selesai, Plankton dan Mr. Krabs berpelukan dan Plankton mengambil resep rahasia lalu dia dan Karen dikejar Mr. Krabs dan SpongeBob.
82a2a"The Original Fry Cook"Andrew OvertoomDitulis oleh : Luke Brookshier, Tom King, Steven Banks, dan Dani Michaeli
Papan cerita oleh : Luke Brookshier dan Tom King (directors)
30 Juli 2007 (2007-07-30)151-503N/A

Krusty Krab dikunjungi koki lamanya, Jim. Melihat Jim lebih hebat dari dirinya, SpongeBob mau memberikan pekerjaannya kepada Jim, Tapi Jim memberitahu SpongeBob dia pergi dari Krusty Krab karena Mr. Krabs tidak mau menaikkan gajinya.

Bintang tamu: Patton Oswalt sebagai Jim.
82b2b"Night Light"Andrew OvertoomDitulis oleh : Casey Alexander, Chris Mitchell, dan Steven Banks
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Chris Mitchell (sutradara)
30 Juli 2007 (2007-07-30)5574-435N/A

SpongeBob menjadi takut kegelapan dan dia selalu melihat makhluk menyeramkan. Mr. Krabs menyarankan SpongeBob memkai lampu tidur, tetapi ketika sudah dia pasang di seluruh tempat di rumahnya, Patrick memasukkan rumahnya ke rumah SpongeBob agar dia ada di tempat yang terang, tetapi membuat ada kegelapan di sisi rumah SpongeBob yang merupakan tempat rumahnya masuk ke rumah SpongeBob.

Bintang tamu: Ernest Borgnine dan Tim Conway sebagai Mermaid Man dan Barnacle Boy, Mark Hamill sebagai The Moth.
83a3a"Rise and Shine"Andrew OvertoomDitulis oleh : Nate Cash dan Steven Banks
Papan cerita oleh : Nate Cash (sutradara)
19 Februari 2007 (2007-02-19)151-504aN/A
SpongeBob bangun dan ingin tahu bagaimana pagi dari Patrick. Di rumah Patrick, Patrick bangun dan mengira tiang adalah sumber suara alarmnya, dia akhirnya makan tetapi mengira makanan di dalam kaleng yang dimakan adalah kalengnya sampai dia menemukan makanannya ada di dalam kaleng. Ketika dia ingin makan, dia mengira makanannya akan pergi dari kaleng ke piring, sampai akhirnya makanannya ada di piring, tetapi ketika sedang menonton, dia mengetahui bahwa dia terlambat dan langsung bersiap-siap.
83b3b"Waiting"Alan SmartDitulis oleh : Nate Cash, Tuck Tucker, dan Steven Banks
Papan cerita oleh : Nate Cash dan Tuck Tucker (sutradara)
19 Februari 2007 (2007-02-19)151-504bN/A
SpongeBob dan Patrick menunggu sebuah mainan, tetapi SpongeBob memarahi orang yang mengajaknya melakukan sesuatu yang lain. Akhirnya dia mendapat mainan, SpongeBob dan Patrick mengira Patrick menghancurkannya. Squidward memberitahu memang begitu cara memainkannya.
83c3c"Fungus Among Us"Tom YasumiDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Zeus Cervas (sutradara)
29 September 2007 (2007-09-29)151-505N/A
SpongeBob menjadi gatal karena sebuah lumut, dia mencoba beberapa cara agar hilang, tetapi gagal. Akhirnya semua orang di Krusty Krab terkena penyakit yang sama dengan SpongeBob dan Gary menjadi pembersihnya.
84a4a"Spy Buddies"
Andrew OvertoomDitulis oleh : Luke Brookshier, Tom King, dan Dani Michaeli
Papan cerita oleh : Luke Brookshier dan Tom King (sutradara)
23 Juli 2007 (2007-07-23)151-506N/A
SpongeBob dan Patrick menjadi mata-mata, mereka mendapatkan peralatan mata-mata dari Sandy. Mereka mengetahui Plankton membeli sebuah pakaian bayi dan prangko, tetapi kehilangan jejaknya. Akhirnya diketahui Plankton dan Mr. Krabs sebenarnya sedang bertukar peran dan Mr. Krabs menang dan juga menghancurkan Chum Bucket.
84b4b"Boat Smarts"Alan SmartDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Zeus Cervas (sutradara)
23 Juli 2007 (2007-07-23)151-508bN/A
Dalam episode ini, ditampilkan sebuah video bagaimana cara mengemudi yang baik, Squidward menjadi pengemudi yang baik dan SpongeBob menjadi kebalikannya. SpongeBob diperlihatkan menghancurkan kota karena perbuatannya.
84c4c"Good Ol' Whatshisname"Alan SmartDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Dani Michaeli (TV),[40] Richard Pursel (DVD)
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Zeus Cervas (sutradara)
23 Juli 2007 (2007-07-23)151-508aN/A
SpongeBob dan Squidward bersaing menghapal nama semua pelanggan agar mendapatkan hadiah. Pelanggan terakhir tidak mau memberitahu namanya, jadi Squidward melakukan segala cara agar tahu sampai akhirnya dia tahu namanya adalah "What Zit Tooya" dan dipenjara.
85a5a"New Digs"Andrew OvertoomDitulis oleh : Nate Cash, Tuck Tucker, dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Nate Cash dan Tuck Tucker (sutradara)
25 Juli 2007 (2007-07-25)151-510N/A
SpongeBob datang terlambat ke Krusty Krab, SpongeBob akhirnya sampai di Krusty Krab pukul 09.01, kemudian Mr. Krabs menyuruh SpongeBob tinggal di Krusty Krab. Squidward awalnya senang. Tapi perbuatan SpongeBob seperti menaruh celana dan kaus kaki di mesin kasir, Ayah dan ibu SpongeBob berkunjung ke Krusty Krab, kantor Mr. Krabs dijadikan tempat tidur, dan beberapa hal lain membuat kesal Squidward dan Mr. Krabs. Mr. Krabs akhirnya menyuruh SpongeBob pulang. Di akhir episode,giliran Squidward yang menginap di Krusty Krab karena tidak tahan dengan Spongebob yang memainkan drum dengan keras.
85b5b"Krabs à la Mode"Tom YasumiDitulis oleh : Luke Brookshier, Tom King, dan Eric Shaw
Papan cerita oleh : Luke Brookshier dan Tom King (sutradara)
25 Juli 2007 (2007-07-25)151-509N/A
Pada musim dingin terjadi di Krusty Krab, SpongeBob dan Squidward sangat kedinginan jadi Squidward mengubah suhu termotat derajat 62`Fahrenheit segera 63` derajat Fahrenheit. Mr. Krabs memarahi Squidward karena mengubah termotat. Suatu malam Plankton dan pelanggan Krusty Krab yang tua akhirnya terkunci. Plankton membekukan Krusty Krab agar tidak didatangi. Keesokan harinya, Krusty Krab menjadi lebih disukai karena Krabby Patty bekunya. Plankton mencoba mencuri Krabby Patty. Dia gagal, tetapi dia mengubah suhu termostat menjadi panas dan dingin berulang-ulang sampai dia terjatuh dan dibekukan Mr. Krabs. Pada akhir episode, Krusty Krab menjadi kolam renang.
86a6a"Roller Cowards"Alan SmartDitulis oleh : Luke Brookshier, Tom King, dan Steven Banks
Papan cerita oleh : Luke Brookshier dan Tom King (sutradara)
27 Juli 2007 (2007-07-27)151-512N/A
Malam hari, Patrick berkunjung ke rumah Spongebob ia memberitahu jika wahana dibuka Pukulan Berapi Menyakitkan di daerah Roller Coster di Glove World. Malamnya Spongebob bermimpi naik Pukulan Berapi Menyakitkan di Glove World. SpongeBob dan Patrick takut dengan wahana itu. Keesokan harinya Spongebob dan Patrick langsung pergi ke Glove World. SpongeBob tidak ingin Patrick tahu bahwa dia takut, begitu juga Patrick. Di Glove World, mereka mencoba menghabiskan waktu melakukan hal lain, tetapi Glove World hampir tutup. Ketika mereka naik Pukulan Berapi Menyakitkan, mereka mengakui mereka takut. Mereka selamat, tetapi tulang mereka lepas.
86b6b"Bucket Sweet Bucket"Larry LeichliterDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Zeus Cervas (sutradara)
27 Juli 2007 (2007-07-27)151-511N/A
Karen menyuruh Plankton memperbaiki Chum Bucket, tetapi Plankton tidak kuat. Ketika Spongebob dan Patrick sedang bermain lompat kodok di Chum Bucket, Plankton meminta kedua orang itu memperbaiki dan menghias Chum Bucket. Squidward ingin menunjukkan kehebatannya, jadi dia membantu. Sementara mereka memperbaiki Chum Bucket, Plankton mencoba mencuri resep Krabby Patty, tetapi yang dia temukan adalah agenda kegiatan Mr. Krabs. Ketika Plankton keluar, Chum Bucket memakai seluruh Krusty Krab. Mr. Krabs pulang dan mengembalikan Krusty Krab yang rupanya sudah dihias.
87a7a"To Love a Patty"Andrew OvertoomDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Eric Shaw
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Zeus Cervas (sutradara)
26 Juli 2007 (2007-07-26)151-514N/A
Ketika bekerja di Krusty Krab, SpongeBob membuat Krabby Patty, salah satunya sangat cantik. Ketika Squidward meminta pesanan, SpongeBob tidak mau memberi Krabby Patty yang cantik itu dan membawanya pulang. Di rumah, Sandy dan Patrick mau bermain, tetapi SpongeBob lebih ingin berjalan-jalan dengan Krabby Pattynya. Setelah berjalan-jalan, SpongeBob ingin makan di Krusty Krab bersamanya. Squidward dan Mr. Krabs memberi tahu SpongeBob bahwa Krabby Patty itu sudah jelek. Tapi SpongeBob tidak percaya, sampai dia mencium baunya. SpongeBob akhirnya memakan Krabby Patty itu.
87b7b"Breath of Fresh Squidward"Tom YasumiDitulis oleh : Nate Cash, Tuck Tucker, dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Nate Cash dan Tuck Tucker (sutradara)
26 Juli 2007 (2007-07-26)151-513N/A
Suatu pagi, SpongeBob dan Patrick melakukan kebiasaan mereka menunggu matahari di rumah Squidward, sehingga Squidward marah. Squidward memasang pagar listrik, tetapi SpongeBob dan Patrick masuk sebelum pagarnya dinyalakan. Squidward tanpa sengaja memegang pagar itu dan tersetrum. Squidward menjadi baik dan bermain dengan SpongeBob dan Patrick. Ketika bekerja di Krusty Krab, Squidward membantu SpongeBob memasak Krabby Patty. Tapi SpongeBob tidak suka Squidward membuat Krabby Patty. Kemudian Squidward menjadi karyawan teladan karena Krabby Patty dengan wajah. Mereka berpesta di rumah Patrick, tetapi SpongeBob tidak suka Squidward berdansa dengan Patrick, jadi SpongeBob mengusir Squidward. Squidward tersengat ketika pulang, begitu juga SpongeBob dan Patrick ketika ingin minta maaf. Sengatan itu membuat mereka bertiga bertingkah seperti Squidward yang biasa.
88a8a"Money Talks"Alan SmartDitulis oleh : Luke Brookshier, Tom King, dan Dani Michaeli
Papan cerita oleh : Luke Brookshier & Tom King (sutradara)
31 Juli 2007 (2007-07-31)151-515aN/A
Mr. Krabs ingin bicara dengan uang. Kemudian Flying Dutchman datang dan memberinya kemampuan berbicara dengan uang bila dia memberikan jiwanya. Mr. Krabs setuju, tetapi itu rupanya mimpi. Tapi dia benar-benar bisa bicara dengan uang. SpongeBob mulai merasa aneh dengan Mr. Krabs. Uang yang dia punya minta dibelanjakan. Mr. Krabs memberikan uangnya ke SpongeBob, tetapi dia sadar dan mengambilnya. Flying Dutchman kembali dan ingin mengambil jiwa Mr. Krabs, tetapi rupanya Mr. Krabs sudah menjualnya ke beberapa orang lain, termasuk SpongeBob karena gajinya kurang.
88b8b"SpongeBob vs. The Patty Gadget"Alan SmartDitulis oleh : Luke Brookshier dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Luke Brookshier (sutradara)
31 Juli 2007 (2007-07-31)151-515bN/A
Squidward membuat mesin pemasak Krabby Patty. Squidward menawarkannya ke Mr. Krabs dengan syarat dia memecat SpongeBob. SpongeBob mendengar dan menantang mesin itu perang Krabby Patty. Awalnya mesin itu lebih cepat, tetapi SpongeBob mempercepat memasak Krabby Patty. Squidward terlalu mendorong tuas mesin itu sehingga mesin itu tidak terkendali. SpongeBob berhasil menghancurkannya, tetapi dia kelelahan. Awalnya dikira SpongeBob yang dikubur, tetapi rupanya mesinnya.
88c8c"Slimy Dancing"Tom YasumiDitulis oleh : Nate Cash, Tuck Tucker, dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Nate Cash dan Tuck Tucker (sutradara)
31 Juli 2007 (2007-07-31)151-516N/A
Squidward, SpongeBob dan Patrick ikut audisi lomba dansa. SpongeBob dan Patrick lolos sedangkan Squidward tidak. SpongeBob dan Patrick minta diajarkan oleh Squidward, tetapi Patrick keram jadi dia dikeluarkan. Pada saat final, Squidward berada di dalam SpongeBob untuk mengatur gerakannya. Tariannya dianggap buruk, sampai Squidward keram dan penonton menganggap keram Squidward hebat. Tapi SpongeBob mengeluarkan Squidward sehingga mereka didiskualifikasi karena menari berdua. Tapi rupanya peserta lain tidak menari sendiri, kecuali Patrick. Jadi Patrick menang. Di epilog, seorang anak menari keram. Ibunya mengira dia sakit. Tapi anaknya menjelaskan dan mereka beserta SpongeBob, Patrick, Squidward dan Mr. Krabs menari keram.
89a9a"The Krusty Sponge"Andrew OvertoomDitulis oleh : Aaron Springer dan Eric Shaw
Papan cerita oleh : Aaron Springer (sutradara)
24 Juli 2007 (2007-07-24)151-519N/A

Seorang pengkritik restoran datang ke Krusty Krab. Kemudian dia memberitahukan kritikannya di televisi. Dia mengatakan bahwa hampir semua hal di Krusty Krab jelek, kecuali Krabby Pattynya dan pemasaknya (SpongeBob). Keesokan harinya Krusty Krab menambahkan beberapa hal yang seperti SpongeBob dan menugaskan SpongeBob mengendarai kereta mainan, sedangkan Squidward yang memakai kostum SpongeBob menjadi koki. Mr. Krabs kemudian menambahkan beberapa hal yang seperti SpongeBob bahkan Krabby Patty busuk yang mirip SpongeBob. SpongeBob kelelahan dan masuk ke Krusty Krab. Di sana orang-orang berwarna sama dengan SpongeBob karena makan Krabby Patty yang mirip SpongeBob. Mr. Krabs dituntut, tetapi hakim menggunakan palu berbentuk SpongeBob sehingga Mr. Krabs bisa menjelaskan.

Bintang tamu: Gene Shalit sebagai Gene Scallop.
89b9b"Sing a Song of Patrick"Alan SmartDitulis oleh : Luke Brookshier, Tom King, dan Steven Banks
Papan cerita oleh : Luke Brookshier dan Tom King (sutradara)
19 Februari 2007 (2007-02-19)151-520N/A
Ketika sedang di toko buku, Patrick menemukan iklan yang menawarkan membuat lagu dari karya siapapun dengan harga 100 dolar. Patrick mengambil uang 100 dolar SpongeBob dan menulis karyanya di rumah SpongeBob. Patrick teringat dia pernah membuat karya dan dilempari bola tangan karena karyanya. Setelah memaksakan diri, Patrick membuat karyanya yang ketika ingin diubah menjadi lagu, penyanyinya mati begitu lagu selesai. Patrick menyalakan lagunya di rumah SpongeBob. Lagunya membuat rumah SpongeBob berantakan, tetapi SpongeBob menghargai karya Patrick dan mengatakan dia menyukainya. Mereka memasangnya di puncak menara radio. Seluruh kota mendengar dan tidak tahan dengan lagu Patrick. Mereka ingin menyerang Patrick dan SpongeBob. Kemudian guru olahraga Patrick datang dan melempari Patrick dan SpongeBob dengan bola tangan.
90a10a"A Flea in Her Dome"Andrew OvertoomDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Steven Banks
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Zeus Cervas (sutradara)
1 Agustus 2007 (2007-08-01)151-522N/A
SpongeBob dan Patrick membuat pesta untuk merayakan pulangnya Sandy. Ketika Sandy sampai di rumah, dia gatal. Ketika Sandy melihat lebih jelas, rupanya ada kutu. Kutu itu menggigit Sandy, SpongeBob dan Patrick. Kutu itu berkembang biak sampai hampir memenuhi rumah Sandy. Sandy membuka pintu rumahnya agar air masuk. Kutu itu mati tetapi seluruh orang terhisap ke dalam rumah Sandy.
90b10b"The Donut of Shame"Tom YasumiDitulis oleh : Nate Cash dan Dani Michaeli
Papan cerita oleh : Nate Cash (sutradara)
1 Agustus 2007 (2007-08-01)151-521aN/A
Patrick terbangun di rumah SpongeBob dan mengambil donut yang ada di tangan SpongeBob ketika SpongeBob tidur. Patrick ingin memakannya, tetapi dia takut donut itu milik SpongeBob. SpongeBob datang dan mau menunjukkan rekaman pestanya. Patrick mengakui perbuatannya, tetapi rupanya donut itu adalah hadiah ulang tahun Patrick.
90c10c"The Krusty Plate"Tom YasumiDitulis oleh : Tuck Tucker dan Eric Shaw
Papan cerita oleh : Tuck Tucker (sutradara)
1 Agustus 2007 (2007-08-01)151-521bN/A
Pada waktu Krusty Krab tutup, ada piring yang masih kotor. Mr. Krabs meninggalkan SpongeBob yang membersihkan piring itu. Noda di piring itu sangat sulit dibersihkan sampai SpongeBob membuat senjata pembersih. Mr. Krabs kembali untuk memeriksa dan saat itu Krusty Krab dan seluruh kota Bikini Bottom meledak karena senjata SpongeBob.
91a11a"Goo Goo Gas"Alan SmartDitulis oleh : Luke Brookshier, Tom King, dan Dani Michaeli
Papan cerita oleh : Luke Brookshier dan Tom King (sutradara)
19 Juli 2009 (2009-07-19)[b]151-5234.95[41]
Saat rencana Plankton gagal, Plankton melihat bayi dan ibunya. Kemudian memiliki ide untuk mengubah orang menjadi bayi. Plankton membuat gas yang mengubah orang dewasa menjadi bayi. Plankton berhasil mengubah Mr. Krabs menjadi bayi, tetapi gagal masuk ke Krusty Krab. Ketika menggunakannya untuk kedua kali, Plankton menyadari bila kena gas dua kali akan kembali dewasa. Dia kehabisan gas ketika Mr. Krabs menjadi dewasa. Plankton membuat gas baru, tetapi membuat orang dewasa menjadi manula. Setelah mendapat bedak bayi, Plankton menyerang Krusty Krab dengan gas bayinya. Tapi ketika mendapat resep Krabby Patty, dia berubah menjadi bayi.
91b11b"Le Big Switch"Tom YasumiDitulis oleh : Nate Cash, Tuck Tucker, dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Nate Cash dan Tuck Tucker (sutradara)
29 September 2007 (2007-09-29)151-524N/A
Mr. Krabs melakukan program pertukaran koki dengan restoran lain. Restoran itu ingin SpongeBob membuat makanan mewah, tetapi semua yang dibuat SpongeBob berubah menjadi Krabby Patty. Atasannya marah sampai dia mencoba Krabby Patty. Krabby Patty membuat restoran itu banyak dikunjungi. Di Krusty Krab, koki baru itu memerlukan banyak barang-barang mahal, tetapi Mr. Krabs menyediakan barang-barang murah sehingga Krusty Krab bangkrut. Program pertukaran koki selesai, jadi SpongeBob kembali ke Krusty Krab bersama para pelanggan yang ingin Krabby Patty. Krusty Krab membaik begitu SpongeBob pulang.
9212"Atlantis SquarePantis"Andrew OvertoomDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, Steven Banks, dan Dani Michaeli
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Zeus Cervas (sutradara)
12 November 2007 (2007-11-12)151-517/151-5189.22[42]

SpongeBob dan Patrick menemukan potongan jimat Atlantis ketika ingin memotret gelembung. Ketika potongan jimat Atlantis itu disatukan dengan yang ada di museum, bus menuju Atlantis muncul. SpongeBob, Patrick, Squidward, Mr. Krabs dan Sandy berangkat menggunakan bus itu, bersama Plankton yang tiba-tiba ada. Di sana mereka ditunjukkan banyak hal yang mereka sukai, sedangkan Plankton masuk ke ruang senjata. Patrick memotret gelembung tertua sehingga pecah. SpongeBob dan teman-temannya melarikan diri, tetapi Plankton dengan tanknya menyerang. Tank itu hanya mengeluarkan es krim dan Plankton dijadikan pengganti gelembung tertua. SpongeBob pulang dengan bahagia sedangkan teman-temannya sedih.

Bintang tamu: David Bowie sebagai Lord Royal Highness.
93a13a"Picture Day"Alan SmartDitulis oleh : Casey Alexander dan Dani Michaeli
Papan cerita oleh : Casey Alexander (sutradara)
2 Agustus 2007 (2007-08-02)151-529aN/A
SpongeBob akan berfoto di sekolah mengemudinya, tetapi dalam perjalanan dia selalu dikotori. SpongeBob akhirnya berhasil sampai dengan dimasukkan ke dalam toples oleh Patrick, tetapi Patrick mengiranya jeli dan mengotorinya dengan makanan. SpongeBob menangis ketika ingin difoto sehingga fotografer memasang gigi palsu yang besar di mulut SpongeBob.
93b13b"Pat No Pay"Alan SmartDitulis oleh : Zeus Cervas dan Dani Michaeli
Papan cerita oleh : Zeus Cervas (sutradara)
2 Agustus 2007 (2007-08-02)151-529bN/A
Patrick kelaparan dan memakan banyak Krabby Patty. Patrick tidak bisa membayar dengan uang jadi Mr. Krabs menyuruhnya melakukan beberapa hal. Patrick selalu melakukannya dengan buruk. Ketika disuruh membuang sampah ke mesin penghancur, Patrick memasukkan uang Mr. Krabs yang dia kira sampah sehingga mesin itu meledak.
93c13c"BlackJack"
Alan SmartDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Zeus Cervas (sutradara)
2 Agustus 2007 (2007-08-02)151-525N/A

SpongeBob mendapat pesan dari sepupunya BlackJack yang baru keluar dari penjara. SpongeBob segera pergi ke rumah orang tuanya dan rumah neneknya, tetapi orang tuanya hilang. SpongeBob meminta bantuan Paman Kevin Lawn, tetapi Paman Kevin Lawn menyuruhnya melakukan banyak hal lain. SpongeBob akhirnya diantar ke rumah BlackJack yang di dalamnya sedang diadakan pesta untuk merayakan pembebasan BlackJack. BlackJack bergulat dengan SpongeBob meski ukuran BlackJack masih kecil.

Bintang tamu: John DiMaggio sebagai BlackJack SquarePants dan Marion Ross sebagai Grandma SquarePants.
94a14a"Blackened Sponge"
Tom YasumiDitulis oleh : Greg Miller, Aaron Springer, dan Eric Shaw
Papan cerita oleh : Greg Miller dan Aaron Springer (sutradara)
3 Agustus 2007 (2007-08-03)151-530N/A
Mata SpongeBob menghitam karena kecelakaan di kamar mandinya. Patrick dan Sandy melihatnya dan menanyakannya. SpongeBob menjawab dia menang dalam perkelahian dengan Si Muka Jahat. Dia menceritakan ceritanya dengan versi yang berbeda-beda sampai Si Muka Jahat datang ke Krusty Krab. SpongeBob menjelaskan yang sebenarnya terjadi dan melukai matanya yang lain, tetapi Si Muka Jahat datang untuk membeli Krabby Patty.
94b14b"Mermaid Man vs. SpongeBob"Tom YasumiDitulis oleh : Nate Cash, Tuck Tucker, dan Eric Shaw
Papan cerita oleh : Nate Cash dan Tuck Tucker (sutradara)
3 Agustus 2007 (2007-08-03)151-528N/A

Krusty Krab menggunakan tema Mermaid Man dan Barnacle Boy sehingga sukses. Plankton berpikir Mermaid Man juga bisa membuatnya bangkrut, jadi dia menghipnosis Mermaid Man dan Barnacle Boy. Mermaid Man berpidato di Krusty Krab dan mengatakan dia lebih menyukai makanan di Chum Bucket. SpongeBob menyadari rencana Plankton dan menyadarkan Mermaid Man dan Barnacle Boy menggunakan Krabby Patty dan bubur. Setelah sadar, mereka kembali ke Krusty Krab bersama orang-orang di Chum Bucket.

Bintang tamu: Ernest Borgnine dan Tim Conway sebagai Mermaid Man dan Barnacle Boy.
95a15a"The Inmates of Summer"Alan SmartDitulis oleh : Chris Reccardi, Aaron Springer, dan Dani Michaeli
Papan cerita oleh : Chris Reccardi dan Aaron Springer (sutradara)
23 November 2007 (2007-11-23)151-534N/A

SpongeBob ingin pergi ke perkemahan musim panas. Tapi kapalnya terlebih dahulu berangkat karena dia dan Patrick menangis karena harus berpisah. Mereka naik kapal ke penjara. Di sana, mereka senang dan menganggap penjara adalah perkemahan. Untuk membuat tawanan lain senang, mereka membuat pertunjukkan untuk menunjukkan kebersamaan yang ditonton penjaga. Tapi tawanan yang lain mencoba melarikan diri menggunakan kapal pertunjukan yang sebenarnya palsu. Sebagai hukuman, semua tawanan harus ikut perkemahan musim panas yang tidak menyenangkan.

Bintang tamu: R. Lee Ermey sebagai The Warden.
95b15b"To Save a Squirrel"Alan SmartDitulis oleh : Luke Brookshier, Nate Cash, dan Dani Michaeli
Papan cerita oleh : Luke Brookshier dan Nate Cash (sutradara)
23 November 2007 (2007-11-23)151-531N/A
SpongeBob dan Patrick menyelinap ke mobil Sandy agar bisa ikut pergi ke alam liar. Tapi Patrick membuka pintu diperjalanan sehingga mereka tertinggal. Mereka menemukan gua dan orang tua di dalamnya. Mereka memutuskan untuk tinggal di sana, tetapi orang tua itu mengingatkan kalimat "memakan atau dimakan". SpongeBob mencoba memakan Patrick agar Patrick tidak memakannya, begitu pula sebaliknya. Tapi ketika mereka hampir saling memakan, orang tua itu menunjukkan bahwa dia adalah Sandy yang mengetes kemampuan SpongeBob dan Patrick.
9616"Pest of the West"Andrew Overtoom dan Tom YasumiDitulis oleh : Luke Brookshier, Tom King, Steven Banks, dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Luke Brookshier dan Tom King (sutradara)
11 April 2008 (2008-04-11)151-526/151-5276.10[43][44]
SpongeBob kecewa karena tidak punya anggota keluarga yang bisa dibanggakan. Sandy menghiburnya dan menemukan cerita leluhur SpongeBob pada zaman koboi, SpongeBuck. SpongeBuck sedang mencari pekerjaan di Dead Eye Gulch (Bikini Bottom ketika dikuasai Dead Eye) dan dijadikan sheriff. SpongeBuck dengan disemangati leluhur Patrick, mengalahkan Dead Eye (luluhur Plankton) dengan cara menginjaknya tanpa sengaja.
97a17a"20,000 Patties Under the Sea"Tom YasumiDitulis oleh : Chris Reccardi, Aaron Springer, dan Richard Pursel
Papan cerita oleh : Chris Reccardi dan Aaron Springer (sutradara)
23 November 2007 (2007-11-23)151-537N/A

SpongeBob dan Patrick menemukan sebuah kapal selam (yang dari perspektif makhluk bawah laut adalah sebuah UFO) dan membawanya ke Krusty Krab. Karena sedang tidak ada pelanggan yang datang ke Krusty Krab, Tuan Krabs menyuruh SpongeBob dan Patrick menggunakan "UFO" tersebut sebagai restoran berjalan. Saat berjualan, UFO SpongeBob dan Patrick terjatuh ke ngarai dan mereka mendapat banyak uang dari menjual Krabby Patty kepada monster setempat. Namun, saat pulang ke Krusty Krab, SpongeBob memberi tahu Tuan Krabs bahwa mereka membuang semua uang yang mereka dapat untuk meringankan kapal.

Bintang tamu: Gene Simmons sebagai Sea Monster dan Shannon Tweed sebagai Woman Fish.
97b17b"The Battle of Bikini Bottom"Andrew OvertoomDitulis oleh : Luke Brookshier, Nate Cash, dan Eric Shaw
Papan cerita oleh : Luke Brookshier dan Nate Cash (sutradara)
23 November 2007 (2007-11-23)151-538N/A
SpongeBob dan Patrick bertemu sekumpulan orang yang mau memperagakan Pertempuran Bikini Bottom, yang menurut Patrick adalah pertempuran antara orang bersih dan orang kotor. SpongeBob dan Patrick tersadar bahwa mereka punya pendapat yang berlawanan tentang kebersihan, jadi mereka ikut bertempur. Pada akhirnya, SpongeBob berhasil membuat Patrick bersih dan begitu pula sebaliknya. Namun, ini membuat mereka tersadar bahwa bersih dan kotor adalah hal yang tidak bisa ada tanpa satu sama lain dan mereka berdua kembali berteman.
9818"What Ever Happened to SpongeBob?"
"WhoBob WhatPants?"
Alan Smart dan Tom YasumiDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Steven Banks
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Zeus Cervas (sutradara)
13 Oktober 2008 (2008-10-13)151-535/151-5367.70[45]

SpongeBob tanpa sengaja mengganggu semua temannya sehingga mereka semua memarahi SpongeBob. SpongeBob merasa jahat dan memutuskan untuk pergi dari Bikini Bottom. Dalam perjalanannya, SpongeBob terjatuh dan kepalanya terbentur sehingga dia hilang ingatan. SpongeBob lalu pergi ke New Kelp City di mana dia mengalahkan gang anti-gelembung setempat dan menjadi wali kota. Teman-teman SpongeBob (kecuali Squidward) menyesal dan membawa SpongeBob kembali ke Bikini Bottom, tetapi SpongeBob tidak mengingat mereka. Ketika imbalan yang Squidward dapatkan karena telah membantu mencari SpongeBob terlempar ke kepala SpongeBob, ingatan SpongeBob pulih kembali.

Bintang tamu: Ray Liotta sebagai pemimpin The Bubble Poppin' Boys.
99a19a"The Two Faces of Squidward"Tom YasumiDitulis oleh : Charlie Bean, Aaron Springer, dan Steven Banks
Papan cerita oleh : Charlie Bean dan Aaron Springer (sutradara)
23 November 2007 (2007-11-23)151-540N/A
SpongeBob tanpa sengaja melukai wajah Squidward saat membuka pintu. Setelah dirawat, wajah Squidward berubah menjadi sangat tampan sampai dia dikejar oleh orang-orang. Ketika perilaku para penggemarnya sudah berlebihan, SpongeBob dan Squidward kembali ke pintu untuk membantingnya ke wajah Squidward lagi, tetapi wajah Squidward malah menjadi semakin tampan. SpongeBob lalu menyelamatkan Squidward dari sepatu yang terjatuh dan tanpa sengaja membuat Squidward terbentur tiang. Benturan tersebut akhirnya mengembalikan wajah Squidward yang lama.
99b19b"SpongeHenge"Andrew OvertoomDitulis oleh : Casey Alexander, Zeus Cervas, Richard Pursel
Papan cerita oleh : Casey Alexander dan Zeus Cervas (sutradara)
23 November 2007 (2007-11-23)151-532N/A
Bikini Bottom sedang dipenuhi hembusan angin kencang yang membuat suara indah ketika memasuki pori-pori SpongeBob. Suara tersebut menarik perhatian ubur-ubur, sampai SpongeBob tidak bisa ke mana-mana tanpa dikejar ubur-ubur. SpongeBob lalu bersembunyi di gua sampai menemukan cara untuk melepaskan diri dari mereka. Caranya adalah membuat patung dirinya sendiri yang pori-porinya menghasilkan suara yang sama. Cara ini berhasil, tetapi ketika SpongeBob pulang, Bikini Bottom sudah lama hancur.
100a20a"Banned in Bikini Bottom"Alan SmartDitulis oleh : Aaron Springer dan Steven Banks
Papan cerita oleh : Aaron Springer (sutradara)
23 November 2007 (2007-11-23)151-539N/A
Sebuah komunitas pembenci hal-hal menyenangkan yang dipimpin oleh Nyonya Gristlepuss datang ke Krusty Krab. Dengan bantuan suaminya yang merupakan kepala polisi, dia melarang penjualan Krabby Patty. Untuk melangkahi ini, Tuan Krabs membuat Krusty Krab rahasia di rumah SpongeBob. Ketika Plankton menemukan Krusty Krab rahasia tersebut, Plankton melaporkannya kepada polisi yang segera menutup kembali Krusty Krab. Saat menutup Krusty Krab, Nyonya Gristlepuss tanpa sengaja memakan Krabby Patty. Gristlepuss berubah pikiran dan memutuskan untuk berhenti membenci hal-hal menyenangkan.
100b20b"Stanley S. SquarePants"
Andrew OvertoomDitulis oleh : Luke Brookshier, Nate Cash, dan Eric Shaw
Papan cerita oleh : Luke Brookshier dan Nate Cash (sutradar)
23 November 2007 (2007-11-23)151-533N/A

Stanley, sepupu SpongeBob, dikirim oleh Paman Sherm ke rumah SpongeBob karena dia selalu menimbulkan kehancuran di rumah Sherm. SpongeBob mencoba mengajarkan Stanley agar bisa melakukan pekerjaan dengan benar, tetapi selalu gagal. Pada akhirnya, Tuan Krabs mendengar bahwa Stanley menghancurkan segala yang dia sentuh dan mengirim Stanley ke Chum Bucket. Seperti yang diperkirakan, Chum Bucket hancur dan Tuan Krabs puas.

Bintang tamu: Christopher Guest sebagai Stanley S. SquarePants.

Rilis DVD[sunting | sunting sumber]

20 segmen pertama dari musim ini dirilis di DVD oleh Paramount Home Entertainment di Amerika Serikat dan Kanada pada 4 September 2007.[46][47] DVD "Volume 1" berisi fitur bonus termasuk "Bubble Burst Trivia" untuk "Friend or Foe" dan "The Krusty Sponge".[46][47] Sisa 21 segmen episode dirilis dengan judul "Volume 2" di Amerika Serikat dan Kanada pada 18 November 2008.[48][49][50] Di Wilayah 2 dan 4, DVD musim adalah set lengkap. Pada 13 November 2012, DVD The Complete Fifth Season dirilis di Wilayah 1, tiga tahun setelah selesai ditayangkan di televisi.[51]

SpongeBob SquarePants: Season 5, Volume 1
Detail set[46][47] Fitur spesial[46][47]
  • 20 segmen episode
  • Satu set 2-disk
  • Aspek ratio 1.33:1
  • Bahasa:
  • "Bubble Burst Trivia" untuk "Friend or Foe" dan "The Krusty Sponge"
  • Film pendek "Friend or Foe"
Tanggal rilis
Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 4
4 September 2007[52] 16 November 2009[53] 3 Desember 2009[54]
SpongeBob SquarePants: Season 5, Volume 2
Detail set[48][49][50] Fitur spesial[48][49][50]
  • 21 episode
  • Satu set 2-disk
  • Aspek ratio 1.33:1
  • Bahasa:
  • Video musik karaoke:
    • "Bubble Song"
    • "Good-Bye Atlantis"
    • "Dead Eye"
    • "Together"
    • "If I Could Talk to Money"
Tanggal rilis
Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 4
18 November 2008[55] 16 November 2009[53] 3 Desember 2009[54]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Informasi tentang pemapan cerita diambil dari semua kredit awal episode.
  2. ^ Episode ini pertama dirilis di DVD SpongeBob's WhoBob WhatPants? pada 14 Oktober 2008.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cavna, Michael (July 14, 2009). "The Interview: 'SpongeBob' Creator Stephen Hillenburg". The Washington Post. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  2. ^ Richmond, Ray (January 15, 2004). "Special Report: Animation". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-03-10. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  3. ^ a b c Heintjes, Tom (21 September 2013). "The Oral History of SpongeBob SquarePants" [Sejarah Lisan SpongeBob SquarePants]. Hogan's Alley#17. Bull Moose Publishing Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Agustus 2015. Diakses tanggal 23 September 2013. 
  4. ^ Crump, Steve (March 19, 2009). "COLUMN: Do you remember Bill Fagerbakke? He's a star". Magic Valley. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  5. ^ "Rodger Bumpass: Credits". TV Guide. Diakses tanggal 29 October 2013. 
  6. ^ "Carolyn Lawrence: Credits". TV Guide. Diakses tanggal 29 October 2013. 
  7. ^ "Clancy Brown: Credits". TV Guide. Diakses tanggal 29 October 2013. 
  8. ^ "Mr. Lawrence: Credits". TV Guide. Diakses tanggal 29 October 2013. 
  9. ^ "Mary Jo Catlett: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  10. ^ "Lori Alan: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  11. ^ "Jill Talley: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  12. ^ a b Armstrong, Jennifer; Ward, Kate (July 17, 2009). "'SpongeBob SquarePants' Hits the Big 1-0". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-12. Diakses tanggal November 4, 2013. 
  13. ^ SpongeBob SquarePants: Season 5, Vol. 1 ("Night Light" credits) (DVD). United States: Paramount Home Entertainment/Nickelodeon. September 4, 2007. 
  14. ^ Douglas, Patrick (December 23, 2011). "Actor Mark Hamill From Star Wars to "SpongeBob"". Vitality Magazine. Diakses tanggal November 4, 2013. 
  15. ^ Ross, Robyn (November 9, 2010). "Gene Shalit Exits Today Show". TV Guide. Diakses tanggal November 4, 2013. 
  16. ^ Fagan, Cary (November 11, 2010). "Gene Shalit Says Goodbye to NBC: Where's He Going?". The Stir. CafeMom. Diakses tanggal November 4, 2013. 
  17. ^ "NICKELODEON SPONGEBOB TV MOVIE". Associated Press. October 29, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-10. Diakses tanggal November 4, 2013.  – via HighBeam (perlu berlangganan)
  18. ^ "Bowie digs Squarepants". Winnipeg Free Press. November 13, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal November 4, 2013.  – via HighBeam (perlu berlangganan)
  19. ^ a b SpongeBob SquarePants: Season 5, Vol. 2 ("BlackJack" credits) (DVD). United States: Paramount Home Entertainment/Nickelodeon. November 18, 2008. 
  20. ^ "R LEE ERMEY". BehindTheVoiceActors.com. Diakses tanggal November 4, 2013. 
  21. ^ SpongeBob SquarePants: Season 5, Vol. 2 ("20,000 Patties Under the Sea" credits) (DVD). United States: Paramount Home Entertainment/Nickelodeon. November 18, 2008. 
  22. ^ Moody, Annemary (September 25, 2008). "Ray Liotta To Guest Star In SpongeBob Special Oct. 13". Animation World Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-03. Diakses tanggal December 3, 2013. 
  23. ^ "Ray Liotta guesting on Nickelodeon's 'SpongeBob SquarePants'". Media Life Magazine. September 26, 2008. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  24. ^ SpongeBob SquarePants: Season 5, Vol. 2 ("Banned in Bikini Bottom" credits) (DVD). United States: Paramount Home Entertainment/Nickelodeon. November 18, 2008. 
  25. ^ "Andrea Martin". BehindTheVoiceActors.com. Diakses tanggal November 4, 2013. 
  26. ^ SpongeBob SquarePants: Season 5, Vol. 2 ("Stanley S. SquarePants" credits) (DVD). United States: Paramount Home Entertainment/Nickelodeon. November 18, 2008. 
  27. ^ "35th Annual Annie Award Nominees and Winners (2007)". Annie Award. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-12. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  28. ^ "Primetime Emmy Awards nominations for 2008: Outstanding Animated Program (for programming less than one hour)". Emmy Award. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  29. ^ "The 60th Primetime Emmy Awards and Creative Arts Emmy Awards Nominees are...", Academy of Television Arts & Sciences, cdn.emmys.tv, diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-09-08, diakses tanggal 2008-07-17 
  30. ^ "Best Sound Editing: SFX, Foley, Dialogue, ADR & Music for TV Animation". Motion Picture Sound Editors. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-07. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  31. ^ "2009 Winners Release". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nickelodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-14. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  32. ^ "Releases". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nickelodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-13. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  33. ^ "2008 Host & Nominees Release". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nicklodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-27. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  34. ^ "Winners of 1st Nickelodeon Kids Choice Awards Philippines bared". ABS-CBN News. November 30, 2008. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  35. ^ "Pemenang Indonesia Kids' Choice Awards" (dalam bahasa Indonesian). Oktavita. July 23, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-11. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  36. ^ Knox, David (March 25, 2009). "ASTRA Awards 2009: Nominees". TV Tonight. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  37. ^ "Announcing the Winners of the 2009 Teen Choice Awards!". Buzz Sugar. August 9, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-12. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  38. ^ "SpongeBob SquarePants, Season 5". iTunes. Apple Inc. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  39. ^ http://www.bcdb.com/cartoons/Other_Studios/N/Nickelodeon/Nicktoons_Productions/SpongeBob_SquarePants/index.html
  40. ^ https://www.youtube.com/watch?v=fJ_Q364H3tA
  41. ^ Gorman, Bill (21 Juli 2009). "Wizards On Deck w/ Hannah Montana Sets Cable Top; SpongeBob Cannot Be Stopped". TV by the Numbers. Zap2it. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Juni 2012. Diakses tanggal 28 Januari 2014. 
  42. ^ Gorman, Bill (3 Desember 2007). "The Hills Tops Cable Timeshifted Shows, Nov 12-18". TV by the Numbers. Zap2it. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 November 2013. Diakses tanggal 4 November 2013. 
  43. ^ "SpongeBob SquarePants 'Pest Of The West' Earns Basic Cable's Total Viewer Top Spot for Week of April 7". PR Newswire. 15 April 2008. Diakses tanggal 4 Mei 2013. 
  44. ^ Ryan, Joal (5 Agustus 2008). "Bikini Bottom Still Tops in Ratings". E!. Diakses tanggal 14 September 2013. 
  45. ^ Nordyke, Kimberly (15 Oktober 2008). "Monday's SpongeBob draws 7.7 mil viewers". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 4 Mei 2013. 
  46. ^ a b c d Mavis, Paul (September 3, 2007). "SpongeBob SquarePants - Season 5, Vol. 1". DVD Talk. Diakses tanggal November 2, 2013. 
  47. ^ a b c d Hrab, Roy (December 12, 2007). "Spongebob Squarepants: Season 5, Volume 1". DVD Verdict. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-22. Diakses tanggal November 4, 2013. 
  48. ^ a b c Mavis, Paul (November 5, 2008). "SpongeBob SquarePants - Season 5, Vol. 2". DVD Talk. Diakses tanggal November 2, 2013. 
  49. ^ a b c Prince, Dennis. "Spongebob Squarepants: Season 5, Volume 2". DVD Verdict. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-21. Diakses tanggal November 4, 2013. 
  50. ^ a b c Lacey, Gord (November 30, 2008). "SpongeBob SquarePants - Season 5, Volume 2 Review". TVShowsOnDVD.com. Diakses tanggal November 4, 2013. 
  51. ^ Lambert, David (November 12, 2012). "SpongeBob SquarePants - It's Not a Blu Christmas After All (Plus Final Complete Artwork)". Diakses tanggal November 2, 2013. 
  52. ^ "SpongeBob SquarePants - Season 5, Volume 1". TVShowsOnDVD.com. Diakses tanggal November 2, 2013. 
  53. ^ a b "SpongeBob Complete Season 5 Boxset [DVD]". Amazon.co.uk. Diakses tanggal November 2, 2013. 
  54. ^ a b "Spongebob Squarepants - Season 5 (Complete) (DVD)". JB Hi-Fi. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-11. Diakses tanggal November 2, 2013. 
  55. ^ "SpongeBob SquarePants - Season 5, Volume 2". TVShowsOnDVD.com. Diakses tanggal November 2, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]