Rigpa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam ajaran Dzogchen, rigpa (Sanskerta: vidyā; Tibet: རིག་པ་Wylie: rig pa) adalah pengetahuan yang bangkit dari kesadaran akan sifat asasi seseorang. Dalam tingkatan trekchö, seseorang tahu bahwa ada kebebasan yang telah ada sejak awal, dengan cara memahami pikirannya. Kebalikan dari rigpa (vidyā, pengetahuan) adalah marigpa (avidyā, ketidaktahuan).

Seorang ahli Dzogchen mengawali dengan "pengenalan langsung" di hadapan khalayak. Jika mereka belum "memahaminya", maka seseorang mulai menggunakan segala cara yang tak terbatas untuk membantunya mendapatkan Rigpa. Ketika seseorang telah memperoleh Rigpa, maka seseorang memastikan keabsahan tersebut, bahwa "hanyalah Rigpa" yang kini menjadi jalannya. Kemudian, keadaan tersebut dilanjutkan kembali. Rigpa adalah sudut pandang untuk dirasakan, Rigpa adalah jalan untuk diikuti, dan Rigpa adalah hasil dari menjalaninya. Tidak ada perubahan dalam Rigpa, baik di permulaan, pertengahan, atau akhir. Buahnya adalah realisasi Rigpa pertama Anda. Tidak ada tahapan dalam Rigpa. Thogel tidak mampu mengubah Rigpa.

— —Dudjom Rinpoche dalam Three Statements of Garab Dorje

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Dalai Lama. (2004). Dzogchen. Snow Lion Publications. ISBN 978-1-55939-219-8.
  • Pettit, John Whitney (1999). Mipham's Beacon of Certainty: Illuminating the View of Dzogchen, the Great Perfection. Boston: Wisdom Publications. ISBN 0-86171-157-2.