Richard P. Binzel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Richard P. Binzel

Richard P. Binzel adalah seorang profesor di Department of Earth, Atmospheric, and Planetary Sciences, Institut Teknologi Massachusetts. Merupakan salah satu astronomer terkemuka di dunia yang mempelajari Pluto dan asteroid, Binzel mempublikasikan makalah sains pertamanya pada usia 15 tahun, menyelesaikan gelar kesarjanaannya dalam jurusan Fisika di Macalester College dan menerima gelar Ph.D di bidang astronomi dari Universitas Texas.

Pada tahun 1985 sampai 1990 Binzel bekerja sama dengan Eliot Young untuk memetakan permukaan Pluto. Penemuannya yang lain adalah penelitian terhadap geologi sabuk asteroid melalui pengamatan spekstroskopi dan survei komposisi asteroid-asteroid NEO. Binzel menulis artikel untuk Scientific American mengenai Pluto (Juni 1990) dan asal asteroid (Oktober 1991).

Binzel dianugerahi penghargaan Presidential Young Investigator oleh Presiden George H. W. Bush pada tahun 1990. Asteroid nomor 2837 juga dinamai sesuai namanya sebagai penghargaan oleh International Astronomical Union terhadap jasa-jasanya di bidang astronomi.

Binzel juga penemu Skala Torino, sebuah metode untuk mengkategorikan tingkat bahaya yang disebabkan tabrakan benda luar angkasa yang berhubungan dengan NEO (Near-Earth Objects) atau objek-objek luar angkasa dekat Bumi seperti asteroid dan komet.

Binzel mendapatkan Penghargaan H. C. Urey oleh American Astronomical Society tahun 1991.